29 C
Indonesia
Monday, November 30, 2020
Home Berita Liga Indonesia Dua Striker Tertajam Di Liga Indonesia Siapa yang Lebih Tajam? Gonzales Atau...

Dua Striker Tertajam Di Liga Indonesia Siapa yang Lebih Tajam? Gonzales Atau Boaz Solossa

Sudah tidak diragukan lagi Gelontoran gol demi gol Cristian Gonzales memberi warna generasi 2000- an yang akrab disapa dengan Liga Bank Mandiri( LBM). Untuk penikmat Djarum Indonesia Super League (ISL), nama Boaz Solossa lebih sering di terdengar di kuping. El Loco, panggilan Gonzales, lebih dahulu eksis di Liga Indonesia. Penyerang kelahiran Uruguay itu bergabung dengan PSM Makassar pada 2003 serta langsung mencetak 27 gol pada tahun pertamanya di Tanah Air.


Sepanjang 17 tahun kariernya di Liga Indonesia hingga saat ini, El Loco 4 kali dilabeli sebagai pemain tersubur diliga pada 2005, 2006, 2007- 2008, serta 2008- 2009 bersanding dengan Boaz Solossa. El Loco total mengemas 249 gol dari 8 klub yang sempat diperkuatnya di Liga Indonesia yaitu PSM, Persik Kediri, Persib Bandung, Putra Samarinda, Arema FC, Madura United, PSS Sleman, serta PSIM Yogyakarta.

Dari sjumlah 249 gol tersebut, namanya kerap tercatat di papan skor saat memperkuat Persik Kediri pada periode 2005- 2008. Sayang, perolehan gol striker berumur 43 tahun ini harus disudahi pada tahun ini. Sampai kompetisi ditangguhkan, pemain naturalisasi itu tidak kunjung mendapatkan pelabuhan baru setelah meninggalkan PSIM musim lalu.

” Saya masih memiliki semangat seperti anak muda, serta motivasi inilah yang membuat saya merasa fit setiap hari,” ucap El Loco saat ditanya mengenai hasratnya untuk terus bermain sepak bola pada Oktober 2015.

Cristian Gonzales lahir di Montevideo, Uruguay, pada 30 Agustus 1976. Pemain yang akrab disapa El Loco itu tiba ke Indonesia sehabis diboyong PSM Makassar dari Deportivo Maldonando pada 2003. Saat itu, Gonzales yang berumur 27 tahun langsung tampil apik. Gonzales mampu tampil tajam dengan sumbangan 27 gol terpaut 4 gol dari rekan setimnya, Oscar Aravena. El Loco juga sempat lama membela Timnas Indonesia setelah mengubah kewarganegaraannya dari Uruguay. Rentang 2010- 2015, pemain berkaki kidal ini membukukan 31 penampilan serta mencetak 12 gol.

2 tahun setelah El Loco eksis, Boaz Solossa baru mengawali kariernya bersama Persipura Jayapura di Liga Indonesia. Tetapi, setahunkemudian, pemain yang karib terpanggil Bochi ini sukses mencuri perhatian dengan jadi andalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2004 kala umurnya masih 18 tahun.

” Satu di antaranya kelebihan Boaz adalah mempunyai keahlian memamnfaatkan kesempatan sekecil apapun saat berada di depan gawang, tidak hanya kecepatan berlari,” kata Rahmad Darmawan, pelatih yang menukangi Bochi di Persipura pada masa 2005. Selama kariernya, Persipura adalah satu satunya klub yang dibela Bochi di Liga Indonesia. Selama kurang lebih 15 tahun, penyerang berkaki kidal ini mencatatkan 176 gol. Boaz juga 3 kali terpilih sebagai top scorer Liga Indonesia pada 2008- 2009, 2010- 2011, serta 2013.

Karier Bochi di Timnas Indonesia mengalami pasang surut. Striker kelahiran Sorong, Papua ini sempat beberapa kali dihanta cidera. Hal itu kenapa ia tidak produktif di Timnas Indonesia. Tetapi, bila dibandingkan dengan Gonzales, pundi- pundi gol Bochi lebih banyak. Menurut catatan, pemain yang sempat dipinjamkan Persipura ke klub Timor Leste, Carsae FC, ini mengumpulkan 14 gol dari 55 caps bersama Timnas Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Eksistensi Klub Papua Di Kasta Tertinggi Sepak Bola Indonesia Merosot, Hanya Tersisa Persipura Jayapura

Sepak bola di tanah Papua kini memasuki periode yang suram. Bagaimana tidak, klub-klub asal Papua satu persatu menghilang di radar kasta tertinggi...

Inilah 5 Striker Berkualitas yang Pernah Membela Maung Bandung

Persib Bandung, atau tim yang memiliki julukan Maung Bandung itu adalah tim sepakbola asal kota Bandung yang sudah berkiprah sejak era perserikatan....

Gemilang! Ini Daftar Pemain Muda Terbaik Di Eropa

Sepakbola d berbagai macam belahan dunia ini memang sedang ditunda. Terutama di wilayah Eropa dimana terdapat banyak sekali klub besar dengan pemain...

Ingin Bertahan dengan Juventus, Musim Depan Higuain Tak Jadi ke Argentina

Masa depan yang dimiliki oleh Gonzalo Hiaguain bersama Juventus saat ini masih samar-samar. Akan tetapi sang ayah menegaskan jika striker berusia 32...