29 C
Indonesia
Thursday, July 9, 2020
Home Berita Liga Indonesia Inilah Perjalanan Robert Rene Albert Sebelum Menukangi Persib Bandung

Inilah Perjalanan Robert Rene Albert Sebelum Menukangi Persib Bandung

Robert Rene Albert sekarang menjadi tumpuan harapan klub Persib Bandung untuk bisa membawa mereka ke kejayaan. Sampai saat ini, pelatih berdarah Belanda tersebut mampu membawa Maung Bandung bertengger di puncak klasemen sementara di Shopee Liga 1 2020 pada pekan ke-3 ini.

Robert adalah salah satu pelatih yang sudah tak asing lagi di telinga para pencinta sepak bola Indonesia. Bukan hanya kenyang pengalaman menjadi pelatih di Indonesia, pelatih ini pun berpengalaman menukangi klub-klub di negara Asia Tenggara. Seperti, ia pernah melatih tim Kedah FA pada tahun 1992 sampai 1995. Lalu pada tahun 2002 sampai 2004 ia melatih tim nasional Korea Selatan U-19. Lalu menukangi tim nasional Malaysia U-19 pada tahun 2007.

WinBig Ads

Sebelumnya Robert dipercaya menjadi Direktur Teknik Football Association of Malaysia (FAM) pada tahun 2005 sampai 2008. Tak sampai disitu, karir kepelatihan pria yang kini berusia 65 tahun tersebut makin meningkat. Ia direkrut untuk menjadi pelatih di klub kasta tertinggi Malaysia, Serawah FA pada 2008 sampai 2009.

Karirnya di Malaysia membuat namanya tercium sampai ke klub Indonesia. Tim asal Malang berhasil mendatangkan Robert pada tahun 2009. Dan ia pun langsung memberikan trofi juara Liga Indonesia untuk Arema Indonesia. Setelah berhasil membawa Arema Indonesia menjuarai Liga Indonesia, beberapa klub di Indonesia mulai mendekatinya. PSM Makassar berhasil mendatangkan Robert ke Makassar. Pada 2010-2011.

Setelah setahun bersama PSM Makassar, Robert Rene Albert kembali ke Malaysia untuk melatih Serawak FA. Saat itu ia diikat kontrak selama 4 musim yaitu dari 2011-2015. Setelah dari Serawak FA, ia kembali ke PSM pada tahun 2016 sampai 2019. Bersama PSM ia hampir meraih gelar juara pada musim 2018, ia kalah klasemen dari Persija yang menjadi kampiun Liga saat itu.

Berkarir Bersama Persib Bandung
Pada awal 2019, Robert mengajukan pengunduran diri dari pelatih PSM dengan alasan sakit. Pihak klub PSM pun mengerti atas pengunduran dirinya. Tak lama, ada rumor yang menyebutkan bahwa Robert akan menukangi Persib Bandung. Padahal saat itu Maung Bandung masih ditukangi oleh Miljan Radovic. Tapi rumor itu terbukti pada tanggal 3 Mei 2019. Robert resmi menjadi pelatih Persib selama dua musim. Miljan Radovic saat itu mengundurkan diri dengan alasan akan mengikuti kursus kepelatihan UEFA Pro.

Di musim pertamanya bersama Persib, Robert diberi target untuk menemparkan Persib di posisi lima klasemen akhir. Namun saying, targetnya sedikit meleset. Persib hanya bisa finish di urutan keenam. Hal itu dianggap wajar karena komposisi pemain yang ia pakai adalah pilihan Radovic.
Memasuki musim 2020, Robert mulai meracik tim sesuai seleranya. Ia mendepak legenda Persih, Hariono. Selain itu ia mendatangkan striker asal Brazil yaitu Geoffrey Castillion dan Wander Luiz. Terbukti dengan pemain pilihannya, sampai pekan ketiga Robert Albert mampu menempatkan Persib di puncak klasemen sementara sebelum liga dihentikan sementara karena wabah Covid-19.

Dari segi permainan, tim asal Bandung tersebut bermain apik dan menghibur. Ditambah striker asingnya yang bernama Wander Luiz telah mencatat empat gol dari tiga penampilannya bersama Persib sekaligus mencatatkan namanya di daftar top skor sementara Shopee Liga 1 2020. Sedangkan tandemnya di lini depan, Geoffrey Castillion telah mencetak dua gol untuk Persib Bandung.

Patut kita tunggu, performa apik Persib Bandung di tiga pertandingan pertama, apakah bisa konsisten mempertahannya dan apakah Robert Rene Albert mampu membawa kembali trofi Liga ke Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

WINBIG88

- Advertisment -

Most Popular

Baru Main 5 Menit, Pemain Barcelona Ini Kena Kartu Merah Karena VAR

Pemain Barcelona, Ansu Fati terhitung baru bermain selama 5 menit ketika tiba-tiba wasit memutuskan untuk mengeluarkan kartu merah untuknya, usai melihat VAR....

Inilah Sederet Fakta Jelang Laga Manchester United Kontra Aston Villa

Liga Inggris akan menghadirkan duel menarik antara Aston Villa yang akan menjamu Manchester United. Jelang pertandingan tersebut ada sederet fakta menarik yang...

Prediksi Bola : Genoa vs Napoli Kamis 7 Juli 2020

Genoa dan Napoli akan bertemu dalam laga lanjutan Serie A pekan ke 34. Pertandingan yang dilaksanakan pada Kamis 9 Juli 2020 tersebut...

Prediksi Bola Brighton vs Liverpool 9 Juli 2020

Sang juara Premier League musim ini, Liverpool akan melakoni laga tandang ke markas peringkat 15, Brighton. Pertandingan tersebut merupakan laga lanjutan pekan...

Recent Comments