29 C
Indonesia
Monday, November 30, 2020
Home Berita Internasional Di Tengah Pandemi Corona, Messi dan Ronaldo Diajak Main di Liga Belarusia

Di Tengah Pandemi Corona, Messi dan Ronaldo Diajak Main di Liga Belarusia

Mewabahnya virus Corona atau COVID-19 telah mengurung Eropa dan membuat banyak aktivitas terpaksa terhenti. Namun di salah satu negara Benua Biru itu, tepatnya di Belarusia, seolah tidak ada satu orang pun yang peduli dengan wabah virus Corona, bahkan sepak bola di negara tersebut masih terus bergulir. Mantan pemain Arsenal dan Barcelona, Alexander Hleb mengakui bahwa memang tidak ada yang peduli dengan wabah virus Corona di negara asalnya tersebut.

Ketika nyaris semua kompetisi sepak bola di Benua Biru itu ditangguhkan akibat wabah virus Corona yang kian meluas, sehingga UEFA berpikir keras untuk menyelamatkan musim kompetisi dengan cara menunda seluruh kompetisi yang sedang berlangsung atau akan berlangsung.

Belarusian Premier League, kompetisi domestik di Belarusia justru tetap berjalan seperti biasa tanpa ada rasa takut atau tanpa mendengarkan kebijakan yang diberikan oleh pemerintah dan organisasi sepak bola tertinggi di Eropa. Per 20 Maret 2020, media berita setempat, Belapan melansir ada 69 kasus positif covid-19 di sana.

Liga Primer Belarusia secara resmi dibuka pada 22 Maret 2020. Pertandingan antara Energetyk-BGU vs BATE Borisov yang digelar di Minsk, ibu kota Belarusia, menjadi awal dari delapan laga pekan pertama.

Pertandingan yang dimenangi Energetyk-BGU dengan skor 3-1 itu ditonton oleh 730 orang atau setengah dari kapasitas stadion RCOP-BGU Stadium.

Di saat liga-liga sepak bola dunia di berbagai penjuru dunia, termasuk Liga Eropa, dihentikan sementara karena pandemi virus Corona atau COVID-19, Liga Belarusia justru masih bertanding. Mega bintang, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pun mendapat ajakan untuk bermain di Liga Belarusia tersebut.

Ajakan tersebut dilontarkan oleh mantan pemain Arsenal dan Barcelona yang berkebangsaan Belarusia, Alexander Hleb. Tentu saja, ajakan itu hanya gurauan belaka.

Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, masih berada di kampung halamannya, Medeira, Portugal. Ia pulang kampung untuk menjalani masa karantina di tengah Pandemi virus Corona yang kian memprihatinkan, sekaligus menemani sang ibu yang sedang sakit. Serie A sendiri saat ini memang sedang dihentikan sementara waktu karena wabah virus Corona. Bahkan, Italia menjadi negara kedua terparah setelah China yang terdampak paling parah akibat pandemi virus Corona ini.

Sama halnya dengan Lionel Messi, Messi juga menghabiskan waktu di rumahnya di Barcelona bersama istri dan anak-anaknya. Barcelona sudah memberikan himbauan agar segala aktivitas latihan dihentikan sementara hingga waktu yang belum ditentukan, sedangkan kompetisi La Liga juga dihentikan hingga waktu yang belum dapat ditentukan.

Bukan hanya kompetisi La Liga dan Serie A, kompetisi lain juga ikut dihentikan, seperti Premier League, Liga Champions, Liga Europa, hingga Copa America dan Piala Eropa tahun 2020. Turnamen Copa America 2020 dan Piala Eropa 2020 sudah dapat dipastikan untuk ditunda hingga tahun depan.

Namun, ororitas penyelenggara Liga Belarusia belum merasa perlu menghentikan pertandingan, seperti di negara-negara Eropa lainnya.

“Seluruh dunia saat ini menonton Liga Belarusia. Semua orang seharusnya melihat televisi dan menonton kami. Saat NHL menutup musimnya, ada banyak pemain hoki es yang pergi ke Rusia untuk bermain,” kata Hleb seperti dilansir oleh The Sun.

