29 C
Indonesia
Tuesday, September 29, 2020
Home Berita Liga Spanyol Carles Puyol : Sang Kiper Yang Menjadi Bek Tangguh

Carles Puyol : Sang Kiper Yang Menjadi Bek Tangguh

Carles Puyol I Savorcada yang lahir pada 13 April 1978 di La Pobla de Segur Spanyol, dia merupakan sosok yang mudah dikenali karena bentuk rambutnya yang ikal dan lebat, Puyol mengawali karir sepakbola profesionalnya untuk klub kota kelahirannya Catalonia, saat awal menapaki karirnya dia lebih memilih posisi sebagai seorang penjaga gawang, namun karena menderita cedera bahu Puyol pun beralih posisi menjadi seorang striker.

Dalam awal karirnya orang tua Puyol meragukan bakat dan kemampuannya dalam bermain bola, orang tua nya pun ingin Puyol memfokuskan dirinya untuk sekolah dan belajar, untuk membuktikan kepada orang tuanya ia akhirnya bergabung dengan Akademi Sepakbola La Masia, akademi sepakbola yang dimiliki oleh Klub Barcelona, di tahun 1995 dia belajar sebagai seorang gelandang bertahan, selang dua tahun kemudian, dia akhirnya mampu bermain di tim Barcelona B dan menempati posisi sebagai seorang bek kanan.

Pelatih era 1999 saat itu Louis Van Gaal langsung mempromosikan Puyol ke tim utama, dia pun membuat debut di LA Liga pada tahun 2 Oktober 1999 sebagaik seorang bek di jantung pertahanan Barcelona, berkat itu dia berhasil merahi gelar Best European Right Back dari UEFA pada tahun 2002, raihannya itu tak lepas dari perannya membawa FC Barcelona meraih 2 gelar Liga Spanyol secara berturut-turut.

Setahun kemudian Baecelona mengalami krisis keuangan, klub kaya raya saat itu Manchester United tertarik dan berencana untuk mendatangkannya, namun Puyol menolaknya. Dua tahun kemudian Puyol malah menandatangani perpanjangan kontrak bersama Barcelona selama 5 tahun.

Musim 2003/2004 puyol meneruskan mandat menjadi kapten klub dari Luis Enrique, pada musim berikutnya dia membukukan 52 pertandingan resmi termasuk juga 12 kali di ajang Liga Champions yang berujung kepada kemenangan Barcelona setelah mengandaskan perlawanan Arsenal di Final dengan skor tipis 2-1.

Puyol mencatatkan penampilan ke 400 bersama Barcelona si semua ajang kompetisi ketika bermain melawa Sporting Club di Portugal di ajang Liga Champions 2008, selama musim 2008 hingga 2010 selain dua gelar liga Puyol juga mengomandani rekan-rekannya untuk meraih Piala Super Eropa 2009, Liga Champion 2009 dan piala dunia antarklub FIFA ditahun 2009.

Puyol tampil di hampir 100 pertandingan resmi selama periode tersebut, prestasinya semakin meningkat, sayang nya dia juga sempat beberapa kali masuk meja perawatan akibat cedera, hal itu berbuntuk kepada keinginannya untuk pensiun dini.

Pada 2 Maret 2014 Puyol berhasil melampaui catatan Migueli sebagai penampil terbanyak bagi Barca di ajang liga, akan tetapi dua hari setelahnya, ia menyatakan ingin meninggalkan Barcelona di akhir musim, setelah dua operasi besar terakhir Puyol mengalami kesulitan untuk menemukan bentuk permainan terbaiknya, dan itulah cikal bakal dari keinginannya untuk pensiun kata Puyol kepada salah satu media.

Selain bersinar bersama Barcelona, Puyol juga merengkuh kesuksesan bersama dengan timnas Spanyol, tercatat dia memenangkan piala Eropa pada 2008 dan 2012 dan Piala Dunia pada tahun 2010, pada ajang Piala Dunia, dia berhasil menyumbang satu-satunya gol kemenangan Spanyol di semifinal melawan Jerman, dimata para pemain lainnya Puyol memiliki jiwa kepemimpinan dan etos kerja yang sangat tinggi, ia bahkan masih berlatih meski sesi latihan telah selesai atau sedang libur, diluar lapangan puyol telah menjadi seorang ayah pada tanggal 25 Januari tahun 2014, dia dikaruniai anak perempuan bernama Manuela sebagai boah hatinya bersama dengan sang kekasih Vanessa Lorenzo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Jadwal Pertandingan Bundesliga 16 – 17 Mei 2020

Akhirnya BundesLiga telah kembali secara resmi melanjutkan kompetisi setelah sempat dihentikan dikarenakan pandemi COVID-19 sejak Maret lalu. Enam pertandingan akan dihadirkan yang...

Jangan Paksakan Liga Italia Bergulir Kembali

Pandemi Covid-19 ini membuat penggemar sepak bola kecewa, karena liga Italia terancam punah musim ini jika wabah terus merebak sampai dengan bulan...

Covid-19 Mulai Mereda, Serie A akan Digelar Kembali Bulan Mei?

Kabar baik rupanya datang dari gelaran kompetisi sepak bola papan atas Italia, Serie A. sebuah laporan menyebutkan jika Serie A bisa digelar...

Pelatih Sepakbola dengan Gaji Terbesar di Dunia

Pelatih sepakbola adalah salah satu unsur penting dalam sepakbola. Dimana nantinya akan jadi pemimpin yang membuat permainan sebuah klub jadi baik. Mulai...