29 C
Indonesia
Thursday, December 9, 2021
Home Berita Liga Italia Juventus Butuh Regenerasi!

Juventus Butuh Regenerasi!

Julukan Nyonya Tua yang disematkan di Juventus agaknya kini menjadi bermakna yang sebenarnya. Bahwa Juventus dihuni oleh para pemain yang “senior” atau telah memasuki masa tua sebagai seorang atlit. Salah satu yang paling senior dalam hal usia adalah goalkeeper legendaries, Gianluigi Buffon yang saat ini menginjak 42 tahun.

Total ada 9 dari 23 nama dari skuad La Vecchia Signora yang kini memasuki usia kepala tiga. Jumlah tersebut jika diprosentasekan adalah 39 persen. Prosentase yang cukup besar bagi sebuah skuad yang kini bertengger di posisi atas liga. Jika kondisi ini tidak diperhatikan oleh menejemen klub, maka musim depan Juventus akan mengalami penurunan performa.

Tiga diantara 9 nama pemain senior tersebut baru saja diperpanjang kontraknya oleh manajemen Juventus. Pertama adalah Gianluigi Buffon (42 tahun) yang kontraknya habis pada 30 juni 2020 kini telah mendapatkan perpanjangan 1 tahun. Kedua adalah bek berumur 35 tahun, Giorgio Chiellini yang masa kontraknya habis sama dengan Buffon, juga diperpanjang 1 tahun. Dan yang terakhir Blaise Matuidi (32 tahun) juga habis pada 20 juni 2020, diperpanjang juga dengan durasi 1 tahun.

Buffon telah menjalani musim ke-18 nya bersama Juventus, walaupun sempat terputus 1 tahun merantau ke Paris Saint-Germain, sedangkan Chiellini telah setia bersama Juventus selama 15 tahun tanpa terputus. Mengenai rencana perpanjangan kontrak mereka berdua sudah menjadi pemberitaan umum pemerhati sepakbola Italia, khususnya Juventini.

Sementara perpanjangan kontrak Blaise Matudi disambut positif olehnya, “Saya sangat berterimakasih untuk kesempatan di tahun berikutnya. Saya sama sekali tidak ragu karena saya menaruh kepercayaan pada klub ini dan keluarga saya pun sangat nyaman di Turin.” Perpanjangan kontrak mantan pemain timnas Prancis ini dilakukan sepekan sebelum ia dinyatakan positif terjangkit covid-19.

Berbeda respon dengan Matuidi, Cielo –sapaan akrab chiellini- sangat terkejut mendapatkan kepercayaan kembali oleh klub untuk tetap berseragam Juventus musim depan. Kedatangan bek-bek muda berkualitas seperti Matthijs de Ligt (20 tahun) dan Merih Demiral (22 tahun), membuat peluang Cielo untuk diperpanjang semakin menipis. Apalagi total ia dimainkan oleh Juventus hanya 3 pertandingan pada musim ini dikarenakan cidera ASL kanan sepanjang musim atau selama 168 hari duduk di bech.

Jumlah total bertanding Buffon masih lebih baik (11 laga) dari Chiellini, mengingat Buffon posisinya memang sebagai penjaga gawang kedua setelah Wojciech Szczesny. Barangkali ada pertimbangan pengalaman dan kontribusi luar biasa baik Buffon maupun Chiellini sehingga manajemen memberikan apresiasi kepada mereka berdua, selain faktor kemampuan yang relative masih dinilai cukup layak menjadi bagian dari skuad.

Dengan mempertahankan tiga pemain gaeknya, rata-rata usia pemain Juve di musim depan tentu semakin tua. Musim ini saja rata-rata umur pemain Juve adalah 29,5 tahun. Inter Milan sebagai pesaing utama Juve di musim ini lebih rendah dari Juve, yakni 28,7 tahun.

Berbicara skuad dengan pemain “berumur” di dalamnya, di Liga Inggris ada Manchester United yang juga tetap mempertahankan Nemanja Matic. Pemain 31 tahun ini bahkan telah memperpanjang kontrak berdurasi 2 tahun, otomatis dalam dua musim kedepan, matic akan tetap membela United. Solkjaer, pelatih MU angkat bicara soal perpanjangan kontrak Matic. Meskipun secara filosofis, Ole lebih senang memainkan para pemain mudanya, namun Matic dalam empat bulan kebelakang bermain sangat konsisten. Apresiasi khusus diberikan kepada Matic ketika ia berkontribusi luar biasa ketika MU mengalahkan pesaing sekotanya, Manchester City dengan gol tunggalnya. Bersama dengan Fres, Matic mampu mematikan kreativitas gelandang-gelandang muda City seperti Kevin De Bruyne.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Favorit

Antalanta Taklukan Napoli dan Catat Kemenangan ke 7 Secara Beruntun

Atalanta melanjutkan perjalanan positif yang telah berhasil mereka lakukan selama beberapa pekan terakhir. Hari ini mereka akhirnya kembali mengakhiri laga dengan kemenangan...

Absennya Toby dan Performa Menurun Spurs Kehilangan Arah

Lucas Moura menegaskan Tottenham memiliki "kapasitas" untuk mengakhiri pemerintahan Liverpool sebagai juara Liga Inggris. Moura dan rekan setimnya di Spurs saat ini...

Nuralim Kenang Kisah Penolakannya Pada Kashima Antlers

Nuarlim adalah salah satu legenda bagi Persija, mantan pemain yang memberikan banyak kesuksesan Macan Kemayoran tersebut ternyata pada tahun  2001 pernah dipinang...

Easy And Liberal To Sign Up For These Russian Woman Dating Services

Russian birdes-to-be are seeking out West men for marriage through the use of online dating websites. If...