29 C
Indonesia
Monday, September 21, 2020
Home Berita Liga Jerman BundesLiga Kembali Digelar Pada 16 Mei dan Rampung di Akhir Juni

BundesLiga Kembali Digelar Pada 16 Mei dan Rampung di Akhir Juni

Kabar gembira bagi para pecinta sepakbola Liga Jerman, karena setelah ditangguhkan sejak Maret lalu kini akhirnya mereka BundesLiga resmi kembali dilanjutkan. Berdasarkan apa yang disampaikan oleh AFP, diketahui bahwa Angela Merkel, selaku Kanselir Jerman kini telah mengeluarkan izin untuk melanjutkan kompetisi liga.

Izin yang diberikan oleh Angela Markel tersebut didapatkan ketika yang bersangkutan melakukan pertemuan dengan Asosiasi Liga Jerman, pada Rabu, 6 Mei lalu. Selain mereka, pertemuan tersebut juga dihadiri oleh  seluruh klub peserta BundesLiga dan BundesLiga 2.

Sebelumnya akhirnya ada tanggal resmi, BundesLiga telah diperkirakan akan kembali bergulir sekitar 22 Mei hingga 29 Mei mendatang. Hal itu dikarenakan beberapa waktu sebelum dilakukan pertemuan, dari hasil tes yang dilakukan oleh BundesLiga diketahui ada sekitar 10 punggawa klub yang positif terinveksi corona.

Kabar mengenai para pemain dan staff yang terinfeksi tersebut, sempat membuat beberapa pihak khawatir, karena ditakutkan BundesLiga akan kembali diundur pelaksanaanya, atau bahkan dihentikan. Akan tetapi kabar baik kemudian muncul dari hasil pertemuan dan pelaksanaanya ternyata justru dimajukan pada tanggal 16 Mei ini, dan diperkerikan rampung pada 27-28 Juni nanti.

Usai pertemuan pihak Liga Sepakbola Jerman membuat pengumuman resmi pada hari Kamis 7 Mei 2020. Dalam unggahan tersebut mereka menyatakan meskipun BundesLiga kembali digulirkan namun sejumlah protokol kesehatan yang ketat juga diberlakukan. Pihak BundesLiga juga melarang dengan ketat kehadiran pada suporter ke stadion.

Berkaitan dengan pelarangan kedatangan suporter ini adalah karena larangan pemerintah Jerman untuk melakukan pertemuan orang dalam jumlah banyak hingga bulan September nanti. Karenanya jika ada suporter tuan rumah yang ngotot datang ke Stadion, meskipun hanya berkumpul didepan stadion, maka klub bersangkutan akan langsung dinyatakan kalah.

Meskipun keadaan saat ini cukup runyam, namun menurut Christian Seifert, selaku CEO DFL, mereka menganggap bahwa melanjutkan kembali kompetisi merupakan hal yang sangat penting. Karenanya meskipun gelaran kompetisi diakukan tanpa penonton, itu masih lebih baik daripada menghentikan liga.

Dalam pernyataan yang diberikan oleh CEO Federasi sepakbola Jerman tersebut dirinya sekali lagi menegaskan bahwa liga akan dimulai kembali satu pekan lebih cepat dari target awal. Mereka berharap kompetisi akan bisa selesai pada akhir Juni, karena hal ini juga akan berkaitan dengan kewajiban terhadap broadcaster serta pihak sponsor.

“Minggu penutupan musim, akan dilangsungkan pada akhir Juni,” tutur CEO Federasi Sepakbola Jerman, sehingga diperkirakan hal tersebut akan dilakukan sekitar tanggal 27 Juni atau 28 Juni 2020.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa BundesLiga telah mulai ditangguhkan pada pertengahan bulan Maret lalu. Hal tersebut terpaksa harus dilakukan karena pandemi virus corona yang menyerang Jerman kala itu. Ketika laga dihentikan, kala itu pertandingan ada di pekan ke 25, dan Bayern Munich menjadi klub yang memuncaki klasemen berkat perolehan 55 poin. Jumlah poin milik Bayern Munich 4 poin lebih banyak ketimbang Borussia Dortmund yang ada di posisi kedua. Sedangkan RB Leipzig yang menempati peringkat 3 memiliki jumlah perbedaan poin sebanyak 5 poin dengan Bayern Munich.

BundesLiga akan menjadi gelaran kompetisi sepakbola elit Eropa pertama yang akan kembali melakukan kompetisi ditengah pandemi COVID 19 seperti saat saat ini. Berbeda dengan Liga Jerman yang kembali digelar, Liga Prancis dan Liga Belanda justru dihentikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Jejak Langkah Tim Besar Mantan Perserikatan Di Liga Indonesia

Sejak dijalankan pada tahun 1994, Liga Indonesia hingga kini masih didominasi tim-tim yang berasal dari Perserikatan. Dengan empat kali menjadi juara, Persipura...

Akan Bertandang ke Camp Nou, Atletico Minta Hukuman Koke Dicabut

Ateltico Madrid akan melakoni laga tandang ke Camp Nou, mereka akan menantang Barcelona dalam laga lanjutan Liga Spanyol pekan ini. Jelang laga...

Kondisi Tubuh Masih Lemah Hudson-Odoi Tetap Optimis Dapat Bela Timnas Inggris Tembus Liga Eropa

Ditengah pandemi wabah covid 19 yang melanda berbagai negara saat ini, pemain sepak bola Tim Nasional Inggris Callum Hudson Odoi...

Inter Milan Berencana Datangkan Messi Namun Akan Alami Tantangan Besar

Massimo Miratti yang merupakan mantan Prsiden Inter Milan memiliki keyakinan bahwa Inter pasti akan membuat rencana untuk menggaet bintang Barcelona, Lionel Messi....