29 C
Indonesia
Thursday, August 5, 2021
Home Berita Belanda vs Ceko, Saatnya Depay Membuktikan Diri

Belanda vs Ceko, Saatnya Depay Membuktikan Diri

Nama Memphis Depay ramai diperbincangkan menjelang duel antara Belanda versus Ceko di babak 16 besar Euro 2020. Pasalnya, penyerang sayap tim nasional Belanda itu telah resmi diumumkan sebagai pemain baru Barcelona untuk bersaing di kompetisi musim 2021-2022.

Para penggemar berat Barcelona tentu butuh pembuktian dari Depay untuk mengukur apakah dia benar-benar layak didatangkan ke Camp Nou. Laga antara Belanda melawan Ceko yang digelar di Puskas Arena, Budapest, Minggu (27/6/2021), sudah pasti akan menyorot perhatian banyak mata. Bukan hanya perhatian pendukung Belanda dan Ceko, tapi juga fans Barcelona.

Belanda akan menjamu Ceko dengan berbekal rekor sempurna di fase grup Euro 2020. Tim Oranye sukses memetik 3 kemenangan beruntun atas Ukraina (3-2), Austria (2-0), Makedonia Utara (3-0), dan menjadi pemuncak klasemen grup C dengan torehan 9 poin.

Sepanjang Euro 2020, Depay selalu dipasang sebagai pemain utama oleh pelatih Belanda, Frank de Boer. Dari 3 laga yang sudah dijalani, Depay mencetak 2 gol, salah satunya lewat titik penalti, yaitu saat berjumpa Austria.

Meskipun sudah mencetak 2 gol, kualitas Depay masih dipertanyakan. Sebab, pemain berusia 27 tahun itu diharapkan bisa mencetak gol lebih banyak. Selain karena selalu tampil sebagai pilihan utama, Depay juga bermain sebagai penyerang utama bersama Wout Weghorst.

Depay justru kalah tajam dari kapten tim Gini Wijnaldum yang sudah mencetak tiga gol. Padahal, ia beroperasi sebagai gelandang tengah. Meskipun banyak kritik ditujukkan kepadanya, Depay menanggapinya dengan santai. Ia lebih fokus memikirkan kemenangan untuk timnya, bukan membuktikan kualitas pribadinya.

“Saya mencoba menampilkan kualitas yang saya miliki untuk menciptakan peluang. Jika Anda mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol, kadang Anda bisa mencetak gol, kadang juga tidak. Tapi yang lebih penting, Anda bisa berperan penting bagi tim,” kata Depay di situs resmi Euro 2020.

Rekor Ceko Lebih Bagus

Meskipun tidak cukup cemerlang di fase grup, Ceko punya rekor pertemuan yang bagus saat menghadapi Belanda. Dari 11 pertemuan terakhir kedua tim, Ceko sukses memetik 5 kemenangan. Sementara, mereka hanya kalah 3 kali dari Belanda dan 3 laga sisanya berakhir imbang.

Dari rekor pertemuan kedua tim, Ceko juga lebih produktif dalam urusan mencetak gol. Ceko berhasil membobol gawang Belanda 16 kali, sedangkan Belanda hanya mampu mencetak 14 gol ke gawang Ceko.

Pada pertemuan terakhir di kualifikasi Euro 2016, Ceko sukses mengalahkan Belanda 3-2 dan 2-1. Gara-gara dua kekalahan tersebut, untuk pertama kalinya Belanda absen di putaran final Piala Eropa.

Meskipun punya catatan rekor yang baik saat berjumpa Belanda, pelatih Ceko Jaroslav Silhavy, tidak mau sesumbar. Dia menilai Belanda sebagai tim tangguh yang patut diwaspadai.

“Kami sudah mempelajari permainan mereka secara detail. Mereka konsisten dengan gaya permainan mereka dan mampu bermain dengan sangat sederhana. Ketika mereka kehilangan bola, mereka langsung menekan dan itu sangat tidak menyenangkan (buat tim lawan),” kata Silhavy.

Dengan catatan positif yang dimiliki Ceko, upaya Depay untuk membuktikan diri pasti tidak akan mudah. Sang pemain pun mengakui bahwa Ceko adalah tim yang patut diwaspadai walaupun banyak orang meremehkan kemampuan Patrik Schick dan kawan-kawan.

“Saya tahu mereka sangat tangguh. Sudah lama saya tidak bertanding melawan mereka. Mungkin terakhir di tahun 2015. Mereka selalu sulit untuk dikalahkan, jadi saya yakin pertandingan ini akan berat. Kami harus memberikan 100% kemampuan jika ingin memenangkan pertandingan,” ujar Depay.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Potensi Persoalan Apabila Timo Warner Merapat ke Anfield

Akhir-akhir ini nama Timo Warmer kencang diisukan akan bergabung dengan Liverpool, berkaitan dengan kabar tersebut banyak yang menganggap transfer tersebut nantinya akan...

Kabar Mengenai Ibrahimovic Perpanjang Kontrak Dibantah Oleh Raiola

Tersiar kabar bahwa Zlatan Ibrahomovic telah memperpanjang kontraknya bersama Inter Milan dibantah dengan tegas oleh Mino Raiola selaku agen dari sang pemain....

Pada Tahun 2001 Sir Alex Ferguson Memuji Tujuh Pemainnya, Bagaimana Sekarang?

Tidak lama setelah Manchester United menyelesaikan kemenangan gelar Liga Premier ketiga berturut-turut Pada tahun 2001, di tim masa mudanya Sir Alex...

Pemain Lokal Yang Bermain Sebagai Jangkar Di Klub Shopee Liga 1 2020

Setiap tim sepak bola di Shopee Liga 1 musim pasti memiliki pemain yang diandalkan untuk bermain sebagai ‘jangkar’. Bayu Pradana menjadi pemain...