29 C
Indonesia
Sunday, July 25, 2021
Home Berita Jelang UEFA, FIFA Ingatkan Semua Klub Besar Untuk Patuhi Aturan

Jelang UEFA, FIFA Ingatkan Semua Klub Besar Untuk Patuhi Aturan

Menjelang UEFA 2021, beberapa klub besar mulai diberi peringatan terkait pelanggaran aturan FIFA, khususnya yang berhubungan dengan EU. Beberapa klub besar itu antara lain adalah Liverpool dan Ajax Amsterdam.

Tahun kemudian sudah timbul spekulasi yang bertambah kalau sebagian klub sepak bola top Eropa lagi bersiap buat mendirikan Liga Luar biasa Eropa mereka sendiri. Tsjalle van der Burg berkomentar kalau mengingat Liga Luar biasa Eropa hendak melanggar undang- undang persaingan Eropa, Komisi Eropa wajib turun tangan serta melarangnya. Ini hendak memberdayakan tubuh pengelola sepak bola Eropa, UEFA, buat mereformasi sepak bola demi kepentingan pendukung dan juga investor.

Semenjak 1998, klub sepak bola besar Eropa sebagian kali mengecam hendak meninggalkan kompetisi UEFA serta mengawali Liga Luar biasa Eropa. Sampai dikala ini, ancaman senantiasa berakhir dengan UEFA mereformasi kompetisi buat keuntungan klub- klub besar. Walhasil, banyak klub besar yang dapat lolos ke Liga Champions dengan lebih gampang saat ini, serta mereka menemukan bagian pemasukan yang lebih besar dari kompetisi Eropa.

Perihal yang sama kayaknya terulang lagi masa ini. Pada Oktober 2020, bagi David Conn, terdapat laporan kalau bank JP Morgan sudah dimohon buat mengecek mungkin keuangan Liga Luar biasa, suatu proyek yang dikatakan sudah diprakarsai oleh Real Madrid. Klub- klub top senantiasa ragu buat menunjang Liga Luar biasa yang memisahkan diri secara publik, namun, bagi Conn, proposal konkret buat Liga Luar biasa lagi dibahas oleh klub- klub top tercantum Manchester United serta Liverpool. FIFA serta UEFA dengan tegas menolak proposal apa juga yang terpaut dengan perihal ini pada 21 Januari. Kelompok suporter sepak bola di klub- klub top Eropa pula membuat statment kolektif yang kokoh, yang dikeluarkan oleh Suporter Sepak Bola Eropa pada bertepatan pada 29 Januari, mengutuk proposal buat Liga Luar biasa.

Pada dikala yang sama, UEFA” dimengerti sudah menganjurkan” format baru Liga Champions, yang mencakup lebih banyak pertandingan. Dari pemberitaan media, orang menemukan kesan kalau reformasi hendak sangat berguna untuk klub- klub besar. Pesan berita Belanda NRC- Handelsblad, misalnya, mencatat kalau juara Belanda diharapkan memperoleh begitu banyak duit dari bermain di Liga Champions baru sehingga bisa menghancurkan kompetisi Belanda.

Apa yang terlewatkan merupakan pertumbuhan ini ilegal dari perspektif hukum persaingan Eropa. Perihal ini bermula dari kenyataan kalau klub sepak bola silih bersaing buat memperoleh konsumen( wisatawan stadion, penonton tv, pembeli merchandise klub) di tingkatan nasional( paling utama). Misalnya, buat menarik konsumen, Ajax Amsterdam bersaing ketat dengan klub Belanda yang lain. Dampaknya, sepanjang menyangkut produk akhir industri sepak bola, pasar yang relevan merupakan pasar nasional. Perhatikan kalau pasar yang relevan merupakan pasar yang jadi fokus majelis hukum kala mereka wajib menanggapi persoalan apakah ada persaingan yang mencukupi ataupun apakah persaingan sudah dikurangi sedemikian rupa sehingga merugikan kesejahteraan ekonomi.

Pengamatan kalau pasar bersangkutan untuk produk klub sepak bola merupakan pasar nasional tidaklah perihal baru. Misalnya, ekonom, sarjana hukum, serta Komisi Eropa seluruhnya sepakat kalau pasar yang relevan buat liputan Televisi sepak bola merupakan pasar nasional. Tetapi, pengetahuan ini belum diterapkan pada format kompetisi baru. Bila ya, hendak jadi jelas kalau Liga Luar biasa Eropa serta usulan reformasi Liga Champions hendak melanggar undang- undang persaingan Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Inter Milan Yang Kelaparan Akan Terus Melaju

Salah satu tiket semifinal Liga Europa kini berhasil didapatkan oleh Inter Milan. Mereka berhasil menyingkirkan Bayern Laverkusen pada babak perempat final. Saat...

Kekalahan Pertama Chelsea di bawah Tuchel

Chelsea mengalami kekalahan awal mereka di bawah asuhan manajer Thomas Tuchel melawan West Bromwich Albion, dengan Baggies menang 5- 2.

Soal Kekalahan Arsenal, Arteta Buka Suara

Kane membantu Son Heung-min untuk gol pembuka yang menakjubkan dari Korsel pada menit ke-13 sebelum mencetak gol sendiri tepat pada babak pertama...

Prediksi Bola : Manchester United vs Southampton 14 Juli 2020

Peringkat 5 Manchester United akan menantang peringkat 12 Southampton dalam laga lanjutan Liga Inggris pekan ke 35. Laga tersebut akan di helat...