29 C
Indonesia
Thursday, September 24, 2020
Home Berita Liga Italia Inilah 3 Skenario yang Bisa Terjadi untuk Tentukan Hasil Liga Italia

Inilah 3 Skenario yang Bisa Terjadi untuk Tentukan Hasil Liga Italia

Saat ini gelaran kompetisi Liga Italia dan berbagai kompetisi olahraga lainnya secara resmi telah diberhentikan untuk sementara waktu menyusul dengan makin parahnya proses penyebaran wabah virus corona di Italia.

Pengumuman berbagai kegiatan olahraga untuk vakum sementara di Italia mengenai penyebaran virus corona ini diumumkan secara langsung oleh Perdana menteri Italia, Guiseppe Conte. Saat ini Italia masih dalam daftar tiga negara yang memiliki jumlah pasien positif virus corona tertinggi di dunia selain China. Saat ini virus corona di Italia telah menewaskan 1.809 orang dengan jumlah infeksi mencapai 24.747. oleh sebab itu berbagai kegiatan olahraga ditangguhkan sementara waktu mengingat krisis kesehatan terjadi di Italia beberapa waktu belakangan ini.

Sebelumnya, wilayah yang terjangkit virus corona ini hanya di Italia utara saja, akan tetapi Giuseppe Conte kemudian telah menetapkan status waspada terhadap wabah virus corona di seluruh wilayah di Italia. Kabar soal pemberhentian sementara kompetisi olahraga di Italia ini pasti menimbulkan tanda Tanya yang besar soal keberlangsungan Euro 2020 mendatang. Pasalnya gelaran Euro 2020 rencananya akan digelar di Italia pada 12 Juni 2020 mendatang dengan laga perdana Italia vs Turki.

Akan tetapi, banyak orang yang merasa khawatir jika Liga Italia belum selesai dilaksanakan pada bulan Juni tahun ini jika kompetisi tersebut harus diberhentikan sekarang. Menurut analisis yang dilakukan oleh La Repubblica, ada tiga opsi yang bisa dilakukan terkait dengan kelanjutan gelaran kompetisi Liga Italia sekaligus juga dengan Euro 2020 yang akan digelar pada Juni mendatang.

Kemungkinan yang pertama, gelaran kompetisi Euro 2020 bisa ditunda jika wabah virus coona masih belum membaik dan penyebarannya masih terus meluas di wilayah Eropa. Terlebih lagi setelah adanya lonjakan kasus wabah virus corona yang terjadi di Spanyol baru-baru ini. Jika virus yang satu ini terus meluas, maka bisa saja gelaran Euro 2020 bisa ditunda untuk sementara waktu hingga musim gugur selanjutnya atau bahkan hingga tahun depan.

Jalan alternative lain yang bisa dilakukan adalah dengan menusun lagi jadwal pertandingan yang berdekatan untuk bulan terakhir pada kompetisi Liga Italia musim 2019/2020. Dengan menggunakan scenario ini, jadwal kompetisi Liga Italia bisa dilakukan secara padat menjadi dua atau tiga hari sekali agar kompetisi tersebut bisa selesai sebelum gelaran kompetisi Euro 2020 dimulai pada tahun sebelumnya. Sementara itu, jika gelaran kompetisi Liga Italia tetap berjalan seperti itu, maka gelaran Coppa Italia terpaksa harus ditunda sementara hingga bulan Juni atau bulan Agustus mendatang.

Opsi ketiga yang bisa dilakukan untuk mengakhiri jalannya kompetisi Liga Italia musim ini adalah dengan menghentikan sepenuhnya gelaran Liga Italia musim 2019/2020 mulai hari ini. dengan demikian, tak akan ada juara yang akan menjuarai gelaran kompetisi ini pada musim 2019/2020 ini. jika kompetisi dihentikan sepenuhnya, maka nantinya hanya aka nada kepastian beberapa tim yang akan menempati zona kompetisi di Eropa seperti Liga Champions dan Liga Europa pada musim selanjutnya.

Jika kompetisi Liga Italia musim ini diberhentikan sepenuhnya, maka aturan terhadap degradasi pun bisa saja berubah. Selain itu dua klub yang menempati posisi teratas dua besar dalam klasemen Serie B berhak untuk mendapatkan promos, akan tetapi tak ada klub dari Serie A yang akan terdegradasi. Sehingga nantinya aka nada 22 tim yang akan berpartisipasi dalam gelaran Liga Italia pada musim selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Ingin Damai, MU Tawarkan Gencatan Senjata dengan Mino Raiola

Mino Raiola dan Manchester United memiliki hubungan yang kurang baik dalam beberapa waktu ini. Terutama karena kedua belah pihak sendiri memiliki perseteruan...

Pablo Mari dan Cedric Soares Resmi Dipermanenkan Arsenal

Kini secara resmi Arsenal telah memepermanenkan Cedric Soares dan Pablo Mari. Arsenal mempermanenkan Pablo Mari daru tim Flamengo dan Soares dari klub...

Tiga Pemain Eropa yang miliki Darah Indonesia Jadi Tawaran Menggiurkan Untuk Persija Jakarta

Tim sepak bola indonesia Persija Jakarta atau dikeal dengan sebutan Macan Kemayoran baru-baru ini sempat mengungkapkan bahwa mereka ingin merekrut playmaker dari...

Materazzi Bersyukur Dulu Ibrahimovicc Tinggalkan Inter Milan

Dalam wawancara yang dilakukan oleh Marco Materazzi, ia mengenang kembali ketika Inter Milan memutuskan menjual Zlatan Ibrahimovic ke Barcelona. Menurut Materazzi, kepergian...