29 C
Indonesia
Saturday, September 26, 2020
Home Berita Liga Indonesia Daftar Klub Yang Cukup Sering Ganti Pelatih Pada 10 Tahun Terakhir Ini

Daftar Klub Yang Cukup Sering Ganti Pelatih Pada 10 Tahun Terakhir Ini

Musim ini Arema FC tampaknya harus mencari pelatih baru, apalagi musim ini harus menghadap laga di Shopee Liga 1 2020. Hal ini terpaksa dilakukan karena Arema gagal negosiasi kembali kontrak dengan Mario Gomez. Kabarnya, Mario tidak menyetujui kontrak karena adanya pemotongan gaji atas saran PSSI. Pelatih asal Argentina itu mundur dan akhirnya kembali ke Borneo FC.

Hilangnya pelatih Arema FC, menambah catatan baru sebagai klub yang sering menggati pelatih pada 10 tahun terakhir ini. Terhitung dengan Gomez, Arema FC ini sudah berganti pelatih sebanyak 15 kali. Jika dilihat yang paling lama menjabat sebagai pelatih di klub Singo Edan itu adalah Milomir Seslija, yaitu pada 2011, 2012, 2016 dan tahun 2019. Dan sebagian besar hanya bertahan selama 1 periode.

Klub Indonesia Yang Sering Berganti Pelatih

Tidak hanya Arema FC, banyak juga klub Indonesia lainnya yang juga sering melakukan pergantian pelatih. Pergantian ini dilakukan dengan berbagai alasan, mulai dari kontrak yang habis hingga gagalnya memperpanjang kontrak kerja dan alasan lainnya. Beberapa klub sepak bolanya yaitu sebagai berikut.

  • Klub PSM Makassar

Selain Arema FC yang sering melakukan pergantian pelatih, PSM Makassar ini menempati posisi kedua setelah Arema. Klub dengan julukan Juku Eja ini sudah melakukan pergantian sebannyak 14 kali. Jika dilihat kembali, ada juga pelatih yang pernah digantikan karena diberhentikan. Seperti Robert Alberts dan Assegaf Razak yang sudah melatih PSM selama dua periode.

Selain dari kedua pelatih tersebut, pelatih lainnya baru bergabung bersama PSM selama satu periode. Pelatih tersebut diantaranya yaitu Peter Segrt, Jorg Steinebrunner, Imran Amirullah, Rudy Keltjes, Wim Rijsbergen, Hans-Peter Schaller, Darije Kalezic, Luciano Leandro dan Alfred Riedl. Pelatih-pelatih tersebut menukangi PSM hanya sebanyak satu kali saja.

  • Klub Borneo FC

Klub satu ini juga dikenal sebagai klub yang cukup agresif untuk melakukan pergantian posisi pelatih. Sejak hadirnya pada tahun 2014, klub Pesur Etam ini sudah melakukan pergantian pelatih sebanyak dua belas kali. Jumlah yang cukup banyak melihat sejak hadirnya klub ini yang baru. Paling lama pelatih Borneo FC ini melatih selama tiga periode. Sedangkan yang lainnya hanya satu kali.

  • Klub Persija Jakarta

Pada 10 tahun terakhir ini, klub Macan Kemayoran sudah melakukan pergantian pelatih sebanyak sebelas kali. Pelatih Rahmad Darmawan sempat menukangi klub Jakarta ini selama dua periode yaitu pada 2010/2011 dan 2014/2015. Selain itu, ada juga pelatih lainnya yang ikut menukangi klub Macan Kemayoran tetapi hanya berkesempatan selama satu periode saja.

Diatara pelatih Persija pada 10 tahun terakhir ini yaitu Bambang Nurdiansyah, Benny Dollo, Paulo Camargo, Iwan Setiawan, Zain Al Hada, Ivan Kolev, Edson Tavares, Julio Banuelos dan Stefano Cugurra Teco. Malangnya, klub Macan Kemayoran ini sempat mengalami keterpurukan hingga dalam satu musim melakukan pergantian sebanyak tiga kali.

  • Klub Persipura Jayapura

Terakhir ada klub asal Jayapura yaitu Persipura juga terkenal sangat gemar melakukan pergantian pelatih. Hal ini biasa dilakukan sebagai tindakan ketika performa tim sedang tidak bagus. Terhitung sejak 2010 , Persipura ini sudah melakukan sepuluh kali pergantian pelatih. Pelatih yang sempat melatih selama dua periode yaitu Osvaldo Lessa dan Jacksen Tiago, dan sisanya hanya satu periode.

Pelatih sepak bola memang merupakan sosok dengan peran yang cukup penting untuk menentukan performa setiap pemainnya. Dengan begitu tidak heran ketika banyak klub sepak bola ternama yang sering melakukan pergantian pelatih. Diluar dari empat klub di atas, ada banyak klub lain yang juga ikut mengganti posisi pelatih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Antara Lautarao dan Neymar, Barcelona Harus Segera Beri Keputusannya

Sejak bursa transfer musim panas tahun lalu ada beberapa nama pemain yang sering dikait-kaitkan dengan Barcelona. Kedua pemain tersebut adalah Lautaro Martinez...

Kenangan Penyanyi Legendaris Glenn Fredly Bersama Klub Sepak Bola Liga Indonesia

Kabar duka kembali mengejutkan dunia hiburan tanah air, Glenn Fredly Deviano Latuihamallo meninggal dunia pada Rabu (8/4/20) kemarin. Kepergian Glenn tentu meninggalkan...

Tak Diperhatikan Manchester United, Pemain Ini Justru Menjadi Milyuner

Apabila pemain ini tidak diacuhkan oleh Manchester United, dia mungkin bisa saja saat ini masih menjadi pemain sepak bola meskipun tidak tahu...

Chelsea Ingin Fokus Pada Diri Sendiri Tanpa Melihat Tim Lain

Pelatih Chelsea, Frank Lampard sadar betul bahwa saat ini setiap pertandingan yang harus mereka lakukan memiliki tekanan yang berbeda-beda, namun demikian Lampard...