29 C
Indonesia
Wednesday, November 25, 2020
Home Berita Liga Indonesia Gaya Bermain Leonard Tupamahu Dan Hamka Hamzah, Dan Rahasia Kualitas Bermain...

Gaya Bermain Leonard Tupamahu Dan Hamka Hamzah, Dan Rahasia Kualitas Bermain Keduanya

Pemain bek tengah senior yang sempat bermain bersama-sama untuk Persija Jakarta ini memiliki gaya bermain yang mirip. Leonard Tupamahu dan Hamka Hamzah, mereka berdua merupakan bek tengah yang dari usia mudanya hingga kini menjadi senior, masih bermain dengan gaya yang sama. Meskipun keduanya berada di posisi bek, mereka sangat senang menggiring bola dari belakang hingga melewati batas garis tengah.

Kedua pemain tersebut diketahui memiliki kemiripan saat bermain bersama di klub Persija Jakarta dan diakuinya terbentuk secara alami. Dengan kemampuan tersebut, deadlock yang dibentuk oleh timnya seringkali pecah. Leonard dan Hamka mampu berperan sebagai mesin penggerak, saat terdapat jarak antara belakang ke bagian tengah dan tengah ke bagian depan.

Kemampuan Leonard dan Hamka, terbangun ketika mereka secara bersamaan bermain di klub Persija Jakarta. Kedua bek tersebut menjadi kekuatan dan andalan lini belakang sendiri untuk Persija pada musim 2005 sampai 2008. “Di klub Persija Jakarta, sebab dulu seringnya bermain dengan 3-5-2, jadi ketika itu saya dengan Hamka gaya mainnya sering kali overlap,” ungkap Leonard (Rabu 01/04/20).

Gaya bermain tersebut tentu saja memiliki risiko yang berbahaya. Sebab jika bola berhasil di ambil alih oleh lawan, aka nada celah di lini belakang. Untungnya, pemain yang lain bisa menutup posisi tersebut. Kini Leonard bersama dengan klub barunya Bali United di Liga 1, Ricky Fajrin akan bergeser dan mengisi posisi bek tengah ketika ada serangan balik, jika situasi tersebut terjadi. Selain itu, sejauh ini Leonard mampu membuat lini serang klub Bali United semakin kokoh dan tajam.

Diluar itu, Bek Bali United tersebut sekarang ini berkomentar menyesalkan adanya force majeure yang tengah terjadi di dunia sepak bola Indonesia. Terlebih lagi dengan adanya hal tersebut, akan ada perubahan kontrak kerja, antara klub dengan para pemain. Hal ini terkait dengan keputusan dari PSSI yang mengirimkan surat putusan penundaan Liga 2020, yang menyatakan bahwa bulan Maret hingga Juni merupakan force majeure.

Disisi lain, Hamka Hamzah sebagai pemain bek tengah mendapat sorotan dari pelatih PSM Makasar, Bojan Hodak, Bojan mengaku lebih menyoroti dan memperhatikan Hamzah dibandingkan empat legion asing dari Persita Tanggerang. Pernyataan sang pelatih yang berlisensi UEFA Pro ini disampaikannya ketika sesi pers setelah Laga. Ia mengakui kepemimpinan yang dimiliki oleh Hamka, dimana Hamka juga merupakan eks pemain PSM di musim 2017 lalu.


“Pemain lokal dari Persita cukup berkualitas apalagi kuat ketika merebut bola. Sang kapten lapangan Persita, Hamka Hamzah sangat bagus saat berhasil menguasai bola dan bisa meningkatkan optimisme di lini belakang,” jelas Hodak pada media.

Meskipun demikian, eks pelatih Tim Nasional Malaysia U-19 itu tetap waspada kepada lini depan Persita. Terutama Yevhen Budnik, pemain asing dari Persita yang dinilai sangat menyusahkan pertahanan klub Bali United pada laga sebelumnya. “Persita mempunyai 4 orang pemain asing yang berkualitas. Terlebih penyerangnya yang kuat ketika menahan bola dan juga mampu membuat peluang sendiri. Dia dapat membahayakan Klub Bali United dan juga dapat membahayakan pertahanan klub kami,” ungkap Hodak.

Dengan banyaknya pemain yang harus diwapadai, pelatih PSM Makasar tetap yakin dan percaya, bahwa anak latihnya bisa dan juga mampu menghadapi pemain Persita. Ia juga percaya diri menyatakan bahwa para pemainnya memiliki kualitas yang juga bagus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Zidane, Penentu Pindahnya Pogba ke Real Madrid

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa gelandang Manchester United, Paul Pogba sudah tidak betah lagi di skuad. Isu perpindahan Pogba sudah muncul...

Dibalik kesuksesan Treble Inter Milan, Apa kabar dengan Julio Cesar?

Berikut berita terkini dibalik kesuksesan treble Inter Milan kipper legendaris yang berasal dari Brazil yakni Julio Cesar yang telah menjuarai coppa...

Luis Suarez Lakukan Debut Apik Bersama Atletico Madrid

Luis Suarez lakukan debut gemilang bersama Atletico Madrid, dalam laga perdananya menggunakan jersey Atletico tersebut ia berhasil mencetak 2 gol dan 1...

Dikabarkan Akan Hengkang Dari AC Milan, Gianluigi Donnarumma Takut Bertemu CR7

Gianluigi Donnarumma yang merupakan seorang penjaga gawang andalan Tim Nasional Italy serta AC Milan mengatakan bahwa megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo merupakan seorang...