29 C
Indonesia
Monday, September 21, 2020
Home Berita Liga Indonesia APPI Minta Kejelasan PSSI Soal Gaji Pemain

APPI Minta Kejelasan PSSI Soal Gaji Pemain

Setelah beredar informasi tentang keputusan status force majeur yang dikeluarkan oleh PSSI beberapa aktu lalu yang diakibatkan wabah virus Corona di tengah kompetisi sepak bola Shopee Liga 1 Musim 2020, menimbulkan berbagai tanggapan dari beberpa klub tim sepak bola di Indonesia. Begitu pula dengan Asosiasi Pesepak bola Pofesional Indonesia atau APPI yang menyatakan keberatan pada surat keputusan tersebut pasalnya PSSI dianggap bahwa keputusan yang dikeluarkan PSSI tersebut merupakan sepihak. Dimana PSSI menerbitkan surat yang menyatakan bahwa setiap tim sepak bola pemain Liga 1 dan dua Musim 2020 hanya menerima gaji sebanyak 25 persen.

Dengan adanya kebijakan yang dikuarkan PSSI terkait gaji yang ternyata memperbolehkan memotong gaji sebesar 75 persen. Hal tersebut membuat APPI merasa keberatan karena pasalnya PSSI tidak melakukan keepakatan terlebih dahulu dengan APPI. Oleh karena itu tanpa segn APPI pun mengeluarkan surat yang didalamnya terdapat lima poin ajuan keberatan. Yang diantaranya APPI mengajukan bahwa PSSI mengeluarkan surat putusan tersebut tanpa melibatkan para pesepak bola yang mana sebenarnya para pemain yang mendapatan dampak paling besar.

Adapun poin pengajuan keberatan APPI menyatakan bahwa surat keputusan yang dikeluarkan oleh PSSI mengenai pembayaran gaji pemain sepak bola terhitung bulan April-Juni sebanyak dua puluh lima persen tersebut, mestinya di musawarahkan dahulu oleh kedua pihak yang bersangkutan. Sama halnya dengan pembaharuan kontrak antara klub sepak bola dan para pemain. Hal tersebut menjadi sebuah tindakan yang dinilai kurang bijak yang dilakukan oleh PSSI kali ini.

Selain itu pada poin selajutnya APPI juga menyatakan keberatan pada keputusan pembayaran uang muka dan gaji para pemain . APPI menegaskan meminta penjelasan secara merinci atas keputusan dalam surat yang dikeluarkan PSSI tersebut. Pada poin selanjutnya APPI juga ingin mengetahui ecara detail mengenai kontrak yang harus diperbaharui dan pembatalan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 saat ini. Pernyataan tersebut tertulis dalam surit yang ditulis APPI untuk PSSI.

APPI menyatakan bahwa pihaknya meminta segala keputusan yang dikeluarkan PSSI yang sebenarnya sangat berdampak pada pihak pemain seharunya didiskusikan oleh PSSI dengan melibatkan APPI karena bagaimanapun APPI dalah pihak yang mewakili para pemain sepakbola dan menjadi pihak yang bertanggung jawab atas segala keputsan yang akan diterima oleh para pemain sepaka bola tersebut.

Pengajuan keberatan tersebut diajukan oleh APPI belandaslkan pada apa yang tengah terjadi di tpihak konfederasi antara FIFA dengan fifpro dan AFV dnegan fifpro Asia/Oceania yang tengah berlangsung musyawarahnya. APPI hanya meminta segala keputusan yang dikeluarkan oleh PSSI pada para pesepak bola Indonesia sesuai dengan kesepakatan antara pihaknya dan PSSI tidak hanya memihak pada satu kubu saja.

Adapun APPI menuntut untuk pertemuan dan dikusi untuk membicarakan perihal poin poin yang tertera dalam surat keberatan yang diajukannya pada PSSI. Karena bagamanapun APPI adalah pihak yang bertanggung jawab atas seluruh pesepak bola di Indonesia dan layak untuk tau soal status para pemainnya. Hal tersebut tertera pada surat yang diajukan APPI lengap dengan tanda tangan dari presiden Firman Utina dan wakil presiden Andritany. Hal tersebut sempat memang sempat menjadi kabar yang sempat mengejutkan APPI, pasalnya PSSI mengeluarkan surat putusan tanpa melibatkan pihak APPI yang semestinya menjadi stalkhoolder karena para pemain lah yang mendapat dampaknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Tahun Bersejarah, Kala Persebaya dan Persik Tanding Di Liga Musim 2020

Persebaya dan Persik akhirnya dipertemukan di lapangan pada Liga 1 musim tahun ini, tercatat telah 10 tahun Peribaya dan Persik tak pernah...

Berikut 7 Data dan Fakta Kenapa Barcelona Ditahan Napoli

Selasa (25/2/2020) pada laga leg pertama Liga Champions babak 16 besar, saat melawat ke markas Napoli Barcelona gagal meraih kemenangan di Stadio...

25 Nama Pemain teratas Arsenal yang diberi peringkat terbaik

Thierry Henry telah mengalahkan daftar legenda untuk dinobatkan sebagai pemain Arsenal terbaik sepanjang masa. Henry secara luas dianggap sebagai salah satu pemain...

Ryan Giggs : MU Beli Saja Jadon Snacho dan Jack Grealish Bersamaan

Salah satu berita transfer pemain yang hingga saat ini terus menerus terdengar adalah mengenai Jadon Sancho serta Jack Grealish yang dikait-kaitkan dengan...