29 C
Indonesia
Monday, September 28, 2020
Home Berita Internasional Atalanta Akhirnya Terpapar Corona

Atalanta Akhirnya Terpapar Corona

Wabah virus SARS-COV-2 benar-benar menjadi mimpi buruk semua sector-sektor masyarakat. Termasuk di dunia olahraga paling digemari seluruh penduduk bumi, sepakbola. Sudah banyak sekali pemain professional di berbagai liga top benua biru yang terpapar virus yang sampai saat ini belum ada obatnya.

Sebut saja klub Valencia yang sudah mengkonfirmasi bahwa 35% skuadnya terpapar covid-19. Dua pemainnya, Eliaquim Mangala dan Ezequiel Garay terkonfirmasi positif covid-19 yang terbaru. Dan Atalanta sebagai lawan Valencia di pertandingan terakhir sebelum kebijakan rehat kompetisi masih zero kasus.

Menjelang berakhirnya masa rehat kompetisi –jika tidak diperpanjang lagi-, satu pemain Atalanta akhirnya dinyatakan positif covid-19. Ia adalah Marco Sportiello, dan ia menjadi pemain ke-16 dari Serie A Italia yang terpapar virus corona ini. Dalam keterangan resminya, pihak manajemen klub mengkonfirmasi kabar tersebut dari otoritas kesehatan Bergamo. Walaupun Sportiello tidak menunjukkan gejala apapun,” beber Atalanta di laman resminya.

Sebelumnya, pemain Juventus, Paolo Dybala juga mengalami hal yang sama dengan Marco. Ia juga tidak mengalami gejala apapun, namun dinyatakan positif menjelang berakhirnya masa karantina mandiri tanggal 27 maret mendatang.

Semua pihak mengkaitkan tertularnya Marco berasal dari laga La Dea-julukan Atalanta- tepatnya saat first leg liga champions menghadapai Valencia tanggal 19 Februari lau. Menurut Prof. Fabiano Di Marco dari University of Milan, laga Atalanta vs Valencia diibaratkan sebagai bom biologis perebaran virus corona di Lombardia. “Ada sekitar 40 ribu warga Bergamo yang datang untuk menyaksikan laga di Giuseppe Meazza. Mereka datang dengan berbagai alat transportasi, bus, kereta dan juga mobil. Dan itu adalah bom biologisnya,” uangkap Prof. Fabiano di La Gazzetta della Sport.

Selain supporter dari kubu Atalanta, para fans dari Valencia juga datang dan dimungkinkan tertular covid-19 ini. Tercatat ada sekitar 5 ribu pendukung Valencia berada di dalam stadion yang sama. Dimungkinkan juga para official dan pemain di lapangan terpapar virus ini. Masa inkubasinya yang 14 hari membuat bom biologis ini bisa meledak secara bergelombang dan bertambah para saat laga second leg digelar (11/3) lalu.

Menurut Il Capitano Atalanta, Papu Gomez, ia tak menyangka wabah ini begitu serius. Awalnya terjadi misinformasi yang diterimanya, ia mengira ini hanyalah flu biasa. Saat pertandingan second leg pun tidak ada protocol khusus mengantisipasi wabah ini. Mereka bermain sebagaimana normalnya pertandingan, tidak ada pengecekan apapun disana.

“Aku tidak membayangkan bahwa aku sudah pernah berada dalam laga terburuk, yakni bermain ditengah-tengah virus ini. Dan sejak itu, satu persatu orang terdeteksi positif covid-19. Dan saat ini kami menunggu satu dari kami yang menunjukkan gejala-gejala terpapar,” sesal Gomez.
Dan ternyata Marco Sportiello-lah orang yang ditunggu-tunggu itu, saat bermain di Mestalla, ia adalah orang yang berada di bawah mistar. “Kami berharap Sportiello bisa melewati masa-masa sulit tersebut. Dan juga kami semua saat ini,” ujar attaccante Atalanta, Josip Ilicik.

Atalanta dan masyarakat di daerah Bergamo pantas was-was. Fakta bahwa ada 35% official Valencia yang terpapar virus corona dan mulai terlihat para pemain dan fans Atalanta yang terdeteksi positif, membuat mereka tidak aman. Ditambah masa inkubasi virus yang cukup lama (14 hari) dan beberapa kasus tidak memunculkan gejala, maka lockdown yang diterapkan oleh pemerintah Italia menjadi hal yang wajib dijalankan oleh masyarakat Bergamo dan Italia secara luas. Sambil senantiasa berusaha dan berdoa bahwa wabah ini bisa segera berhenti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Meskipun Tengah Krisis Corona, Presiden La Liga Tetap Optimis Kompetisi Akan Bisa Tuntas

Corona virus sejak beberapa bulan lalu memang tengah menjadi momok yang sangat meresahkan masyarakat dunia, dari yang awalnya berasal di Wuhan kini...

Pemain Muda Beruntung Karena Piala Eropa Diundur

Pihak UEFA sejak beberapa waktu lalu memang telah menegaskan bahwa mereka akan melakukan penundaan gelaran piala Eropa yang seharusnya bergulir pada bulan...

Berikut 10 Pemain Bola Terbaik Sepanjang Masa Versi Penggemar

Sepak bola merupakan olahraga yang paling popular di dunia. Berbagai macam cabang olahraga di dunia memang memiliki daya tarik di kalangan masyarakat...

MU Mundur, Kane Masih Diperebutkan 3 Klub Besar lainnya

Striker Tottenham Hotspur, Harry Kane, masih digandrungi oleh banyak peminat setelah Manchester United dikabarkan mundur dan tidak tertarik lagi untuk memboyong pemin...