Lebih lanjut, Hleb mengatakan agar Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sebaiknya datang ke Liga Belarusia untuk bermain. Karena Inilah satu-satunya tempat untuk Messi dan Ronaldo bisa bermain di Eropa. Paling tidak membuat orang-orang Belarusia merasa senang dengan kehadiran Messi dan Ronaldo.

Kekhawatiran akibat pandemi virus Corona
Hleb tak menutupi kekhawatirannya terhadap pandemi virus Corona yang memang bisa berdampak buruk di Belarusia. Hingga awal pekan ini sudah ada sekitar 81 orang yang positif terinfeksi virus Corona atau COVID-19.

Hleb menjelaskan bahwa semua tim Belarusia tetap berlatih seperti biasanya, guna mempersiapkan diri menghadapi musim baru. “Tak ada yang mau tahu tentang virus Corona, saya peduli terhadap kesehatan saya dan juga keluarga. Saya berusaha menghindari kontak dengan orang lain. Saya tidak akan bermain di Isloch atau klub Hleb sekarang,” jelas Hleb.

Belarusia memang belum memasuki fase kewaspadaan dan kekhawatiran seperti negara-negara Eropa lainnya. Ancaman wabah virus Corona ini memang tak lepas dari sikap Presiden Belarus Alexander Lukashenko. Ia Berkuasa sejak tahun 1994, menurut media The Sun, presiden ini kerap dijuluki sebagai pemimpin yang diktator di Eropa.

Berbeda dengan presiden dari negara lain, justru presiden Belarusia memilih menyarankan masyarakat agar tetap beraktivitas seperti biasanya di tengah ancaman virus Corona. “Orang-orang bekerja di traktor, tidak ada yang berbicara tentang virus. Di desa-desa, traktor akan menyembuhkan semua orang. Ladang menyembuhkan semua orang,” ucap Alexander Lukashenko.

Hleb juga tidak sepakat dengan sikap negaranya yang terkesan meremehkan pandemi virus Corona ini. Pemain yang pensiun di Isloch Minsk tahun lalu berkata, “Semua orang melihat apa yang terjadi di Italia dan Spanyol, dan itu tidak terlihat bagus.”

Melihat kondisi di negaranya, ia bahkan seperti menghibur diri dengan anekdot. “Seluruh dunia sekarang menonton Liga Belarusia. Semua orang harus menyetel televisi mereka dan menonton kami,” kata dia.

Para pemain bintang Barcelona seperti Messi yang bermain di La Liga Spanyol dan pemain bintang Ronaldo yang memperkuat Juventus di Liga Italia. Bahkan dua kompetisi elite di Eropa tersebut harus terpaksa ditunda karena COVID-19.

Hleb mengaku prihatin melihat semua pemain berlatih dan bekerja keras menjalani kompetisi tanpa mempedulikan betapa bahayanya virus Corona. “Sulit untuk menjelaskan negara saya. Padahal semua liga diberhentikan, tetapi kami justru tidak menganggap ada masalah,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Berikut 8 Manager Termuda di Dunia Sepakbola, hingga saat ini

Eddie Howe ditatap bagaikan manajer muda berbakat di Inggris. Dia sudah bawa Bournemouth ke pentas Premier League pada umur 39 tahun. Batasan...

Berbagai Klub Memotong Gaji Pemainnya Dampak Covid-19

Akibat pandemic SARS COv-19 yang mengakibatkan setiap kompetisi di belahan Negara eropa di hentikan, ini mengakibatkan banyak krisis keuangan yang melanda berbagai...

Stadion Mattalatta, Markas PSM Makassar Terbengkalai dan Jadi Kebun Sayur

Markas PSM Makassar, Stadion Andi Mattalatta saat ini sedang sangat sepi aktivitas. Hal tersebut dikarenakan Shoppe Liga 1 memang tengah ditangguhkan akibat...

Hot News : Barcelona Resmi Pecat Satien Dari Kursi Pelatih

Setelah menunggu kabar dalam tidak pastian beberapa waktu, kini akhirnya Barcelona secara resmi memastikan bahwa Quidue Setien resmi dipecat dari jabatannya sebagai...