29 C
Indonesia
Friday, April 10, 2020
Home Indonesia Jejak Langkah Tim Besar Mantan Perserikatan Di Liga Indonesia

Jejak Langkah Tim Besar Mantan Perserikatan Di Liga Indonesia

Sejak dijalankan pada tahun 1994, Liga Indonesia hingga kini masih didominasi tim-tim yang berasal dari Perserikatan. Dengan empat kali menjadi juara, Persipura juara menjadi tim asal Perserikatan yang paling sukses.

Liga Indonesia dijalankan sejak tahun 1994 yang menggabungkan tim-tim dari dua kompetisi berbeda saat itu, yaitu Perserikatan dan Liga Sepak Bola Utama (Galatama). Pada awalnya, PSSI membagi kompetisi menjadi empat kasta, yaitu Divisi Utama, Divisi I, Divisi II, dan Divisi III. Format berjalannya liga pun belum seperti sekarang ini. Sebelumnya Liga kasta teratas pernah dijalankan dengan format dua wilayah, yakni Timur dan Barat.

Bahkan pada tahun 1996-1997, kompetisi sempat dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu Barat, Tengah dan Timur. Hingga pada tahun 2008 PSSI memutuskan merombak sistem berjalannya kompetisi, dan berganti nama dengan Liga Super dan hanya ada 18 klub yang disertakan.

Pada tahun 2015, Liga Indonesia sempat terhenti karena sanksi dari FIFA dan berjalan lagi dua tahun setelahnya. Dalam satu dekade terakhir, banyak klub yang berevolusi, beberapa klub harus merger dengan klub lain, lalu ada juga yang menghilang dan memulai dari kasta terbawah.

Dibandingkan klub dari Galatama, klub-klub dari Perserikatan cenderung bisa lebih bertahan di kasta tertinggi. Itu dikarenakan klub-klub eks Perserikatan didukung oleh dana dari APBD pemerintah setempat. Maka dari itu, klub eks Perserikatan disebut klub “tradisional”.

Mengenai Galatama, PSSI berinisiatif dan berkeinginan untuk membentuk sebuah kompetisi yang berorientasi bisnis atau keuntungan. Mulai tahun 1979, mulai bermunculan klub-klub baru seperti Warna Agung, Krama Yudha Tiga Berlian, Niac Mitra, Pelita Jaya dan juga Arema Malang. Namun, walaupun setelah 13 tahun berjalan, Galatama tidak mampu menandingi kepopuleran Perserikatan. Itu sebabnya, PSSI menggabung kedua kompetisi itu yang kini menjadi Liga Indonesia sampai sekarang.

Perjalanan Tim-Tim Eks Perserikatan
Persija Jakarta atau Voetbalbond Indonesische Jacarta (VIJ) dibilang tim terbaik di era Perserikatan. Pasalnya, tim asal ibu kota tersebut telah meraih Sembilan gelar juara.
Posisi kedua ditempati oleh Persis Solo. Tim yang kini berada di Liga 2 itu telah meraih tujuh gelar juara. Disusul Persib Bandung, PSM Makassar, dan PSMS Medan dengan masing-masing lima gelar. Dan Persebaya hanya meraih empat gelar.

Dari daftar tim yang Berjaya di era Perserikatan, ternyata belum bisa berbicara banyak di era Liga Indonesia. Hingga kini, Persipura Jayapura memimpin dengan empat gelar juara Liga Indonesia, disusul Persib Bandung, Persija, Persebaya, Sriwijaya FC (yang sebelumnya Persijatim), dan Persik Kediri baru meraih dua kali juara.

PSM Makassar sebagai salah satu tim tertua, hanya satu kali juara. Itupun saat mereka ditangani pelatih lokal Syamsudin Umar. Arema FC, Bali United, Bhayangkara FC, PSIS, Petrokimia Gresik, dan Mastrans Bandung Raya juga baru sekali juara.

Liga musim ini yang bernama Shopee Liga 1 2020, baru berjalan tiga pekan. Kompetisi ini ditunda karena pandemi virus Corona telah mewabah di beberapa kota di Indonesia.
Sementara, Persib Bandung memimpin dengan koleksi poin penuh dari tiga laga. Sementara rivalnya, Persija Jakarta berada di papan tengah karena Persija baru bermain sebanyak dua pertandingan.

Lalu Persebaya sebagai runner-up musim lalu, berada di papan bawah klasemen sementara, setelah menelan satu kali kekalahan dan satu kali imbang. Dan mereka senasib dengan Persija yang baru melakukan dua kali pertandingan akibat virus Corona.

PSIS Semarang, tim berjuluk Mahesa Jenar tersebut telah berada di kasta tertinggi selama tiga tahun terakhir. Sepertinya mereka akan kembali berjaya di musim ini. Dilihat dari kemenangan beruntunnya, walaupun di pertandingan pertama mereka menelan kekalahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Karena Krisis Finansial Juventus Siap Melepas Pemain Bintangnya

Saat ini Juventus dihantam krisis finansial karena pandemi virus corona covid- 19. Beberapa rencana untuk mendapatkan daa juga disiapkan antara lain dengan...

Atletico Madrid juga Potong Gaji Pemain Hingga 70 Persen

Semua pemain dan juga pelatih yang tergabung dalam klub Atletico Madrid, termasuk juga untuk tim sepak bola putrid dan skuat B, telah...

Kemiripan Juergen Klopp dengan Bill Shankly

Mantan pemain Liverpool, Graeme Souness, menyebutkan jika Juergen Klopp sangat cocok dengan skuad The Reds dan dirinya dianggap memiliki beberapa kemiripan dengan...

Melihat Kontribusi Pemain Uzur di Shopee Liga 1

Shopee Liga 1 2020 baru berjalan 3 minggu. Nama- nama baru selalu siap untuk pamer kebolehan di Indonesia setiap musimnya, bersaing dengan...

Recent Comments