29 C
Indonesia
Sunday, November 29, 2020
Home Berita Liga Indonesia COVID-19 Sebabkan Liga Shopee Mandeg

COVID-19 Sebabkan Liga Shopee Mandeg

Riset data menyebutkan penyebaran virus Corona atau CoronaVirus Disease atau COVID-19 kian hari kian meningkat. Indonesia yang mulanya digadang gadangkan negara yang kebal terhadap virus ini, kini harus tunduk pada keganasan nya. Tercatat sampai tanggal 19 Maret 2020, terdapat 277 kasus korona, dengan spesifikasi 19 orang meninggal dunia, dan 11 orang diantaranya sembuh.

Meningkatnya kasus corona tersebut dibarengi dengan penularannya yang terbilang masif tentu sangat meresahkan semua pihak, termasuk dunia Sepakbola Indonesia, Liga Shopee contohnya. Liga sepakbola papan atas Indonesia tersebut harus dibekukan atau diberhentikan untuk sementara waktu. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 tersebut, yang nantinya akan mengancam kesehatan semua pihak, termasuk pemain.

Beberapa perhelatan sepakbola dunia sudah mengambil tindakan terkait adanya COVID-19 ini. Liga sepakbola di Asia Tenggara seperti Thailand dan Vietnam sudah mengambil keputusan untuk mengadakan perhelatan liga Sepakbola tanpa adanya penonton. Keputusan yang diambil tersebut selaras dengan apa yang dilakukan negara negara di Eropa, bahkan ada juga yang memutuskan untuk menunda perhelatan sepakbola. Mereka menilai keputusan yang diambil tersebut tepat, karena merasa COVID-19 yang penyebarannya lewat udara, dan nantinya akan berdampak pada penonton.

Menyikapi keputusan-keputusan yang di ambil tersebut, PT Liga Indonesia Baru (LIB) tidak mau mengambil sikap yang buru-buru, namun ingin mengambil langkah preventif yang melindungi semua pihak yang terlibat. Agar nantinya tidak ada pihak yang dirugikan dalam pengambilan keputusan tersebut.

Dilansir dari liputan6.com, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengadakan rapat darurat bertajuk Extraordinary Meeting Liga 1 dan Liga 2 yang dilaksanakan di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (16/3/2020). Didalam rapat tersebut dilibatkan manajer-manager dari peserta Shopee Liga 1 dan Liga 2.

Rapat darurat tersebut dihadiri oleh Ketua PSSI Mochamad Iriawan, Komisariat Utama PT LIB, Sonhadji, Direktur Operasional PT LIB, Sujarno, Direkrut Bisnis PT LIB, Rudy Kangdra, dan Direktur Keuangan PT LIB, Anthony Chandra Kartawiria.

Pertemuan tersebut menghasilkan keputusan, Liga Shoope dibekukan dan diberhentikan sementara selama dua pekan, hal ini selaras dengan lamanya penyebaran COVID-19 terhadap orang terdampak yakni selama 14 hari. Penyebab lainnya adalah karena ada beberapa klub yang sudah memainkan laga pekan ketiga, jadi waktu tersebut diambil agar semua tim sudah menyelesaikan laga pekan ketiga.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan bahwa keputusan final yang diambil tersebut sampai kepada persetujuannya dengan pihak pihak terlibat, yakni dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali serta PT Liga Indonesia Baru (LIB). Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menghormati dan menghargai keputusan final yang diambil PSSI dalam sidang darurat tersebut. Keputusan tersebut terpaksa harus diambil karena menilai dampak dari COVID-19 yang kian hari kian meningkat dan menjadi ancaman semua pihak.

Perhelatan Liga Sepakbola Shopee akan kembali dilaksanakan pada tanggal 3 April 2020 setelah masa FIFA Matchday Selesai. Dengan demikian, jadwal untuk divisi teratas Liga Indonesia tersebut tidak akan berubah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Pablo Mari dan Cedric Soares Resmi Dipermanenkan Arsenal

Kini secara resmi Arsenal telah memepermanenkan Cedric Soares dan Pablo Mari. Arsenal mempermanenkan Pablo Mari daru tim Flamengo dan Soares dari klub...

Harry Kane Diperebutkan Juventus dan Real Madrid

Harry Kane yang merupakan striker Tottenham Hotspur kini menjadi rebutan para klub-klub besar di bursa transfer pemain. Kene berhasil menjadi bidikan klub-klub...

Mengenal Sosok Jan Koller Yang Memiliki Tubuh Raksasa

Jan Koller yang merupakan penggemar game sepak bola dalam dua decade terakhir tentu saja sudah tidak asing jika berharap memiliki penyerang yang...

Persebaya Surabaya Berharap Liga Kembali, Manajemen Belum Putuskan Lakukan Tes Pada Pemain

Akibat adanya virus corona yang mewabah dan sudah masuk ke Negara Indonesia, banyak masyarakat yang risau dan resah akan tertular. Dengan adanya kebijakan pemerintah, bahwa...