29 C
Indonesia
Sunday, April 18, 2021
Home Berita Liga Italia FIFA Ajukan Izin Agar Italia Perbolehkan Suporter Kembali ke Stadion

FIFA Ajukan Izin Agar Italia Perbolehkan Suporter Kembali ke Stadion

Giannu Infantino delaku Presiden FIFA, baru-baru ini melakukan pertemuan dengan Guiseppe Conte, yang merupakan Perdana Mentri Italia. Dalam pertemuan tersebut Infintiano meminta izin pada pihak pemerintahan Italia untuk memberikan izinnya pada suporter yang ingin kembali ke stadion.

Sebagaimana diketahui bahwa Itali merupakan salah satu negara di Eropa yang memiliki jumlah kasus virus corona paling tinggi di dunia. Bahkan pada Maret lalu mereka menempati posisi pertama sebagai negara paling terdampak Covid 19, mengalahkan China, negara tempat virus ini pertama kali muncul. Hingga saat ini Italia memiliki kasus virus corona yang berjumlah 282 ribu, dengan 211 ribu orang telah berhasil sembuh, dan 35.577 orang meninggal dunia.

Covid 19 di Italia memberikan dampak yang amat besar dalam berbagai sektor, yang salah satunya adalah sepakbola. Sebagaimana kebanyakan negara yang pada akhirnya menyelenggarakan pertandingan tanpa penonton, Italia juga melakukan hal yang sama sejak pertandingan kembali dibolehkan digelar pada Juni lalu.

Saat ini sebenarnya bisa dikatakan bahwa Italia memang memiliki situasi yang sudah jauh lebih baik ketimbang beberapa bulan kebelakang. Melihat keadaan ini, Infantino mendesak pihak pemerintah Italia untuk memberikan izin pada kompetisi sepakbola, untuk kembali membukan stadion. Berdasarkan laporan dari AP, diketahui bahwa permintaan dari Presiden FIFA tersebut ia sampaikan langsung dalam pertemuan yang dilakukan dengan Conte, yang didampingi oleh Presiden Sepakbola Italia, Gabriel Gravina. Pertemuan tersebut dilakukan pada Rabu, 9 September 2020.

Meskipun Italia terlihat sudah jauh lebih baik ketimbang bulan-bulan sebelumnya, pada kenyataanya, menurut data yang ada, di beberapa pekan terakhir orang yang terpapar virus corona bisa mencapai 1.000 orang per hari.

“Ini merupakan perjalanan pertama saya ke luar negeri, setalah masa Covid. Dan menurut saya tepat untuk memulainya dari Italia, yang sangat menderita. Saya juga sangat menderita sebagai seorang emigran” tutur Infantino, yang ternyata adalah seorang Swiss-Italia.

Sejak awal masa pandemi Covid 19 menyerang sektor sepakbola, FIFA telah ikut turun tangan memberikan berbagai bantuan untuk pada federasi-federasi sepakbola yang ada di dunia. Dan sampai saat ini menurut pengakuan dari Presiden FIFA, belum ada lagi rencana untuk mengucurkan dana bantuan kedua.

“Hingga sejauh ini kami masih akan hanya berhenti ditahap itu, namun jika kedepan memang banyak yang dibutuhkan, mungkin kami akan mempertimbangkan. Harus diketahui bahwa meskipun Swiss merupakan negara bank, namun kami tentu tidak memiliki mesin untuk mencetak uang” tegasnya.

Sedangkan disisi lain, dari pemerintahan Italia, mereka memang dengan terang-terangan menentang wacana untuk kembali membuka kembali stadion. Pada pekan lalu Conte menyatakan hal tersebut dengan begitu tegas, karena ia melihat adanya risiko besar yang mungkin tidak bisa dihindari.

“Sejauh dari apa yang saya tahu, pergi ke stadion itu sama artinya dengan tidak dapat menghindari adanya kerumunan. Tidak hanya berkerumun di tribun, namun juga ketika proses keluar masuk. Dan menurut saya tentu ini bukan sesuatu yang tepat” tegas Conte pada wawancaranya di hari Sabtu pekan lalu.

Kembali membuka stadion saat keadaan belum stabil, sebenarnya memang bukan satu ide yang begitu baik, karena risiko yang ditimbulkan memang cukup besar. Jadi jika ide dari FIFA tidak disetujui oleh pemerintah Italia, maka fans sepakbola Serie A di Italia harus kembali bersabar, menanti keadaan membaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Willian Tidak Ambil Pusing Soal Kontraknya Di Chelsea, Tottenham Dan Arsenal Siap Menampung

Saat ini Winger andalan Chelsea, Willian kontraknya akan habis musim ini. Ia mengsaya masih mau bermain di Liga Inggris, hingga Arsenal dan...

Mantan Presiden Bayern Munchen Sindir Dortmund Sebagai Supermarket Pemain

Uli Hoeness yang merupakan mantan bos Bayern Munich baru-baru ini membuat pernyataan yang menyindir Dortmund sebagai super market atau pasar pemain, pasalnya...

5 Nama Bintang Liverpool Masuk Dalam Daftar, 11 Pemain Termahal di Liga Inggris #Part1

Liga Inggris musim 2018/ 19 sudah berakhir. Manchester City keluar bagaikan juara. Regu asuhan Pep Guardiola itu sukses mempertahankan gelar. Bagaikan juara...

Chelsea Serius Ingin Memutus Kontrak Dengan N’Golo Kante, Inilah Penyebabnya!

Sepertinya kebersamaan N’Golo Kante dengan Chelsea tidak akan berlangsung lama lagi. Dikabarkan The Blues sudah siap menjual pemain yang kini berusia 29...