29 C
Indonesia
Wednesday, July 8, 2020
Home Berita Internasional Diantara Ronaldo dan Messi, Ini Dia yang Dipilih Pele

Diantara Ronaldo dan Messi, Ini Dia yang Dipilih Pele

Gelar pesepak bola terbaik dunia saat ini masih menimbulkan perdebatan antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Usia keduanya memang sudah tidak muda lagi, mereka bahkan sudah berada di penghujung karier. Namun meski begitu, performa keduanya masih jauh di atas rata-rata.

Cristiano Ronaldo dengan kedisiplinannya mampu tetap tampil menggila di usianya yang sudah 35 tahun sedangkan Messi dengan segala bakatnya mampu menjadi penyihir di lapangan hijau. Dilihat dari prestasi yang dimiliki keduanya, keduanya memiliki sejumlah prestasi yang sangat mentereng ditambah dengan catatan rekor yang bahkan sudah melampaui legenda sebelum mereka.

Seiring berjalannya waktu, perdebatan muncul untuk menentukan siapa yang terbaik diantara keduanya. Tak hanya orang awam, namun para mantan pesepak bola legendaris juga turut memberikan pendapatnya. Salah satu pesepak bola legendaris yang memberikan pandangannya adalah legenda Timnas Brasil, Pele. Ketika Pele diberikan pilihan antara harus memilih pesepak bola terbaik antara Messi atau Ronaldo, ternyata dia memilih seorang Cristiano Ronaldo yang kini menjadi megabintang Juventus. Menurut Pele, hari ini Ronaldo adalah yang pesepak bola yang terbaik karena dianggap lebih konsisten dari segi performa dibandingkan dengan Messi.

“Hari ini pemain terbaik di dunia adalah Cristiano Ronaldo. Saya pikir dia yang terbaik, karena dia lebih konsisten, tetapi Anda tidak bisa melupakan Lionel Messi, tentu saja, tetapi dia bukan striker.” tutur Pele.

Memang benar Ronaldo yang sudah menginjak usia 35 tahun ini terlihat lebih konsisten dengan menawarkan performa juara. Ronaldo juga dianggap sebagai pesepak bola sukses di tiga liga besar yakni Liga Inggris, Liga Spanyol, dan Liga Italia.

Dalam 856 pertandingan untuk klub dan negera, Messi memiliki 697 gol dan 289 assist. Itu membuatnya memiliki rataan 1,15 gol atau assit per laga. Sementara Cristiano Ronaldo memiliki 725 gol dan 220 assist dalam 1000 pertandingan. Itu berarti, rata-rata Ronaldo 0,45 gol atau assist per laga.

Ada beberapa aspek yang menjadikan Ronaldo bisa menjadi lebih baik dan unggul dari Lionel Messi, diantaranya adalah sebagai berikut.

Kemampuan bola atas
Postur tubuh yang hanya 170 cm membuat Lionel Messi kerap kesulitan dalam bola-bola udara karena postur tubuh yang dimiliki Messi hanya 170 cm, dan hal ini memang menjadi kelemahan terbesar Messi. Sementara, Cristiano Ronaldo dengan postur tubuh tinggi menjulang membuatnya sangat piawai dalam duel bola-bola udara.

Salah satu bukti nyata adalah gol sundulan fantastis ke gawang Manchester United di leg pertama Liga Champions 2012-2013 di mana Ronaldo melakukan lompatan tinggi spektakuler layaknya seorang pemain basket profesional di NBA.

Kemampuan tendangan bebas dan tendangan jarak jauh
Salah satu yang menjadi senjata andalan Ronaldo adalah kemampuan tendangan bebas dan tendangan jarak jauhnya. Sejak dirinya berada di Manchester United, Ronaldo memang kerap mencetak gol lewat tendangan dari luar kotak penalti.

Belakangan ini Messi juga memang sering mencetak gol lewat free kick atau tendangan bebas dan tendangan luar kotak penalti. Namun, untuk level intensitas dan keahlian, Ronaldo memang lebih unggul dari Messi dalam hal yang satu ini.

Keseimbangan tubuh
Lionel Messi yang memang dikenal bertubuh mungil ini membuatnya kalah dalam urusan keseimbangan tubuh jika dibandingkan Cristiano Ronaldo. Dengan postur tubuh yang tinggi nan gagah, Ronaldo sering unggul dalam masalah keseimbangan tubuh dengan pemain-pemain bertahan lawan.

Kekuatan dari kedua kaki
Cristiano Ronaldo memang bisa dibilang sebagai pemain yang memiliki paket komplit. Buktinya ia bisa mencetak gol lewat kedua kakinya yang sama kuatnya. Baik kaki kanan maupun kaki kiri Ronaldo, tendangan dari kedua kakinya sama-sama mematikan. Sementara Messi kerap hanya mengandalkan kaki terkuatnya, yaitu kaki kiri. Ia kerap kesulitan jika mengharuskan menendang dengan kaki kanan yang merupakan kelemahannya.

Berhasil sukses di dua liga
Ronaldo telah sukses dalam dua liga yaitu Liga Inggris bersama Manchester United dan Liga Spanyol bersama Real Madrid. Ronaldo juga berhasil meraih gelar top skorer dan Golden Boot Eropa di kedua liga tersebut. Itu berarti adaptasi Ronaldo sudah teruji di mana ia bisa menaklukan dua liga yang disebut sebagai liga terbaik di Eropa.

Sementara Messi sejak junior hingga sekarang hanya bermain bersama Barcelona di Liga Spanyol. Itu berarti kemampuan Messi masih berlum teruji di liga lain seperti Liga Inggris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

WINBIG88

- Advertisment -

Most Popular

Prediksi Bola : Genoa vs Napoli Kamis 7 Juli 2020

Genoa dan Napoli akan bertemu dalam laga lanjutan Serie A pekan ke 34. Pertandingan yang dilaksanakan pada Kamis 9 Juli 2020 tersebut...

Prediksi Bola Brighton vs Liverpool 9 Juli 2020

Sang juara Premier League musim ini, Liverpool akan melakoni laga tandang ke markas peringkat 15, Brighton. Pertandingan tersebut merupakan laga lanjutan pekan...

Prediksi Bola Barcelona vs Espanyol 9 Juli 2020

Barcelona akan melakukan laga kandang dengan menjamu Espanyol dalam laga lanjutan pekan ke 35 Liga Spanyol musim 2019/2020. Pertandingan yang mempertemukan peringkat...

Max Eberl : Mustahil Bagi Tim Lain Untuk Bersaing Dengan Bayern Munich

Bayern Munich adalah satu-satunya tim Jerman yang amat berjaya saat ini. Bahkan melihat berapa digdayanya klub satu ini, seolah semua klub Jerman...

Recent Comments