29 C
Indonesia
Tuesday, December 1, 2020
Home Berita Liga Indonesia Format Home Turnamen Diusulkan Oleh PSIS Untuk Ganti Liga 1 2020

Format Home Turnamen Diusulkan Oleh PSIS Untuk Ganti Liga 1 2020

Melihat keadaan Indonesia yang tidak kunjung membaik dari serangan pandemi virus corona menyebabkan banyak kekhawatiran dan kebingungan atas nasib Liga 1 musim ini. Karenanya Manajemen PSIS Semarang memberikan usulan untuk menghentikan gelaran Liga 1 dan menggantinya dengan kompetisi yang mengusung format home turnamen.

Mengenai usul yang kami singgung ditas ternyata telah disampaikan secara langsung oleh Wahyoe Liluk Winarto selaku General Manager PSIS Semarang, dalam kesempatan rapat virrtual yang diadakan oleh PSSI. Usulan untuk menghentikan kompetisi yang disampaikan oleh Wahyoe tersebut adalah karena beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam situasi seperti saat ini.

General Manager PSIS Semarang menegaskan bahwa salah satu faktor yang harus benar-benar dipertimbangkan jika ingin melanjutkan kompetisi adalah kesehatan para pemain. Menurutnya tidak ada jaminan bahwa nantinya para pemain tidak akan terkena corona ditengah liga berjalan kembali, karena itu menghentikan kompetisi dilihat sebagai opsi yang paling bijak.

“PSIS menyarankan untuk menghentikan Liga 1 2020. Hal itu karena ada banyak faktor yang mendasari. Yang pertama adalah karena kesehatan pemain, siapa yang dapat menjamin kesehatan para pemain dan juga pelatih. Jika nantinya kompetisi dipaksakan untuk kembali berjalan, lalu kemudian punggawa klub ternyata ditengah jalan ada yang terkena virus corona, jelas itu akan menjadi PR lagi, dan itu akan menjadi masalah ditengah jalan,” papar petinggi PSIS Semarang tersebut.

Ada berbagai ha yang memang harus dipertimbangkan jika memang ingin kembali melanjutkan kompetisi, yang mana beberapa diantaranya adalah : kesehatan dari seluruh punggawa klub, sarana transportasi, dan juga keadaan kota yang berbeda-beda. Karena mempertimbangkan hal tersebut pihak PSIS melalui Wahyoe Liluk  mengusulkan untuk mengganti Sophee Liga 1 dengan home tournamen saja.

“Sebagaimana yang kita ketahui bahwa saat ini kasus corona bahkan telah mencapai lebih dari 20.000 kasus. Lantas siapa yang bisa memberikan jaminan bahwa angka tersebut akan bisa segera turun dalam waktu cepat?” lanjut Liluk.

“Lalu disisi lain kita juga tahu bahwa saat ini penerbangan di indonesia sedang dibatasi, sedangkan Indonesia ini kan besar, klub-klub sepakbola ada mulai dari Aceh hingga Jayapura. Lantas ketika nanti klub kesulitan mendapatkan penerbangan bagaimana?”

Untuk tetap menjaga adanya kompetisi, dan juga mengganti kompetisi Liga 1 musim in, maka pihak manajemen PSIS mengusulkan untuk diadakannya kompetisi yang menggunakan format home tournamen. Tetap mengadakan kompetisi sepakbola dinilai sangat penting guna menjaga perekonomian klub, karena kita tahu jika tidak ada kompetisi maka secara otomatis klub juga tidak akan mendapatkan pemasukan.

“PSIS mengusulkan untuk Liga 1 2020 dihentikan, namun untuk tetap menjalankan roda perekonomian klub maka kami mengusulkan adannya kompetisi yang menggunakan format home tournamen. Jika roda perekonomian klub berjalan maka ini juga akan mensejahterakan pemain, klub, pelatih, maupun stakeholder sepakbola lainnya, kita tahu bahwa ada banyak pihak yang menggantungkan hidupnnya pada sepakbola”

Meski memberikan usulan degan matang, namun manajemen PSIS Semarang tetap menyerahkan segala keputusannya pada PSSI. Namun dengan catatan mereka meminta untuk mengambil keputusan dengan mempersiapkan rencana penyelesaian masalah yang mungkin akan terjadi.

“Ini hanya merupakan pendapat kami yang telah memerhatikan banyak faktor, namun untuk keputusan kami tetap kembali menyerahkannya pada pihak PSSI. Jika memang nantinya kompetisi kembali lanjut, maka kami berharap PSIS memiliki formula yang nantinya memang dapat mengatasi masalah-masalah yang mungkin akan terjadi di tengah jalan” tegas Liluk dalam diskusi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Berikut 5 Pertengkaran para pesepak bola, Zlatan Ibrahimovic vs Oguchi Onyewu, Kok Bisa

Dalam permainan sepak bola kerjasama team adalah kunci utama dalam meraih kemenangan sebuah team. Kehebatan bukanlah segalanya, jika dalam permainan sepak bola...

Real Madrid Puncaki klasemen Usai Taklukan Laga El Clasico

Berita bola hari ini diramaikan dengan kemanangan mengagumkan Real madrid atas musuh bebuyutan mereka Barcelona. Dalam laga El Clasico kemarin Real Madrid...

Timo Warner Ditaksir Liverpool, Namun Juga Sebut-Sebut Man City dan MU

Berita bola Liverpool yang akhir-akhir ini sering terdengar adalah tentang Timo Warner. Kabarnya akhir-akhir ini Liverpool sedang ingin mendatangkan seorang pemain bernama...

Setelah Kontrovesional , Koeman Tidak Ragukan Komitmen Messi

Ronald Koeman pelatih dari Barcelona, akan menyakini Lionel Messi tidak akan membiarkan kemarahannya akibat kepergian dari Luis Suarez dapat mempengaruhi penampilannya pada...