29 C
Indonesia
Friday, September 30, 2022
Home Berita Liga Spanyol Jose Manuel Pinto : Kiper Cadangan Barcelona Yang Sangat Berharga

Jose Manuel Pinto : Kiper Cadangan Barcelona Yang Sangat Berharga

Namanya mungkin tidak mentereng, tapi bagi fans Barcelona dia merupakan kiper yang berharga, ialah Jose Manuel Pinto, dia adalah seorang mantan penjaga gawang FB Barcelona, meski sudah resmi pensiun dari Barcelona pada akhir musim 2014.

Pinto terbilang cukup sukses dalam berkarir di dunia musik, berita yang dilansir oleh The Sun menyebutkan bahwa pinto sempat terlibat pada film Fast and Furious 8 yang dibintangi Vin Diesel dan Dwayne “The Rock” Jonson. Memakai nama panggung Wahin dia menyumbang satu lagu hiphop latin berjudul “Havana”, tak hanya itu, pada tahun 2016 lalu lagu aransemen nya yang berjudul “Papi Papi” juga ditampilkan dalam film Ride Along 2, ternyata setelah digali lebih lanjut, Pinto sudah meraih penghargaan bergengsi “The Andalusian” yaitu trofi yang setara dengan Grammy Awards untuk lagu-lagu latin,

Nama Pinto mulai dikenal kalayak penikmat sepakbola pada musim 2008/2009, pada musim tersukses Barcelona itu pelatih Pep Guardiola membagi kesempatan tampil bagi penjaga gawangnya. Victor Valdes sebagai kiper utama sekaligus kapten ketiga tim tentu saja berhak tampil di kompetisi-kompetisi utama LA Liga dan Liga Champions, sedangkan Pinto yang merukapan kiper cadangan kebagian semua jatah di piala raja atau Copa Del Rey.

Meskipun menjadi turnamen prioritas ketiga setiap tahun, namun musim tersebut terakhir Barca menjuarai Copa Del Rey adalah tahun 1998, oleh karena itu kesuksesan mereka pada tahun 2009 tidak lepas dari andil Pinto, di final kejuaraan yang sama yaitu pada tahun 2011, Barca harus tunduk di tangan Real Madrid melalui gol tunggal Cristiano Ronaldo, hal ini memunculkan kritik atas keputusan Pep yang bersikeras memasang kiper kedua, namun kesuksesan menjuarai Copa Del Rey kembali pada tahun 2012 pada akhirnya membungkam semua kritik negative tersebut.

Pinto bukanlah seorang penjaga gawang biasa, pada saat masih memperkuat Celta Vigo di musim 2003/2004, dia sudah memperoleh jam terbang Eropa dengan mengawal gawang Celta Vigo di Liga Champions. Selain itu, ia juga sempat meraih trofi Ricardo Zamora yaitu penghargaan penjaga gawang tertinggi di Liga Spanyol. Prestasi itu diraihnya bersama Celta Vigo, karena dia menjadi penjaga gawang dengan jumlah kebobolan paling sedikit pada musim 2005/2006.

Setelah pindah ke Barcelona Pinto sendiri sudah menyadari akan sulit bersaing dengan Victor Valdes di posisi kiper utama, meskipun hanya menjadi seorang kiper cadangan namun pada saat terjadi keributan di lapangan Pinto selalu jadi pemain utama. Setiap kali terjadi ketegangan berlarut-larut dan berlanjut dengan perkelahian antar pemain nama Pinto hampir selalu terlibat, ia bahkan sempat di skors akibat perkelahiannya dengan Alvaro Arbeloa di tahun 2011 di semi final Liga Champions melawan Real Madrid.

Tak hanya itu ketika masih menghuni squad el-Barca, Pinto adalah salah satu kerabat dekat sang mega bintang Lionel Messi, entah benar atau tidak salah satu jurnalis pernah membocorkan alasan sebenarnya Pinto di perpanjang kontraknya adalah karena dia adalah teman akrab Messi itu sendiri. Bukan rahasia lagi bila Messi memiliki kepribadian yang sangat tertutup, namun Messi seakan menjadi pribadi yang berbeda bila bersama dengan Pinto. Meskipun usia mereka terpaut 10 tahun, namun Pinto dan Messi layaknya kakak adik yang saling melengkapi. Untuk urusan di luar lapangan, Pinto adalah sahabat sebenarnya sang legenda, dan pada setelah pensiun, Pinto sengaja masuk stadium untuk menemui sahabat karibnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Favorit

Arteta Belanja Pemain Belakang di Transfer Musim Depan

Bos Arsenal Mikel Arteta perlu memperkuat diri pada jendela transfer Januari, dan Express Sport memberi Anda semua yang terbaru dari Emirates

Bangun Stadion Baru, Everton FC Tersandung Kasus Hukum

Everton FC harus tersandung kasus hukum dalam pembangunan Stadion baru mereka. Hal ini dikonfirmasi oleh juru bicara Everton FC, David Adams.

Gerrard Konfirmasi Kembalinya Tavernier

James Tavernier dikabarkan sudah akan kembali ke permainan setelah mengalami cedera yang cukup parah di bagian pergelangan kaki. Hal ini pun sudah...

Beberapa Klub Papan Atas Brasil Serahkan Kandangnya Dijadikan Rumah Sakit Darurat

Tim-tim papan atas di Liga Brasil menyerahkan kandangnya untuk digunakan sebagai tempat penanggulangan virus corona kepada otoritas kesehatan setempat. Stadion yang biasanya...