29 C
Indonesia
Thursday, December 3, 2020
Home Berita Liga Spanyol Jika Kompetisi Tidak Berlanjut, Hasil Liga Spanyol Bisa Rugi Besar

Jika Kompetisi Tidak Berlanjut, Hasil Liga Spanyol Bisa Rugi Besar

Saat ini Liga Spanyol musim 2019/2020 sedag ditangguhkan karena pandemic wabah virus corona. Apabila pada akhirnya kompetisi ini harus distop oleh pihak penyelenggara, maka kompetisi liga Spanyol musim ini bisa mengalami kerugian besar hingga 700 juta euro.

Dua divisi teratas dalam gelaran Liga Spanyol ini secara resmi telah ditangguhkan selama dua pekan lamanya untuk menghindari virus corona. Otoritas Liga Spanyol pun mengambil langkah ini usai seorang pemain basket Real Madrid dinyatakan positif terjangkit corona. Situasi inilah yang memaksa klub tersebut melakukan karantina kepada tim sepak bolanya.

Sejauh ini , divisi teratas sepak bola di Liga Spanyol sudah memainkan total 27 pertandingan sebelum diberhentikan sementara. Selain itu divisi kedua sendiri sudah berjalan hingga 31 pekan. Itu berarti kedua kompetisi divisi teratas di Spanyol ini sama-sama menyisakan 11 pertandingan lagi. Namun 11 pertandingan yang seharusnya dijalankan sesuai dengan jadwan yang telah ditentukan terpaksa harus mundur lantaran penyebaran virus corona di Spanyol mulai melonjak.

Jika proses penangguhan ini terus dilakukan dan musim 2019/2020 tidak bisa diselesaikan, pihak penyelenggara kompetisi Liga Spanyol pun menghitung aka nada ketuhian yang besar. Kerugian jika Liga Spanyol musim 2019/2020 ditaksir akan mencapai 700 juta euro atau setara dengan Rp 11,5 triliun. Sungguh angka kerugian yang sangat besar.

Pihak Liga Spanyol memprediksi kerugian tersebut akan didapat dari hak siar divisi teratas Liga Spanyol yang kerugiannya mencapai 494 juta euro atau setara dengan Rp 8,1 triliun. Beberapa kerugian lainnya adalah dari tiket terusan yang besarnya diprediksi akan mencapai 78,1 juta euro atau setara dengan Rp 1,2 triliun dan 38,8 juta euro atau setara dengan Rp 639 miliar dari tiket pertandingan yang telah terjual. Jika semua kerugian tersebut ditotalkan, maka jumlahnya akan terkumpul 610,9 juta euro atau setara dengan Rp 10 triliun. Ini merupakan angka kerugian yang sangat besar jika kompetisi harus diberhantikan.

Untuk gelaran divisi kedua sendiri jika dihentikan maka kerugiannya dari hak siar diperkirakan akan mencapai 55 juta euro atau Rp 906 miliar. Sedangkan kerugian lainnya didapatkan dari tiket terusan yang akan mencapai 9,9 juta euro atau Rp 163 miliar serta kerugian dari tiket pertandingan yang mencapai 2,6 juta eurp atau Rp 42 miliar. Tentunya hal ini adalah salah satu konsekuensi yang harus dihadapi oleh pihak Liga Spanyol jika harus membatalkan kompetisi pada musim ini.

Mereka harus rela membayar kerugian yang besar apabila kompetisi tidak bisa dilanjutkan. Saat ini kompetisi Liga Spanyol dan berbagai kompetisi olahraga lainnya memang sedang mengalami masa penangguhan yang akan dilakukan dalam 2 pekan lamanya. Apabila proses penangguhan ini selesai dalam waktu dua minggu tapi situasi masih belum membaik, maka bukan hal yang tidak mungkin bahwa proses penangguhan ini akan diperpanjang.

Hal ini tentu saja bukannya tidak mungkin akan menghambat kalender kompetisi Liga Spanyol yang telah direncanakan sebelumnya. Salah satu scenario untuk bisa mengakhiri kompetisi adalah dengan menghentikan kompetisi pada musim ini atau membatalkannya sehingga tak aka nada tim yang keluar sebagai juara pada musim 2019/2020 ini. akan tetapi pihak penyelenggara juga harus menghadapi konsekuensi lain berupa kerugian yang besar jika harus mengakhiri hasil Liga Spanyol dengan opsi yang seperti ini. hingga kini hasil akhir gelaran Liga Spanyol sendiri masih menunggu konfirmasi dari pihak penyelenggara terlebih dahulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Zinedine Zidane Jengkel Real Madrid Dibilang Anak Emas

Real Madrid baru saja menyudahi pertandingan kontra Real Sociedad pada dini hari WIB tadi. Dalam laga yang berhasil mereka menangkan dengan skor...

Wayne Rooney: Tidak Adil Jika Liverpool Gagal Juara Karena Liga Diberhentikan

Wayne Ropney yang merupakan mantan kapten The Red Devils zaman Sir Alex Ferguson mengatakan bahwa dirinya ingin melihat Liverpool dinobatkan sebagai juara...

Mengenal Stadion Parken Calon Stadion Piala Euro 2021

UEFA memberikan kepercayaan pada Stadion Parken untuk menjadi salah satu stadion Piala Euro 2021. Gelaran sepakbola terbesar di Eropa tersebut harusnya mulai...

Solskjaer Pasang Badang Saat Roy Kene Hina Pemain MU

Usai pertandingan lanjutan Liga Inggris antara Manchester United dan Tottenham Hotspur, Roy Kene merasa tidak puas dengan hasil yang ditorehkan oleh The...