29 C
Indonesia
Sunday, January 24, 2021
Home Berita Liga Indonesia Ide Menarik Claudio Tentang Naturalisasi Pemain Usia Muda Asal Brasil, Kesan Aneh...

Ide Menarik Claudio Tentang Naturalisasi Pemain Usia Muda Asal Brasil, Kesan Aneh Pemain yang Bergabung dengan Arema

Kabar akan adanya naturalisasi yang dilakukan oleh PSSI sudah tersebar luas, banyak pihak yang mendebatnya. Mengingat proses ini akan dijalani oleh lima orang pemain muda yang berasal dari Brasil. Masing-masing pemain ini sebelumnya sudah tergabung ke dalam tiga klub sepak bola Indonesia yang berbeda.

Mereka adalah Maike Henrique, Pedro Henrique, Hugo Guilherme, Robert Junior Santos dan Tiago Apolina. Pada klub Liga 1 ini Arema FC dan Persija Jakarta masing-masing menampung dua pemain asing, sedangkan Madura United menerima satu pemain terakhir. Banyak pihak yang menentang hal ini sebagai sesuatu yang salah untuk kebaikan dunia sepak bola Indonesia.

Hal tersebut diutarakan oleh pengamat sepak bola Indonesia. Ia sangat khawatir jalan ini akan meruntuhkan semangat para pemain muda yang asli Indonesia yang memimpikan untuk ikut melapang bersama Timnas Indonesia di Piala Dunia 2021 nantinya. Selain pengamat sepak bola, ada juga para pemain sepak bola sendiri yang angkat bicara.

Salah satu yang mengutarakan pendapatnya adalah eks pemain bek Arema FC, Claudio de Jesus yang berasal dari Brasil. Ia mengatakan bahwa ia sangat memahami apa yang dikhawatirkan oleh orang-orang Indonesia. Apalagi setelah sekian lama ia tinggal di Indonesia dan melatih kiper di beberapa klub Liga satu dan dua. Ia mengaku banyak pula pemain Indonesia yang memiliki kemampuan luar biasa.

Claudio memberikan saran agar diadakannya regulasi bagi pemain asing dengan umur 17 dan 18 tahun, untuk bisa bermain di Liga 2 terlebih dahulu. Jika terbukti ada kemajuan dan permainannya bagus, maka cara naturalisasi bisa dilakukan. Tetapi, jika hasilnya tidak ada perbedaan, maka pemain asing tersebut tidak usah dinaturalisasi.

Hal tersebut disampaikannya hanya sebatas sebagai saran, karena ia sangat menyadari bahwa banyak pemain dari Brasil seperti dirinya yang ingin terus berkarir di Indonesia. Ketika Claudio bertemu dengan Hugo dan Pedro, pada kesempatan itu ia menjelaskan bahwa Arema merupakan klub besar yang harus tampil dengan bagus, terlebih jika pemain muda tersebut ingin bergabung dengan Timnas Indonesia.

Situasi Aneh Mengenai Pemain Muda yang Akan Naturalisasi

Disisi itu, pemain muda asal Brasil tersebut yang bergabung dengan klub Arema FC, digadang-gadang akan bermain di Piala Dunia U-20 tahun depan. Selain kabar tersebut, ternyata ada keadaan atau fenomena aneh yang menghampiri kedua pemain muda, Hugo dan Pedro. Mereka melangsungkan latihan gabungan bersama pemain senior lainnya di Malang.

Pada kesempatan tersebut, Hugo dan Pedro datang cukup terlambat hampir setengah jam. Ada yang menyebutkan bahwa mereka dipanggil secara mendadak karena itu keduanya terlambat. Selain itu, keduanya tidak memiliki peralatan yang lengkap untuk melakukan latihan, sehingga secra terpaksa keduanya menggunakan sepatu yang dipinjam dari klub.

Banyak yang mengaitkan hal tersebut dengan klub Arema yang terburu-buru untuk merekrut pemain muda tersebut. Padahal biasanya klub asal Malang tersebut terhitung cukup berhati-hati ketika akan melakukan kontrak. Hal tersebut pun menjadi alasan yang jelas bahwa Hugo dan Pedro akan dikontrak dan ikut dilatih untuk bermain di Piala Dunia U-20 musim depan.

Jika diingat kembali, kedua pemain asing tersebut belum juga ikut bermain bersama pemain senior sejak pindahnya ke Indonesia. Maka dari itu, banyak yang meragukan kebijakan PSSI yang akan melakukan naturalisasi pada kelima pemain asing termasuk yang sudah bergabung bersama Arema FC. Dengan begitu, perlu dilihat kembali kemampuan bermainnya untuk kebaikan Timnas nantinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Akibat Isu Covid-19, Sektor Bisnis Arema FC Ikut Terkena Imbas

Hebatnya wabah virus corona yang mulai masuk ke Negara Indonesia, menjadi kekhawatiran banyak orang. Mengingat pemerintah menghimbau masyarakat untuk berdiam diri di...

Bukan Lazio, Real Sociedad Adalah Klub Resmi David Silva

David Silva membawa kabar yang terbilang sangat mengejutkan, pasalnya mantan pemain gelandang milik Manchester City ini yang sedari beberapa bulan lalu kencang...

Pemain Asing Persela Diharapkan Cepat Adaptasi

Dalam tiga laga awal kompetisi shopee liga 1, Laskar Joko Tingkir –Julukan Persela- harus kebobolan tiga gol. Hal ini menjadi titik lemah...

Bale Diyakini Kangenin Cemooh Fans Saat Main Tanpa Penonton

Telah disepakati bahwa nantinya Liga Spanyol akan kembali dilangsungkan secara tertutup, atau tidak dapat dihadiri oleh suporter. Hal tersebut diyakini akan menjadi...