29 C
Indonesia
Thursday, August 5, 2021
Home Berita Liga Spanyol Baru Main 5 Menit, Pemain Barcelona Ini Kena Kartu Merah Karena VAR

Baru Main 5 Menit, Pemain Barcelona Ini Kena Kartu Merah Karena VAR

Pemain Barcelona, Ansu Fati terhitung baru bermain selama 5 menit ketika tiba-tiba wasit memutuskan untuk mengeluarkan kartu merah untuknya, usai melihat VAR. Lantas benarkah hal ini kemudian memicu kontroversi?

Barcelona menjalani laga lanjutan Liga Spanyol dengan menghadapi Espanyol. Dalam laga yang dilaksanakan pada Kamis 9 Juli 2020 dinihari WIB. Ada satu kejadian yang memicu kontroversi, hal itu bermula saat Barcelona memutuskan untuk melakukan pergantian pemain. Dalam hal itu Ansu Fati masuk sebagai pemain, namun sayang hanya melakukan tugasnya selama 5 menit saja.

Saat itu ada satu keadaan yang memaksa Ansu Fati untuk melakukan tekel terhadap Fernandi Calero. Mulanya apa yang dilakukan oleh sang pemain dianggap pelanggan dan diganjar dengan kartu kuning, namun kemudian wasit melihat VAR untuk melakukan peninjauan, dan setelahnya menambah hukuman Ansu Fati menjadi kartu merah.

Saat itu jelas keputusan wasit langsung menuai protes, pasalnya Barcelona masih dalam keadaan 0-0, dan mereka sangat membutuhkan kemenangan untuk bisa mengejar ketertinggalan atas Real Madrid. Dengan keadaan jumlah pemain yang berkurang membuat Barcelona ada dalam keadaan yang tidak menguntungkan.

Namun beruntung ada pula satu pelanggaran, dan kali ini adalah dari kubu Espanyol, wasit kemudian melakukan tinjauan melalui VAR, dan juga memutuskan untuk juga menghilangkan satu pemain Espanyol, karena hal ini kemudian jumlah pemain menjadi kembali imbang.  

Pelanggaran pihak Espanyol dilakukan oleh Pol Lazano terhadap Gerard Pique, hal itu juga hanya berselang sekitar 2 menit suai Ansu Fati mendapatkan kartu merah. Karena itu baik di menit ke 53 baik Barcelona maupun Espanyol keduanya sama-sama hanya tampil dengan 10 orang saja.

Insiden terjadi dalam laga Barcelona ini kemudian menjadi perbincangan karena melibatkan VAR. Sebelum Barcelona melakoni laganya kita tahu bahwa Presiden klub asal Catalunya tersebut juga menyinggung soal keputusan wasit yang melibatkan VAR dalam pertandingan Real Madrid. Josep Maria Bertemu mengungkapkan pendapatnya bahwa wasit lerap kali membuta keputusan melibatkan VAR yang berujung pada keuntungan untuk El Real.

Dalam wawancara yang dilakukan oleh pihak media sebelumnya, mereka menanyakan pada Presiden Barcelona, apakah Real Madrid dapat menjadi juara karena ‘bantuan’ VAR, Bertemu mengatakan bahwa, “kadang sebuah keputusan memang akan menguntungkan satu tim atau yang lainnya. Terkadang keputusan tersebut memang tepat, namun kadang kala juga merupakan sebuah kesalahan sehingga menguntungkan salah satu tim, dan hal itulah yang kemudian menyakitkan”

Melihat banyaknya kontroversi yang akhir-akhir mewarnai laga-laga LaLiga khususnya perebutan gelar juara LaLiga antara Barcelona dan Real Madrid, kemudian Marca mencoba meminta pendapat Juan Andujar Oliver yang merupakan seorang pakar wasit, dan juga mantan wasit, mengenai keputusan yang diambil oleh pengadil lapangan terhadap kartu merah Ansu Fari.

“Kedua kartu merah yang diberikan pada Ansu Fati dan Pol Lazano adalah sama-sama tepat. Wasit harus menuju ke monitor VAR untuk melakukan peninjauan dan akhirnya mengambil sebuah keputusan yang tepat”

“Dari yang saya lihat Fati memang melakukan terjangan yang terlalu kencang terhadap kaki Fernando Calero. Sedangkan untuk pelanggaran Lazano pada Gerard Piqui, itu bahkan bisa lebih berbahaya lagi” jawabnya mengomentari 2 kartu merah yang diberikan wasit pada laga Barcelona kontra Espanyol, dan melibat VAR yang memang memicu kontroversi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Kemenangan Tottenham Atas Albion Menjadi Pertanda Comebacknya Bale?

Tottenham Hotspur mengalahkan Brighton & Hove Albion 2- 1 pada hari Minggu dikala mereka melanjutkan performa bagus mereka. Walaupun The Lilywhites jauh...

Manchester United Akan Permanenkan Pemain Odion Ighalo Dari Liga China

Saat ini Klub Liga super Cina, Shanghai Shenhua, dikabarkan telah mengikhlaskan kepergian Odion Ighalo ke Manchester United. The Independent memberi tahu Manchester...

Hindari Ancaman Virus Corona, Ini Tidakan yang Diambil Arsenal

Ancaman virus corona atau COVID-19 pun semakin serius usai dikabarkan ada beberapa anggota tim Arsenal yang diduga terkena kontak langsung dengan penderita...

Quique Setien Tidak Memiliki Saingan di Barcelona

Quique Setien belum memiliki saingan pada posisinya sebagai seorang pelatih Barcelona sesudah rencana klub mendatangkan Ronald Koeman yang terbatasi pandemi corona virus...