29 C
Indonesia
Thursday, October 21, 2021
Home Berita Liga Inggris Benarkan Newcastle Akan Tuntut Premier League Karena Akuisisi Klub Gagal Terwujud?

Benarkan Newcastle Akan Tuntut Premier League Karena Akuisisi Klub Gagal Terwujud?

Proses akuisisi Newcastle United oleh pangeran Arab Saudi diketahui gagal berjalan sesuai keinginan klub, hal ini karena upaya tersebut dikabarkan telah digagalkan oleh pihak Premier League. Menyoal mengenai hal itu kabarnya Mike Ashley selaku pemilik klub merasa tidak terima dan berkemungkinan akan menuntut pihak Liga Inggris.

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa pada tanggal 31 Juli lalu, proses akuisisi klub Newcastle telah resmi dibatalkan oleh pihak bersangkutan. Konsorsium Arab Suadi melalui Public Investment Fund yang dipimpin oleh Pangeran Mohammed bin Salman, telah memilih untuk mundur dalam negosiasi ambil alih ini karena mereka merasa proses  yang berlarut-larut dalam uji kelayakan pemilikan yang dilakukan oleh berbagai pihak.

Padahal sebagaimana yang diketahui bahwa sebelumnya pihak Pangeran Mohammed bin Salman telah menyiapkan dana sebesar 300 juta paund untuk mengambil alih Newcastle United. Bahkan uang muka yang jumlah sebesar 17 juta paund juga dikabarkan telah masuk dalam kantong Ashley selaku pemilik The Magpies.

Menyoal gagalnya akuisisi yang seharusnya terwujud ini, pemilik Newcastle United rupanya merasa tidak terima. Ashley mengaku tidak terima dengan sikap yang ditunjukan oleh pihak Liga Inggris, ia juga membeberkan bagaimana rumitnya uji kelayakan pemilik yang dilakukan oleh Premier League. Karena itu Ashley kini sepertinya akan mencoba mengambil jalur hukum untuk menyelesaikan persoalan ini.

“Newcastle United kini memberikan konfirmasi secara resmi bahwa pihak Premier League telah melakukan penolakan terhadap proses akuisisi yang dilakukan oleh PCP Capital Partners, Reuben bersaudara, dan Public Investment Fund (PIF) Arab Saudi, melalui tes kelayakan penilik” bunyi pernyataan resmi pihak Newcastle United di lama resmi mereka, dan kemudian dikutip oleh pihak Sky Sports.

“Kesimpulan tersebut telah tercapai, bahkan meskipun pihak klub telah menyediakan berbagai bukti yang kuat dan juga opini hukum mengenai PIF yang berstatus sebagai independen dan bukan bagian dari Pemerintahan Arab Saudi”

“Karena hal itu maka klub kini tidak bisa menerima sikap dari CEO Premier League, Richard Masters, dan juga Premier League itu sendiri, menyoal hal ini maka kami akan mempertimbangkan semua opsi relevan yang tersedia”

“Mike Ashley sangat memahami bagaimana rasa frustasi dari para pendukung, karena itu ia ingin meyakinkan pada mereka, dan ia juga akan berkomitmen memastikan akuisisi ini nantinya bisa berjalan hingga tuntas, karena ia juga merasa bahwa hal ini adalah yang terbaik untuk klub”

“Mike akan tetap mendukung Steve Bruce, serta para pemain dan para staff. Ia juga akan mendoakan semoga mereka bisa mendapatkan kesuksesan di musim depan” pungkas pernyataan tersebut.

Sedari awal wacana akuisisi Newcastle oleh pihak pangeran Arab Saudi ini muncul, sebenarnya telah banyak sekali kontroversi yang hadir. Ada begitu banyak pertentangan dari berbagai pihak. Hal ini dikarenakan pihak pemerintahan Arab Saudi dikabarkan kerap melakukan pelanggaran HAM dan juga pelanggaran siaran langsung olahraga.

Salah satu kasus yang sempat ramai diperbincangkan oleh beberapa komunitas HAM dalam mendukung pembatalan akuisisi ini adalah, kasus pembunuhan Jamal Kashogi.  Dia adalah seorang jurnalis yang dulu kerap mengkritik kebijakan pemerintah arab, dan kabarnya ia meninggal akibat dimutilasi, dan tersangka utamanya adalah Pangeran Mohamed bin Salman.

Melihat ada begitu banyaknya kasus yang bermunculan, maka secara otomatis pihak Premier League juga mendapatkan begitu banyak tekanan. Hal ini kemudian memengaruhi lamanya proses uji kelayakan yang mereka lakukan terhadap pihak yang akan melakukan akuisisi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Favorit

Scholes Beri Saran Untuk Solksjaer, Ini Katanya

Paul Scholes berpikir bos Man Utd Ole Gunnar Solskjaer wajib mengeluarkan beberaa pemain di bangku cadangan sehingga Paul Pogba serta Bruno Fernandes...

Erling Haaland Bisa Batal Ke City Jika Pep Guardiola Pergi

Rio Ferdinand berkomentar kalau Erling Haaland bisa jadi berpikir 2 kali untuk bergabung dengan Manchester City musim panas mendatang sehabis Pep Guardiola...

UEFA Godok Plan B Terkait Kelanjutan Liga Champions

Belum lama ini salah satu media melaporkan bahwa UEFA dan ECA (European Club Association) tengah melakukan sebuah penggodokan terkait kelanjutan kompetisi Liga...

Argentina dan Brasil Kumpulkan Poin untuk Piala Dunia 2022

Argentina dan Brasil bersama mengumpulkan kemenangan di kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Kamis malam di saat kedua raksasa sepak bola Amerika Selatan...