29 C
Indonesia
Thursday, February 25, 2021
Home Berita Liga Inggris FA Ijinkan Para Pemain Tunjukan Solidaritas Untuk George Floyd

FA Ijinkan Para Pemain Tunjukan Solidaritas Untuk George Floyd

FA menegaskan bahwa pihaknya mendukung secara penuh aksi para pemain yang ingin menunjukkan rasa solidaritasnya untuk George Floyd, hal tersebut dikarenakan FA juga mengutuk keras segala macam tindakan rasisme dan diskriminasi.

Akhir-akhir ini dunia tengah dihebohkan dengan isu diskriminasi yang melibatkan seorang pria bernama Floyd. Yang mana beberapa waktu lalu pria tersebut harus meregang nyawanya usai mendapatkan tindakan kekerasan dari oknum polisi kulit putih bernama Derek Chauvin. Dalam kejadian tersebut Floyd yang merupakan pria asal Amerika tersebut lehernya ditekan oleh polisi dipinggir jalan.

Aksi diskriminasi yang dilakukan oleh polisi tersebut direkam oleh seseorang dan kemudian menjadi viral di internet. Seluruh warga dunia kemudian langsung beramai-ramai melakukan aksi pembelaan terhadap Floyd dan juga mengecam dengan keras tindakan yang dilakukan oleh polisi berkulit tersebut. Di  Amerika bahkan terjadi demo besar-besaran dari berbagai pihak yang menyuarakan aksi solidaritas dan anti deskriminasi.

Berbagai kanagan ikut bergandeng tangan memberikan dukungan bagi Floyd, bukan hanya dari kalangan artis, para atlet juga dari dunia sepakbola juga turun menunjukkan rasa kepedulian. Para pemain BundesLiga adalah salah satu yang menunjukkan dukungan mereka, yang mana beberapa diantaranya adalah Jadon Shanco, Marcus Thuram, dan Weston Mckennie.

Sayangnya aksi yang  dilakukan oleh ke 3 pemain Bundes Liga tersebut justru mendapatkan tentangan keras dari pihak DFB atau badan Asosiasi Sepakbola Jerman. Merespon apa yang telah dilakukan oleh 3 pemain tersebut DFB justru menjadikan 3 pemain itu sebagai seseorang yang harus diselidiki, karena menuduh ketiganya telah melakukan pelanggaran aturan, yang mana ketiganya dianggap menunjukkan slogan politik ketika berlaga.

Terang saja aksi yang dilakukan oleh DFB tersebut langsung ramai-ramai mendapatkan kecaman dari berbagai pihak, pasalnya banyak yang menganggap bahwa Asosiasi Sepakbola Jerman tidak mendukung kegiatan yang bertujuan menolak aksi rasialisme. Bahkan aksi yang dilakukan oleh DFB juga mendapatkan sorotan dari FIFA, FIFA langsung mengeluarkan sebuah himbauan untuk seluruh operator liga agar kedepan dapat lebih cermat dalam menghukum para pemain yang memang ingin menunjukkan dukungan pada Floyd.

Pihak FA kemudian memberikan respon atas himbauan yang telah diturunkan oleh FIFA. Pihak FA berjanji tidak akan serta merta memberikan hukuman untuk para pemain yang memang ingin menyuarakan rasa solidaritas mereka terhadap kematian Floyd di lapangan. Meskipun FA tahu hal tersebut sebenarnya memang melanggar aturan pertandingan yang ada.

“FA sangat mengutuk segala bentuk diskriminasi, dan kami juga telah selalu berusaha memastikan bahwa sepakbola di Inggris adalah sepakbola yang selalu menjunjung keberagaman di beberapa tahun terakhir ini” tutur petinggi FA seperti yang ditulis oleh Sportkeeda.

“Sikap ataupun segala gestur yang ditunjukan di lapangan yang mungkin merupakan suatu pelanggaran aturan pertandingan kedepan harus dinilai dengan lebih cermat. Penyelidikan juga akan dilakukan dalam setiap kasus, dan tentunya dalam penyelidikan kami akan mengedepankan nalar, serta kontes keseluruhan dari aksi yang telah dilakukan tersebut” lanjutnya.

“Sepakbola memiliki kekuatan untuk dapat menghancurkan sekat penghalang yang ada. Kami masih tetap mempertahankan komitmen untuk menghapus segala macam bentuk rasisme dari pertandingan yang sangat kami cintai ini” tegasnya.

Hingga sejauh ini memang telah banyak pemain Liga Inggris yang secara terang-terangan menyuarakan aksi solidaritas mereka untuk Floyd. Biak dari pemain Manchester United, Liverpool, Chelsea dan lain sebagainya. Kebanyakan dari mereka menyuarakan dukungan lewat postingan di instagram pribadi mereka masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Lee Richardson Jadi Psikolog Liverpool Untuk Tenangkan Mental Pemain

The Reds mengundang seorang psikolog olahraga untuk menenangkan mental Virgil Van Dijk dan kawan kawan dikala situasi dan kondisi pandemic akibat virus...

Mauricio Pochettino Ingin Bawa Messi ke Timnya Dulu

Baru-baru ini Mauricio Pochettino menyatakan jika dirinya berkeinginan untuk memboyong sang megabintang sepak bola dunia, Lionel Messi, ke timnya yang dulu.

Bakal Cuci Gudang, Real Madrid Siapkan Dana Fantastis Untuk Mendatangkan Incarannya Pada Bursa Trasfer Mendatang

Di kabarkan akan mencuci gudang pada musim panas nanti, Pemain yang bisa hengkang di antaranya James Rodriguez, Gareth Bale, Lucas Vazquez, serta...

Meski Telah Kelelahan Bayern Munchen Tak Ingin Kendor Demi Trable

Setelah jeda penangguhan Liga Jerman selama 3 bulan, kini Bayern Munchen diharuskan melalui banyak pertandingan dalam waktu yang terbilang padat. Akibatnya kini...