29 C
Indonesia
Saturday, July 4, 2020
Home Berita Liga Indonesia Gelandang Asing Terbaik Yang Pernah Dimiliki PSM Makasar

Gelandang Asing Terbaik Yang Pernah Dimiliki PSM Makasar

Dalam kurun waktu selama ini, PSM Makassar juga selalu melahirkan pemain yang bersinar di kompetisi Indonesia. Termasuk deretan gelandang asing yang pamornya memberi warna kompetisi di Indonesia. Mereka adalah Luciano Leandro (Brasil/ 1995- 1998), Carlos de Mello (Brasil/ 1999- 2001) serta Wiljan Pluim (Belanda/ 2016- sampai saat ini).

Sejatinya, PSM sempat mempunyai gelandang asing yang tidak kalah bagus seperti Ronald Fagundez (Uruguay/ 2003- 2006) serta Ali Khaddafi (Togo/ 2007- 2009). Tetapi, kedudukan mereka tidak sesentral ketiga nama di atas. Sebagai gelandang pengatur serbuan, Luciano, Carlos serta Pluim meyakinkan kapasitas mereka dengan jadi pembeda di PSM. Jika mereka tampil dengan keahlian terbaik, kesempatan Juku Eja memenangkan pertandingan sangat besar Dengan kata lain, ketergantungan PSM Makassar pada mereka terbilang besar. Tidak cuma jadi pembeda, aksi ketiganya selalu jadi hiburan tertentu. Bukan cuma suporter PSM tetapi juga dari kubu lawan.

Luciano Leandro sempat mendapat julukan penyihir di lapangan hijau. Gocekan serta umpannya yang terukur memberi warna penampilan PSM, klub pertamanya di Indonesia. Prestasi terbaik Luciano di PSM hanya membawa Juku Eja mencapai runner- up Liga Indonesia 1995- 1996. Tetapi, raihan itu selalu dikenang hingga saat ini. Bersama 2 kompatriotnya dari Brasil, Jacksen Tiago serta Marcio Novo, Luciano menjadikan PSM yang sangat sangat ditakuti masa itu. Kepribadian keras, ngotot plus cara ala Luciano jadi andalan PSM. Hal ini dimungkinkan karena kebanyakan tim saat itu yakni pemain asli Makassar.

Duel kontra Persipura pada semifinal Liga Indonesia 1995- 1996 memberi kesan mendalam untuk Luciano serta suporter PSM. Kala itu, PSM sempat tertinggal 1- 3 hingga 15 menit terakhir. Tetapi, semangat serta militansi yang tidak pernah lenyap selama pertandingan membuat Juku Eja sanggup membalikkan kondisi jadi 4- 3.


Luciano mencetak satu gol dan satu assist pada pertandingan itu. Prestasi terbaik Luciano memang terjadi saat mengantar Persija Jakarta, juara Liga Indonesia 2000- 2001. Tetapi, kiprahnya bersama PSM selalu membekas di hati suporter PSM hingga saat ini.

Carlos de Mello adalah tipikal gelandang komplet yang sempat tersebar di Indonesia. Pemain berdarah Brasil ini tidak cuma piawai mengalirkan bola tetapi juga memotong serangan lawan. Bersama PSM, Carlos mencapai trofi juara Liga Indonesia musim 1999- 2000. Ini ialah gelar kedua setelah dia membawa Persebaya Surabaya berjaya pada musim 1996- 1997 plus jadi pemain terbaik pada musim yang sama.

Kelebihan utama Carlos adalah piawai membaca arah bola serta teliti melihat celah kelemahan lawan. Dia juga mempunyai tendangan bebas mematikan yang sering berbuah gol. Walaupun bertubuh tambun serta terkesan lamban, Carlos pantas dibilang pemain kunci di PSM. Melalui umpan terukurnya, duet striker lokal, Kurniawan Dwi Yulianto serta Miro Baldo Bento, masuk dalam catatan top skorer pada masa itu.

Wiljan Pluim adalah gelandang terbaik PSM pada masa Liga 1. Cara bermainnya nyaris mirip dengan Luciano Leandro. Serangan PSM kebanyakan berawal dari Pluim yang memangl mempunyai gocekan serta umpan terukur di atas rata- rata. setiap kali tampil bersama PSM, mantan pemain Vitesse Arnhem ini selalu jadi incaran pemain lawan untuk dimatikan. Dengan mematikan pergerakan Pluim dikira sama dengan kurangi setengah kekuatan PSM. Walhasil, sejauh memperkuat PSM, Pluim selalu dibayangi ancaman cidera yang membatasi penampilannya. Sejak Liga 1 2017, Wiljan hanya tampil pada 32 partai dengan koleksi 12 gol. Musim lalu, Pluim malah mengakhiri kiprahnya saat sebelum kompetisi berakhir karena cidera pergelangan kaki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

WINBIG88

- Advertisment -

Most Popular

Laga Kontra Wolverhampton Akan Uji Konsistensi Arsenal

Dalam laga lanjutan Liga Inggris pekan ke 33, Arsenal diharuskan berhadapan dengan Wolverhampton Wanderers. Laga ini akan menjadi laga dimana konsistensi tim...

Benarkah Juventus Adalah Pelabuhan Messi Yang Selanjutnya?

Belakangan tersiar kabar yang cukup kencang mengenai keinginan megabintang Barcelona, Lionel Messi, untuk meninggalkan klub tersebut. Salah satu potensi klub yang akan...

Prediksi Juventus vs Torino 4 Juli 2020 Malam

Peringkat pertama Serie A, Juventus akan menjamu peringkat ke 14, Torino. Laga tersebut merupakan laga lanjutan Serie A pekan ke 30. Laga...

Prediksi Athletic Bilbao vs Real Madrid 5 Juli 2020

Minggu  5 Juli 2020 Real Madrid akan melakoni laga tandang kontra Athletic Bilbao. Saat ini Real Madrid memang tengah nyaman di posisi...

Recent Comments