29 C
Indonesia
Wednesday, December 2, 2020
Home Berita Liga Spanyol Ernesto Valverde : Sepakbola Tanpa Penonton Adalah Hal Buruk

Ernesto Valverde : Sepakbola Tanpa Penonton Adalah Hal Buruk

Berkaitan dengan new normal sepakbola yang salah satunya adalah melakukan pertandingan tanpa penonton, Valverde memberikan komentarnya. Menurut mantan pelatih Barcelona tersebut, itu adalah sesuatu yang bisa dibilang buruk, terlebih jika berlangsung hingga ratusan pertandingan.

Sejak bulan Maret lalu sebagian besar sepakbola di Eropa memang ditangguhkan, baik liga domestik maupun kompetisi tingkat Eropa, seluruhnya dihentikan sementara akibat pandemi Covid 19. Namun belakangan beberapa liga telah memutuskan untuk kembali melanjutkan kompetisi.

Bundes Liga menjadi liga pertama di Eropa yang kembali menjalankan kompetisi. Namun tentu saja ada catatan penting yang harus diikuti oleh pihak Bundes Liga agar kompetisi tersebut dapat dituntaskan.

Syarat utamanya adalah mengikuti seluruh protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pihak pemerintah dan pihak petugas medis Jerman. Mengadakan pertandingan tanpa penonton merupakan satu syarat penting yang mau tidak mau harus diikuti oleh Liga Jerman untuk kembali menggulirkan kompetisi.

Menyusul Liga Jerman yang telah kembali melakukan kompetisi pada minggu lalu, Liga Spanyol juga akan kembali melanjutkan kompetisi pada tanggal 8 Juni mendatang. LaLiga akan kembali dimulai setelah mendapatkan persetujuan dari berbagai pihak, dan lagi saat itu Spanyol akan ada dalam keadaaan melakukan pengenduran pengetatan negara, menyusul keadaan Spanyol yang kian membaik.

Sebagaimana Bundes Liga, persyaratan ketat juga diterapan untuk LaLiga ditengah masa pandemi Covid 19 yang belum berakhir seperti saat ini. Salah satu protokol kesehatan ketat yang mau tidak mau harus diikuti oleh LaLiga adalah melakukan pertandingan dengan tidak mendatangkan suporter.

Berkaitan dengan syarat yang mengharuskan seluruh laga tidak boleh didatangi penonton, Valverde memberikan pendapatnya. Menurut pelatih yang berhasil membuat Barcelona menjadi juara bertahan LaLiga tersebut, pertandingan sepakbola tanpa kehadiran suporter di stadion adalah situasi yang cukup buruk dan terasa aneh.

“melakukan hal tersebut untuk beberapa laga mungkin masih baik-baik saja. Namun saya tidak tahu bagaimana jadinya jika melakukan menjalankan 100 pertandingan tanpa kehadiran suporter. Yang pertama, dan paling pasti adalah, hal itu akan terasa rumit” begitulah pendapat Valverde yang disiarkan oleh Radio Marca.

Secara pribadi sebenarnya Valverde telah memiliki pengalaman melakukan pertandingan tanpa penonton. Dan dari pengalaman tersebut Valverde bisa tahu bahwa, melakukan pertandingan tanpa penonton akan membawa hasil yang buruk.

“Itu merupakan suatu hal yang buruk, dan kami tidak bisa bermain dalam keadaan demikian. Akan tetapi mungkin saat ini, orang-orang justru dalam keadaan sedikit bersemangat” lanjutnya.

Soccer Football – Serie A – Juventus v Inter Milan – Allianz Stadium, Turin, Italy – March 8, 2020 General view of empty seats inside the stadium before the match is played behind closed doors REUTERS/Massimo Pinca

“Saat ini merupakan satu masa yang terbilang sulit, kita memiliki kekhawatiran atas orang-orang terdekat kita. Kita mengalami satu hal yang sebelumnya sama sekali belum pernah terjadi, dan ini mungkin membuat kami memandang orang-orang harus melakukan pekerjaan yang lebih penting untuk saat ini”

“Namun demikian, tentu saja itu tidak akan menghentikan sepakbola untuk dapat menjadi suatu tontonan yang dapat dinikmati”

Beberapa pihak memang berpendapat bahwa dalam keadaan seperti saat ini, baiknya sepakbola digulirkan kembali. Karena dengan itu setidaknya masyarakat akan mendapatkan hiburan dan melupakan sejenak berita-berita ataupun situasi yang hingga kini masih cukup mengkhawatirkan.

Namun tentu saja kompetisi harus dilaksanakan kembali dengan berbekal pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan juga tenaga medis, agar semua hal yang dikhawatirkan, seperti adanya penularan virus corona di lapangan, maupun di ruang ganti, tidak akan terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Ronaldo Tampil Gahar Juventus Taklukan Lecce 4-0

Dalam laga lanjutan Serie A, Juventus tampil begitu apik. Di pertandingan tersebut berkat satu gol dan dua assist yang dibuat oleh Ronaldo,...

Nasib Para Pemain Asing Borneo FC Pasca Potong Gaji

Akibat wabah virus covid 19, PSSI resmi memberhentikan untuk semetara Liga 1 2020 hingga akhir Mei mendatang. Situasi ini pastinya membuat semua...

Organisasi E-Sport Asal Denmark Alami Kerugian $5 Juta

Di bulan November lalu di antara organisasi Esports asal Denmak, Astralis Group siap untuk mengerjakan IPO, dan semestinya sudah kita ketahui bahwa...

Liverpool Taklukkan Sheffield United 2-1, Juergen Klopp Masih Merasa Dirugikan

Meski telah berhasil menaklukkan Seffield United 2-1 di perhelatan yang digelar di Anfield Stadion Minggu (25/10/2020) dini hari WIB, pelatih Liverpool Juergen...