29 C
Indonesia
Monday, November 30, 2020
Home Berita Internasional IFAB Setujui Proposal Pergantian 5 Pemain, Imbas Dari Virus Corona

IFAB Setujui Proposal Pergantian 5 Pemain, Imbas Dari Virus Corona

Jika nantinya liga-liga benar akan kembali digulirkan setalah serangan pandemi Corona virus, maka akan ada wacana pergantian pemain sebanyak 5 kali dalam pertandingan, dan berkaitan dengan hal tersebut kabarnya IFAB telah menyetujuinya.

Mulanya pada akhir April lalu dilaporkan bahwa FIFA memang mengajukan aturan baru berkaitan dengan jumlah pergantian pemain, untuk klub-klub yang bertanding usai masa pandemi. Proposal tentang pergantian jumlah pemain sebanyak 5 kali tiap laga tersebut telah diajukan pada pihak Football Associaton Board (IFAB), yang merupakan pihak berwenang pembuat aturan permainan sepakbola dunia.

Alasan kuat tentang pengajuan aturan baru ini adalah karena hampir seluruh kompetisi sepakbola di dunia saat ini sedang dihentikan. Meskipun beberapa negara kini telah bersiap akan kembali melakukan kompetisi namun waktu yang tersisa untuk menuntaskan agenda liga tidaklah banyak.

Disisi lain hampir seluruh pemain dari seluruh klub sudah lama tidak melakukan permainan, dan ini jelas akan memengaruhi perfoma mereka dalam pertandingan. Karenanya agar nantinya tidak terjadi dampak buruk pada kondisi fisik para pemain maka pihak FIFA memutuskan untuk mengajukan proposal aturan pergantian 5 pemain ini pada pihak IFAB.

“Saat ini kompetisi kembali digulirkan, maka bisa dipastikan sejumlah kompetisi akan menjalankan jadwal yang sangat padat, dengan melihat frekuensi (pertandingan) yang lebih banyak daripada biasanya di beberapa pekan secara berturut-turut. Maka menurut kami keselamatan pemain adalah hal yang menjadi prioritas utama bagi FIFA.” Tutur salah seorang juru bicara FIFA pada pihak Sky Sports yang melakukan wawancara pada akhir April lalu.

“Karena jadwal yang padat kemungkinan akan menyebabkan risiko cedera pada para pemain, hal ini karena para pemain terlalu sering melakukan permainan” sambungnya

“Karenanya, kami pihak FIFA memutuskan untuk mengajukan pergantian pemain yang lebih banyak, dan berharap hal tersebut akan diizinkan untuk sementara waktu ini, atas persetujuan pihak-pihak berwenang”

“Nantinya setiap klub diperbolehkan untuk melakukan 5 kali pergantian pemain ketika pertandingan bergulir. Ditambah kemungkinan satu kali pergantian pemain tambahan jika memang waktu pertandingan memasuki babak tambahan waktu, dan hal itu akan dilakukan jika memang relevan,” jelasnya kembali

Berkaitan dengan proposal yang telah diajukan oleh FIFA tersebut kabarnya pihak IFAB telah menyetujuinya, hal tersebut diungkapkan oleh salah seorang sumber terpercaya. Peraturan baru tentang 5 kali pergantian pemain ini akan digunakan sebagai himbauan dan juga dapat langsung diterapkan saat pertandingan kembali dilakukan.

Akan tetapi penting diingat bahwa peraturan baru ini tidak akan memengaruhi wewenang federasi sepakbola masing-masing negara untuk menentukan keputusan apakah Liga akan kembali dilanjutkan atau distop. Berkaitan dengan nasib liga musim 2019/2020 pihak FIFA memang tekah menyerahkan seluruhnya pada federasi sepakbola masing-masing negara.

Keselamatan pemain memang harus menjadi pertimbangan penting  saat nanti kompetisi kembali dilanjutkan. Bukan hanya risiko untuk tertular virus corona namun juga risiko terserang cedera karena kemungkinan menghadapi jadwal pertandingan yang padat. Terlebih jika mengingat hingga saat ini kebanyakan pemain hanya melakukan mandiri dirumah, dan tentu saja ini sangat berbeda jauh dengan mereka melakukan latihan di lapangan bersama rekan satu tim.

Saat ini beberapa negara memang sedang bersiap untuk kembali melanjutkan liga, seperti Jerman, Italia, Inggris, dan Spanyol. Meskipun belum ada keputusan dari pihak pemerintah negara masing-masing tentang boleh atau tidak, namun pihak federasi masing-masing sedang mengupayakan hal tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Sergio Ramos Berpeluang Tinggalkan Real Madrid

Bek tengah adalah salah satu posisi paling penting dalam dunia sepakbola. Sampai saat ini masih ada banyak bek tengah dengan kualita paling...

Neymar Kena Kartu Merah dan Tindakan Pelecehan

Neymar harus mengalami kejadian apes saat melakoni laga perdana membela Paris Saint Germain. Dalam laga tersebut dirinya kedapatan menempeleng Alvaro Gonzalez sehingga...

Chelsea Incar Kai Havertz Padahal Mereka Butuh Sosok Pemimpin

Sebagaimana yang diketahui bahwa saat ini Chelsea masih berkeinginan kuat untuk mendatangkan Kai Havertz, pasalnya menurut manajemen sang pemain cocok untuk mengisi...

Pemain Asing Timnas Persebaya Dipulangkan

Virus Corona yang semakin menyebar akhir-akhir ini membuat dunia sepak bola kelimpungan sendiri. Pasalnya sekarang ini, para pemain sepak bola mulai berlatih...