29 C
Indonesia
Saturday, October 16, 2021
Home Berita Liga Spanyol Barcelona Tolak Wacana Laga Tanpa Penonton Bila La Liga Dilanjutkan

Barcelona Tolak Wacana Laga Tanpa Penonton Bila La Liga Dilanjutkan

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, berharap kompetisi La Liga Spanyol musim ini dapat kembali dilanjutkan sebelum akhir Juni 2020. Namun, Bartomeu menyatakan pendapatnya, bahwa apabila kompetisi La Liga benar-benar dapat dimainkan lagi, pihak Barcelona akan menolak jika ada opsi pertandingan berlangsung tertutup atau tanpa penonton.

Bartomeu mengakui klubnya masih memiliki tekad yang kuat untuk menyelesaikan musim ini meskipun di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19 yang menyerang ke seluruh dunia. Dia ingin laga di musim ini tidak dibatalkan.

“Skenario yang sedang kami kerjakan sekarang adalah laga La Liga bisa dimainkan kembali sebelum 30 Juni dan kompetisi berakhir pada Juli atau Agustus 2020,” terang Bartomeu, seperti yang dilansir Sport.

“Kami tidak punya masalah dengan itu. Yang tidak kami inginkan adalah bermain secara tertutup atau tanpa penonton,” jelas pria yang menduduki kursi presiden Barcelona sejak tahun 2014 ini.

Spanyol sejauh ini menjadi negara terparah kedua di Eropa setelah Italia terkait kasus COVID-19. Pemerintah Spanyol telah memberlakukan lockdown untuk wilayahnya sejak 14 Maret 2020. Pandemi virus corona belum bisa dikendalikan, sehingga semua orang diimbau untuk beraktivitas di rumah. Copa America dan Piala Eropa 2020 ditunda agar kompetisi musim ini bisa diselesaikan.

“Mereka harus memaksa kami. Kami ingin bermain dengan para penggemar. Piala Eropa 2020 dan Copa America telah ditangguhkan untuk membuat ruang di musim panas,” ujar Bartomeu. Penolakan wacana bermain tanpa penonton turut dikatakan oleh manajer Manchester City. Sejumlah laga sepak bola di Eropa memang sudah digelar tertutup guna mengantisipasi virus corona. Manajer Manchester City, Pep Guardiola, tak senang dengan opsi itu.

Penyebaran virus Corona yang melanda hampir di seluruh penjuru dunia, membuat banyak aspek terganggu. Salah satunya adalah pertandingan sepak bola. Kompetisi Liga Italia pun sudah diberhentikan, setelah sebelumnya beberapa laga sempat ditunda dan digelar tertutup. Pertandingan Liga Champions dan Liga Prancis juga beberapa sudah dan bakal dilangsungkan tanpa penonton.

Sementara di Liga Inggris, pada bulan Maret lalu belum ada wacana sama sekali terkait penundaan atau digelar tertutup tanpa penonton. Guardiola kala itu, ketika dirinya ditanya perihal masalah tersebut, ia pun mengomentari wacana tersebut dengan komentar yang cukup pedas.

“Apakah sepak bola akan bekerja tanpa penonton?” Guardiola malah bertanya balik, ucap pria yang juga mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munich, seperti yang dilansir BBC.
“Jika orang-orang tidak bisa datang, itu tidak masuk akal. Kami akan mengikuti apa yang harus kami lakukan, tetapi saya tidak akan mau bermain tanpa penonton,” tegasnya.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Duniaunia atau World Health Organization (WHO) mengatakan Eropa telah menggantikan China sebagai pusat pandemi virus corona. Pada bulan Maret Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan kepada para wartawan, bahwa di Eropa “Kini ada lebih banyak kasus dilaporkan setiap hari dibandingkan di China pada puncak epidemi.”

Tedros menegaskan selain dari negara asal penyebaran Virus Corona, China, Benua Biru kini lebih banyak melaporkan kasus infeksi dan kematian daripada gabungan seluruh dunia. Pernyataan WHO terjadi setelah baik negara di Eropa maupun dunia melakukan kebijakan skala penuh dalam menangkal COVID-19, penyakit yang ditimbulkan oleh virus itu. Seperti misalnya di Italia, yang memilih melakukan lockdown atau penutupan, dengan melarang adanya kegiatan publik, hingga meliburkan sekolah-sekolah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Favorit

Transfer Gratis David Alaba

Real Madrid 'sedang dalam pembicaraan dengan agen David Alaba perihal transfer gratis musim panas mendatang' setelah bek Bayern Munich meledak penuh kejutan...

Jonathan Moss Akan Pimpin MU Vs Tottenham, Akankah Mourinho Beruntung?

Telah ditetapkan bahwa laga perdana antara Tottenham Hotspur vs Manchester United di Liga Inggris usai masa penangguhan akan dipimpin oleh Jonathan Moss....

Satu Kondisi yang Bisa Buat Martial Tinggalkan MU

Manchester United nampaknya harus segera bersiap untuk kehilangan salah satu penyerang andalam mereka, Anthony Martial pada musim 2020/2021 mendatang. Anthony Martial berhasil...

Pep Guardiola Akui Tak Tahu Cara Melawan PSG

Bos Manchester City Pep Guardiola berkata ia tidak ketahui gimana menghentikan Paris Saint- Germain, menjelang pertandingan Liga Champions mereka pada hari Selasa.