29 C
Indonesia
Sunday, July 5, 2020
Home Berita Internasional Brugge Ditetapkan Sebagai Juara Liga Belgia Ditengah Pandemic Corona

Brugge Ditetapkan Sebagai Juara Liga Belgia Ditengah Pandemic Corona

Brugge menjadi klub sepakbola pertama yang dinyatakan keluar sebagai juara di situasi yang pandemic corona di dunia. Federasi sepak bola Belgia akhirnya memutuskan untuk menghentikan Liga Belgia kasta tertinggi dan menetapkan Club Brugge sebagai juara kompetisi tahun ini. Kompetisi Liga Belgia sendiri hanya tinggal menyisakan satu pertandingan lagi.

Brugge yang akhirnya ditetapkan sebagai juara sendiri merupakan sang pemuncak klasemen dengan torehan 70 point dari total 29 laga yang telah dilakukan. Sedangkan di posisi kedua dihuni oleh Gent yang memiliki selisih 20 point yakni dengan total 50 angka. Selisih point yang terlalu jauh ini juga membuat Gent tidak mungkin bisa menyusul torehan point Brugge.

Belgia sendiri membagi kompetisi sepak bola profesionalnya menjadi 2 fase, yaitu fase regular dan juga play off. Sebanyak 6 tim teratas dari total 16 klub, akan bertanding kembali demi menentuka juara di fase kedua tersebut.

Kemudian jumlah point dari 6 klub tersebut pada fase regular lalu akan dikurangi setengahnya pada putaran selanjutnya yakni play off. Putaran kedua ini kemudian digelar untuk menentukan klub man ayang akan tampil pada Liga Europa maupun Liga Champions. Kompetisi sendiri hanya tinggal menyisakan satu laga lagi di putaran regular, namun operator liga memutuskan untuk tidak meneruskan kompetisi ini untuk menghindari penularan virus corona yang dapat membahayakan seluruh element.

Menurut kabar yang dilansir dari ESPN bahwa keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil pertemuan dengan 24 klub yang bermain di kompetisi Liga 2 Belgia. Dan hasil keputusan tersebut diambil dari total 17 klub yang meminta agar kompetisi Liga Belgia untuk diberhentikan.


Hasil dari keputusan itu sendiri rencananya akan dikukuhkan pada pertemuan yang digelar pada 15 April mendatang untuk meratifikasi penetapan ini.

Dewan direksi telah secara mutlak memutuskan bahwa tidak ada kemungkinan jelas untuk dapat melanjutkan kompetisi ini usai tanggal 30 Juni. Berdasarkan berbagai pertimbangan, akhirnya Dewan Direksu memformulasikan mengenai rekomendasi pada Rapat Umum untuk tidak melanjutkan kompetisi musim 2019-2020 dan menerima posisi Liga Pro Jupiler (nama Liga Belgia) saat ini sebagai sebuah hasil akhir, begitu menurut pernyataan dari pihak dewan direksi operator liga Belgia.
Selain telah memutuskan Club Brugge sebagai juara musim ini, namun Liga juga menetapkan bahwa Gent yang berada di posisi runner up akan ikut berlaga di Liga Champions musim depan sebagai representasi dari Belgia bersama Brugge.

Selain keputusan Brugge yang keluar sebagai juara, Liga Belgia juga memutuskan bahwa tidak ada degradasi musim ini meskipun ada penghentian kompetisi. Dan situasi sebaliknya bahwa 2 klub teratas pada kompetisi kasta kedua Liga Belgia yang juga diberhentikan juga dinyatakan promosi untuk musim depan ke Liga professional.

Maka dengan demikian, kompetisi Liga Belgia kasta tertinggi akan bertambah kontestan dari 16 menjadi 18 klub untuk musim depan.

Sementara itu, ditengah pandemic yang telah ditetapkan oleh badan kesehatan dunia atau WHO akibat virus corona membuat berbagai kompetisi terpaksa untuk diberhentikan. Seperti kompetisi tingkat intercontinental Coppa America yang rencana dilaksanakan tahun ini, akhirnya harus digeser pada tahun depan. Tak hanya itu, pesta olahraga dunia, Olimpiade yang akan digelar di Tokyo Jepang pada tahun ini juga terpaksa harus ditunda hingga tahun depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

WINBIG88

- Advertisment -

Most Popular

Kalahkan Torino 4-1 Kini Juventus Kia Nyaman di Puncak

Laga lanjutan Serie A menghadirkan Derby della Mole, dan dalam pertandingan tersebut Juventus yang berperan sebagai tuan rumah berhasil mendapatkan kemenangan besar...

Manchester United Menang Telak Atas Bournemouth 5-2

Manchester United barui saja melakoni laga tandang kontra Bournemouth. Dalam laga tersebut anak-anak asuh olle Gunnar Solskjaer menang telak atas tim tamu...

Laga Kontra Wolverhampton Akan Uji Konsistensi Arsenal

Dalam laga lanjutan Liga Inggris pekan ke 33, Arsenal diharuskan berhadapan dengan Wolverhampton Wanderers. Laga ini akan menjadi laga dimana konsistensi tim...

Benarkah Juventus Adalah Pelabuhan Messi Yang Selanjutnya?

Belakangan tersiar kabar yang cukup kencang mengenai keinginan megabintang Barcelona, Lionel Messi, untuk meninggalkan klub tersebut. Salah satu potensi klub yang akan...

Recent Comments