29 C
Indonesia
Thursday, July 9, 2020
Home Berita Liga Italia Juventus Tolak Keras Gelar Scudetto Liga Serie A Jika Liga Dibatalkan

Juventus Tolak Keras Gelar Scudetto Liga Serie A Jika Liga Dibatalkan

Dunia saat ini tengah mengalami salah satu wabah paling mengerikan dalam sejarah umat manusia, wabah itu bernama virus Corona atau dikenal dengan istilah Covid-19, hal itu juga berdampak bagi pesepakbolaan dunia termasuk Liga Italia Serie A, musim ini seluruh kegiatan dan aktivitas sepakbola resmi dihentikan sampai waktu yang tidak ditentukan, negara Italia menjadi salah satu dalam wilayah dengan jumlah kasus positif corona terbanyak di dunia, hingga saat ini tercatat dari yang awalnya hanya berada di diangka belasan kini jumlahnya mencapai sekitar 14 ribu korban meninggal akibat wabah mengerikan tersebut.

Hal ini membuat Serie A memperpanjang masa penangguhan kompetisi Liga sampai waktu yang belum ditentukan, Liga Italia merupakan salah satu yang terkena dampak besar dari pandemi virus corona. Terdapat belasan pemain yang dinyatakan positif COVID-19 seperti Paulo Dybala, Daniel Rugaini dan Blaise Matuidi dari Juventus, pernyataan keras soal penangguhan kompetisi Liga Italia 2019/2020 disampaikan oleh salah satu presiden klub Liga Italia Brescia, Massimo Cellino, dia mengatakan bakal memasrahkan kekalahan tanpa bermain ketimbang harus memaksakan berlaga di tengah pandemic global.

FIGC atau Federasi Sepakbola Italia tidak bisa meneruskan kompetisi karena beberapa alasan. Ada dua alasan utama yaitu aspek keselamatan dan aspek kesehatan sistem sepak bola kita. Selain kehilangan musim ini, kami juga bisa merusak musim depan,” ujar Cellino kepada La Gazzetta dello Sport dikutip dari Marca. “Jika mereka memaksa kami main, saya akan menarik tim dan kalah di pertandingan dengan sengaja. Saya melakukannya karena menghormati penduduk Brescia dan orang yang mereka cintai yang telah meninggal,” sambungnya.

Namun apabila kompetisi liga Serie A terpaksa berakhir, makan otomatis sang pemuncak klasemen Juventus yang akan menjadi juaranya dan meraih gelar scudetto, kendati demikian Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) Gabriele Gravina menyebut, Juventus menolak dengan keras jika mereka mendapat gelar juara Serie A musim 2019/2020 hasil hibah karena kompetisi yang kemungkinan dibatalkan akibat Covid-19.

Juventus sebagai puncak klasemen disebut masih ingin bertarung habis-habisan mengakhiri musim. Apalagi, Juventus hanya terpaut 1 poin dari peringkat kedua klasemen Serie A sementara, yakni Lazio. Dengan menyisakan 12 pertandingan di masing-masing klub, kompetisi Liga Italia masih sulit dilakukan, mengingat negara tersebut adalah salah satu yang tertinggi dalam jumlah kematian akibat Covid-19. Gabriele Gravina juga menegaskan, pihaknya merasa tidak adil jika sisa liga dibatalkan musim ini. Mengutip ESPN, Jumat 3 April 2020, FICG memperkirakan Liga Italia bisa dimulai lagi pada Agustus atau September nanti. �Saya kira membatalkan musim ini adalah lebih rumit. Ini akan sangat tidak adil. Juventus tak suka solusi seperti ini,� ujar Gravina.


Semula, FIGC ingin menggulirkan kembali kompetisi paling cepat pada Mei 2020. Namun, melihat situasi di Italia saat ini, keinginan itu cukup sulit direalisasikan dan terpaksa mundur lagi. Di sisi lain, ada beberapa klub Serie A yang menyatakan tidak mau melanjutkan kompetisi di tengah situasi yang terjadi saat ini. Salah satunya adalah Brescia yang menegaskan bakal mundur jika kompetisi tetap dilanjutkan. “Tidak masuk akal tetap melanjutkan musim ini. Kondisi tim saat ini sudah tidak seperti sebelumnya. Ditambah para pemain akan bermain di tengah risiko kesehatan yang bisa mengancam mereka,” tandas Presiden Brescia, Massimo Cellino, dikutip dari ESPN.

WinBig Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

WINBIG88

- Advertisment -

Most Popular

Prediksi Bola : Real Madrid vs Deportivo Alaves 11 Juli 2020

Sang peringkat pertama Real Madrid, pekan ini akan menantang Deportivo Alaves yang saat ini ada di urutan ke 15. Laga ini adalah...

Baru Main 5 Menit, Pemain Barcelona Ini Kena Kartu Merah Karena VAR

Pemain Barcelona, Ansu Fati terhitung baru bermain selama 5 menit ketika tiba-tiba wasit memutuskan untuk mengeluarkan kartu merah untuknya, usai melihat VAR....

Inilah Sederet Fakta Jelang Laga Manchester United Kontra Aston Villa

Liga Inggris akan menghadirkan duel menarik antara Aston Villa yang akan menjamu Manchester United. Jelang pertandingan tersebut ada sederet fakta menarik yang...

Prediksi Bola : Genoa vs Napoli Kamis 7 Juli 2020

Genoa dan Napoli akan bertemu dalam laga lanjutan Serie A pekan ke 34. Pertandingan yang dilaksanakan pada Kamis 9 Juli 2020 tersebut...

Recent Comments