29 C
Indonesia
Monday, October 19, 2020
Home Berita Liga Indonesia Inilah 5 Striker Berkualitas yang Pernah Membela Maung Bandung

Inilah 5 Striker Berkualitas yang Pernah Membela Maung Bandung

Persib Bandung, atau tim yang memiliki julukan Maung Bandung itu adalah tim sepakbola asal kota Bandung yang sudah berkiprah sejak era perserikatan. Dalam perjalanannya, Maung Bandung pernah memiliki pemain-pemain hebat, bahkan sempat tim ini dijuluki “miniatur timnas” saking banyaknya pemain berkualitas berlabel timnas.

Kiprah dan prestasi Persib Bandung mencatat 5 kali juara pada era Perserikatan, dan 8 kali menjadi runner-up. Ketika sudah memasuki era profesional, Persib telah menorehkan 2 trofi juara liga pada tahun 1994-1995 dan pada tahun 2014. Dengan kiprah yang panjang, Persib memiliki label tim kelas atas di Liga Indonesia. Dengan label itu tentunya Persib telah banyak merekrut pemain berposisi striker yang berkualitas. Berikut pemain berposisi striker yang berkualitas yang pernah dimiliki Persib Bandung.

Sutiono Lamso

Sutiono Lamso adalah pemain Persib yang membantu tim Maung Bandung meraih gelar juara pada tahun 1994-1995. Saat itu ia mencetak gol kemenangan untuk Persib. Pemain yang fenomenal di liga era 1990-an ini disambut ribuan bobotoh karena kualitasnya. Pemain kelahiran Purwokerto itu memiliki insting gol yang tinggi dan mahir dalam hal penyelesaian akhir.

Sutiono juga dinobatkan sebagai pemain terbaik kompetisi di era perserikatan dan era Liga Indonesia. Setelah pensiun menjadi pemain sepakbola, ia menekuni profesi kepelatihan. Namun sayangnya, sampai saat ini ia tidak pernah menangani tim profesional. Tapi setidaknya ia pernah membawa Persib U-15 menjadi kampiun kompetisi nasional pada tahun 2005.

Adjat Sudrajat

Pemain yang identik dengan nomor punggung 10 ini karirnya terbilang bersinar. Adjar Sudrajat pernah membawa Persib Bandung sebagai juara Perserikatan tahun 1986, juara kompetisi Sultan Hasanal Bolkiah di Brunei Darussalam tahun 1986, dan Perserikatan tahun 1989-1990.

Adjat Sudrajat memperkuat Maung Bandung selama tujuh tahun dari 1983-1990. Pada tahun 1983 pemain ini pernah mendapat kan gelar pencetak gol dan diulangi pada tahun 1985. Adjat Sudrajat menjadi pemain dambaan Bobotoh karena kecemerlangannya dalam berkarir di Persib Bandung sehingga ia dibuatkan patung di jalan Lembong Kota Bandung.

Zaenal Arif

Zaenal Arif menjadi pemain idaman Persib Bandung di liga era 1998-2000 dan 2006-2009. Pemain kelahiran Garut itu mulai berkarir di tim nasional Indonesia sejak usia 19 tahun. Zaenal Arif menjadi pemain andalan timnas di kompetisi Piala AFF 2002, saat itu ia mencetak empat gol untuk timnas.

Abo yang merupakan sapaan akrabnya itu masuk ke dalam daftar pemain yang membela tim garuda untuk kompetisi Piala Asia 2007, namun sayangnya ia tidak pernah dimainkan karena ia melakukan pelanggaran indisipliner dengan meninggalkan tempat latihan serta pergi melewati batas waktu yang ditentukan. Alhasil Abo mendapat skorsing dari PSSI untuk pertandingan Liga Indonesia selama satu musim sebelum akhirnya ia mendapatkan grasi dan bisa bermain kembali seperti biasa.

Budi Sudarsono

Budi Sudarsono merupakan pemain kelahiran Kediri 19 September 1979. Pemain ini menjadi andalan timnas Indonesia yang pada eranya ia memiliki gocekan yang ditakuti para lawannya. Budi Sudarsono pernah mencetak gol kemenangan untuk timnas Indonesia saat Garuda melawan timnas Qatar pada tahun 2004.

Budi Sudarsono sempat mendapat gelar pencetak gol terbanyak di ajang Piala AFF 2008. Persib mendatangkan Budi dari Sriwijaya FC pada tahun 2009-2010. Sayangnya ketajaman sang Ular Piton (julukan Budi Sudarsono) seakan hilang saat membela Persib Bandung. Disepanjang musim ia bermain sebanyak 21 pertandingan dengan torehan 2 gol saja.

Cristian Gonzales

Pada tahun 2009 El-Loco didatangkan Persib dari Persik Kediri sebagai pemain pinjaman. El-Loco yang notebene nya pemain berkualitas saat itu langsung menjadi andalan Maung Bandung. Bersama Persik Kediri ia pernah menjadi top skor.

Pada tahun 2010 ia resmi menjadi WNI setelah proses naturalisasi dan masuk ke skuat Garuda untuk ajang Piala AFF pada tahun 2010. Sayangnya kehadirannya tak mampu memberikan gelar untuk timnas Indonesia setelah kalah oleh Malaysia di Final.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Mengenang Kembali Kisah Antara Rafa Benetiz, Jose Mourinho dan Liverpool

Jose Mourinho dalam beberapa periode lalu ternyata sempat dikait-kaitkan dengan Liverpool, kala itu The Reds memang tengah dalam keadaan dilema menentukan calon...

Lini Belakang Rapuh, Ini Pilihan Bek Wajib Direkrut Arsenal

Arsenal adalah klub liga Inggris adalah klub liga Inggris dengan berbagai macam masalah di dalamnya. Misalnya saja di segi pelatih yang selalu...

Akan Bertandang ke Camp Nou, Atletico Minta Hukuman Koke Dicabut

Ateltico Madrid akan melakoni laga tandang ke Camp Nou, mereka akan menantang Barcelona dalam laga lanjutan Liga Spanyol pekan ini. Jelang laga...

Pemain Terburuk Pembelian Sir Alex Ferguson Saat Melatih Manchester United

Pada saat masih melatih Manchester United, Sir Alex Ferguson hampir selalu sukses dalam mengambil keputusan. Baik dalam pemilihan strategi bermain, memotivasi pemain...