29 C
Indonesia
Sunday, February 28, 2021
Home Berita Liga Indonesia Di tengah Merebaknya COVID-19, Persebaya Tetap Latihan Meski dengan Cara Tertutup

Di tengah Merebaknya COVID-19, Persebaya Tetap Latihan Meski dengan Cara Tertutup

Pandemi virus corona sudah mulai meneror sepak bola Indonesia. Hingga 15 Maret 2020 tercatat sudah 117 kasus positif corona di Indonesia. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menyeru agar seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk saatnya kerja di rumah, belajar di rumah, ibadah di rumah, ini semua untuk meminimalisir penyebaran virus corona secara luas.

Pada awalnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga pada Jumat (13/5/2020) sudah melaksanakan rapat darurat, dan menghasilkan keputusan bahwa kompetisi sepak bola di Indonesia akan terus dilanjutkan. Akan tetapi, penyebaran virus corona di Indonesia kian mengkhawatirkan dan mengancam keselamatan masyarakat Indonesia. Hal tersebut membuat otoritas sepak bola Indonesia mengubah keputusannya.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah memutuskan untuk menghentikan kompetisi sepak bola Indonesia selama dua pekan. PSSI menghentikan kompetisi minimal dua pekan baik untuk Liga 1 maupun Liga 2, kompetisi dihentikan untuk sementara mulai dari 16 Maret.

Keputusan yang diambil oleh federasi sepak bola tertinggi di Indonesia guna menunda seluruh pertandingan mulai Senin (16/3/2020) didasari oleh faktor, klub liga 1 harus menyelesaikan seluruh pertandingan pada pekan ketiga karena pada awalnya ada beberapa klub yang sudah melakukan pertandingan. Sementara untuk klub dari divisi dua Indonesia baru di mulai tanggal 14 Maret yang awali dengan pertandingan antara Persiba kontra Kalteng Putra. Sehingga PSSI memutuskan untuk menyeru seluruh peserta agar menyelesaikan pertandingan pada pekan pertama hari Minggu.

Langkah dan keputusan yang diambil oleh PSSI ini mendapat apresiasi dan dukungan dari Kemenpora. Pertandingan sepak bola ini akan sangat berpotensi untuk dapat mempertemukan banyak orang dan selama pertandingan berlangsung semua pemain tidak bisa menghindari kontak fisik, itu semua bisa membuka peluang menyebarnya virus corona secara luas dan cepat.

Sebelum PSSI mengambil keputusan untuk menghentikan sementara kompetisi, federasi sepak bola negara-negara lain sudah menghentikan pertandingan sepak bola karena virus corona, seperti Premier League Inggris, Serie A Italia, Liga Italia, Bundesliga Jerman. Tidak hanya liga domestik, bahkan UEFA sebagai induk sepak bola Eropa juga menghentikan sementara Liga Champions dan Liga Eropa. Sementara itu, FIFA juga turut menghentikan pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2020 yang akan dilaksanakan akhir Maret nanti.

Menyikapi keputusan yang diambil oleh PSSI, manejemen Persebaya Surabaya melaksanakan latihan secara tertutup guna mencegah penularan virus corona. Para suporter Persebaya Surabaya tidak diperkenankan untuk menonton para pemain Persebaya latihan.

PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi akan menggelar rapat yang akan dihadiri oleh manajer tim Liga dan manajer tim Liga 2. Persebaya Surabaya sebagai tim yang sudah terkena dampak pandemi global virus corona, yang mengakibatkan pertandingan mereka pada pekan kedua Shopee Liga 1 2020 menghadapi Persija Jakarta terpaksa tertunda, maka dari itu Manajer Persebaya Surabaya, Candra Wahyu dipastikan akan turut hadir di rapat tersebut. Sambil menunggu hasil rapat, Persebaya Surabaya dipimpin oleh pelatih, Aji Santoso, akan melakukan latihan secara tertutup. Selain menunggu hasil rapat, Persebaya lakukan latihan tertutup demi menjaga kondisi para pemainnya.

Sebelumnya, Aji Santoso pernah memberikan nasihat kepada para pemain Persebaya untuk selalu menjaga kesehatan, menjaga kebersihan dan istirahat yang cukup. Dengan banyaknya pemberitaan mengenai virus corona yang bisa mengancam keselamatan, dan angka yang semakin bertambah terkait pasien yang terinfeksi virus corona, Aji santoso mencoba menenangkan pemainnya untuk tidak terlalu takut terhadap virus corona, dan jangan sampai mereka mengalami stress memikirkan hal tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Begini Pendapat Lampard Tentang Anak Asuhnya Yang Taklukan Brighton

Chelsea berhasil mendapatkan hasil positif dalam laga perdana mereka di pekan pertama Liga Inggris 2020/2021. Yang mana dalam pertandingan perdana tersebut mereka...

Prediksi Bola Brighton vs West Brom, 27 Okt’20

Beberapa Faktor Analisa Prediksi Bola Brighton Hove Albion: Brighton Hove Albion saat ini berdiri di peringkat 16 klasemen sementara EPL Liga...

Jadwal Bola Malam Ini Liga Indonesia 2020

Liga Indonesia 2020 saat ini sudah memasuki pekan ketiga. Kalau kita melihat di jadwal, maka ada banyak jadwal bola malam ini yang...

Bayern Munich Bimbang Dengan Kontrak David Alaba

Bayern Munich membuat statment pada akhir 2020 kala mereka menarik tawaran kontrak dari David Alaba, secara efisien menerima kekalahan serta mengundurkan diri...