29 C
Indonesia
Friday, December 9, 2022
Home Berita Liga Indonesia Gaji Pemain Liga 1 Maksimal 25% Selama Wabah

Gaji Pemain Liga 1 Maksimal 25% Selama Wabah

Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan telah menyatakan perpanjangan masa rehat kompetisi liga 1 dan 2 hingga 29 Mei 2020. Keputusan durasi waktu rehat ini mengacu pada masa tanggap darurat yang telah dicanangkan pemerintahan Indonesia, yakni hingga 29 Mei.

Menurut Iwan bule -sapaan Moch. Iriawan- masa rehat ini masih memungkinkan ada perubahan. Bisa lebih cepat atau bisa juga akan diperpanjang lebih lama lagi tergantung situasi terkini wabah korona. Terkait pandemic covid-19 ini, total masyarakat Indonesia secara keseluruhan yang terkena covid-19 per jumat, 27 maret sudah mencapai 1.046 orang positif. Dari jumlah tersebut yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 46 orang dan yang meninggal mencapai 87 orang. DKI Jakarta tetap menjadi episentrum persebaran corona di Indonesia, beberapa daerah lain sudah ditetapkan zona merah oleh pemerintahan setempat.

Keputusan tentang masa rehat tersebut dibarengi dengan kebijakan terkait dengan gaji pemain dan official masing-masing klub. PSSI memahami bahwa ada dua kepentingan yang harus dikomunikasikan dengan baik sehingga tidak menimbulkan kerugian pada salah satu pihak saja. Berhentinya kompetisi otomatis menyetop pemasukan klub. Sementara jika pemain, pelatih dan official kalau tidak digaji maka berdampak pada kebutuhan ekonomi mereka.

Untuk itu PSSI memberikan kebijakan kepada masing-masing klub terkait gaji, bahwa klub diizinkan melakukan perubahan kontrak kerja. Maksimal besaran gaji yang diberikan ke pemain atau pelatih adalah 25% selama wabah masih berlangsung.

Keputusan PSSI diatas sudah sesuai dengan usulan manajemen beberapa klub. Klub mengajukan usulan besaran gaji yang harus dibayarkan kepada pelatih dan pemain adaah 25%. Para pelatih dan pemain dalam merespon usulan manajemen klubnya masing-masing juga sepakat atau tidak mempermasalahkan.

Yeyen Tumena, selaku ketua Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia menyampaikan bahwa ada sekitar 7-8 opsi yang dibahas oleh pelatih, salah satunya terkait gaji. Para pelatih tidak mempermasalahkan besaran gaji 25%, namun menginginkan itu bisa dilaksanakan mulai bulan april. Sehingga pada bulan maret, harapannya gaji pemain dan pelatih masih full. “Kami tidak keberatan gaji dibayar hanya 25% saja. Tetapi dengan catatan, maret tetap dibayar penuh karena ada aktivitas seperti pertandingan di awal maret dan latihan tertutup. Sehingga April dan Mei tidak masalah 25%,” jelasnya.

Beberapa pemain juga tidak mempermasalahkan jika harus dipotong gaji karena situasinya memang darurat. Rendi Irwan misalnya, “Melihat situasi yang ada, saya sama sekali tidak keberatan seandainya ada pemotongan gaji. Kalaupun harus 25% saya akan menerimanya. Karena kondisi klub juga sulit,” tutur Rendi.

Abdul Abanda Rahman, bek PSIS Semarang juga sependapat dengn Rendi Irwan. “Karena maret kami masih bertanding, sehingga jika memang gaji yang dibayarkan hanya 25%, maka bisa dimulai pada bulan April,” jelasnya. Ada juga pemain yang tidak memikirkan atau mempersoalkan terkait adanya pengurangan besaran gaji. Salah satunya adalah pemain asing yang tergabung di Persik Kediri, Ante Bakmaz. Ia mengaku tidak memikirkan soal gaji, bahkan kapan kickoff liga 1 dimulai, diapun masih belum tahu.

PSSI juga saat ini masih mendiskusikan terkait kontrak klub dengan pihak sponsor. Hal ini juga harus dilakukan pengaturan, karena pihak sponsor tentu mengalami kerugian dalam hal ini. Produk-produk mereka juga tidak terpromosi karena terhentinya laga. Termasuk dalam hal ini kontrak hak siar di beberapa televisi. Iwan bule akan segera mendiskusikan dan menyampaikan hasilnya ke pihak-pihak terkait.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Favorit

Asal Usul Julukan “Lord” Dalam Sepakbola

Media jurnalis di Italia dikenal cukup kejam, mereka tidak segan-segan menggambarkan penampilan terburuk para pesepakbola bahkan hingga mewawancarai nya, yang paling nyata...

Daftar Pemain Ini Bakal Balik ke Premier League Akhir Musim 2019-2020

Premier League musim ini sedang ditangguhkan hingga 4 April 2020 mendatang akibat dari serangan virus corona yang sudah dinyatakan sebagai pandemi global....

Thiago Sudah Ngebet, Tapi Liverpool Tak Kunjung Wujudkan Transfer

Saat ini telah banyak dikabarkan abhwa Thiago Alcantra telah sangat tertarik untuk bergabung dengan Liverpool pada musim depan. Akan tetapi sayangnya hingga...

Inter Lepas Lukaku ke Chelsea dengan Nilai Fantastis

Inter akhirnya resmi melepas Lukaku untuk Chelsea dengan nilai transfer yang fantastis. Mengapa Chelsea kembali menginginkan Lukaku yang sudah dilepas sejak 2017?...