29 C
Indonesia
Friday, October 15, 2021
Home Berita Liga Spanyol Ansu Fati : Pencetak Gol Pertama LA Liga

Ansu Fati : Pencetak Gol Pertama LA Liga

Bagi para pemain sepakbola, di usia 16 tahun kebanyakan pemain masih coba merintis karir dan mengembangkan kemampuannya di Akademi sepakbola atau bermain di klub yang memiliki reputasi yang masih rendah, kebanyakan nama mereka akan melejit dan muncul di usia 18 sampai 23 tahun, namun hal itu tidak berlaku bagi pemain yang satu ini, di usia 16 tahun tersebut dia sudah mampu masuk ke squad tim sebesar FC Barcelona, dialah Ansu Fati.

Pemain bernama lengkap Anssumane Fati ini lahir di Bissau pada 31 Oktober 2002, dia pindah ke Spanyol saat usianya baru menginjak 6 tahun, disana dia tinggal di Sevilla Andalusia dan sempat bergabung dengan Akademi Sevilla FC, Ansu Fati terlahir dari keluarga sepak bola, kedua kakaknya Braima dan Miguel juga merupakan seorang pesepakbola dan sempat juga dikaitkan dengan Barcelona, sementara ayahnya yang bernama Bori merupakan seorang pemain profesional di negaranya, Ansu Fati bergabung dengan Akademi Sepakbola Barcelona La Masia pada usia 10 tahun.


Bakatnya tidak hanya diminati oleh Barcelona saja, akan tetapi Real Madrid yang menjadi rival utama Barcelona juga meminati dan ingin mendapatkan tanda tangannya, saat Ansu Fati dan keluarganya masih berada di Sevilla, Real Madrid sempat menawarkan kontrak dengan nilai dan syarat yang lebih baik dari Barcelona, akan tetapi pada akhirnya pilihan Ansu Fati dan ayahnya jatuh kepada Barcelona karena pihak mereka langsung datang ke rumahnya dengan surat kontrak yang berhasil meyakinkan ayahnya.

Sejak bergabung dengan Barcelona, Ansu Fati berhasil mencuri perhatian di LA Liga Spanyol musim 2019/2020, dia muncul dan mencuri perhatian saat dirinya dipercaya tampil di tim utama Barcelona, tak hanya sekedar tampil bermain, di usianya juga yang masih sangat muda itu Fati berhasil mencetak 2 gol hanya dalam 3 pertandingan, bahkan apabila dihitung menit bermainnya Ansu Fati berhasi mencetak 2 gol dan 1 assist hanya dalam tempo 116 menit, gol petama yang dicetaknya ke gawang Osasuna mencatatkan dirinya rekor sebagai pencetak gol termuda di sepanjang sejarah Barcelona yaitu di usia 16 tahun 304 hari.

Tak hanya itu dia juga menjadi pemain kedua termudah saat menjalani debut di tim senior Barcelona yaitu di usia 16 tahun 298 hari, Ansu Fati hanya kalah lebih tua 18 hari dari pemegang rekor usia termuda Vicenc Martines yang menjalani debut di Barcelona sekitar tahun 1941, dengan usianya yang masih sangat belia dan prestasinya yang sangat luar biasa membuat publik sepakbola pun bertanya-tanya tentang siapa sebenarnya sosok Ansu Fati ini.

Di Barcelona dia langsung berhasil menunjukan kemampuannya di lapangan, dia konsisten mengisi posisi starter di setiap pertandingan yang diikutinya dan ikut berperan besar dalam level yang lebih luas seperti UEFA Youth League, musim lalu dia mencetak 4 gol dan 3 assist dalam 9 laga yang diikutinya, termasuk saat Barcelona kalah dari Chelsea lewat babak adu penalty di babak semi final.

Pelatih Juvenil B Victor Valdes sangat terkesan pada kemampuan Ansu Fati, menurutnya Fati adalah seorang pemain yang kuat, cepat dan percaya diri, hal itulah yang membuatnya tidak kaget saat melihat penampilan menawan Fati bersama tim senior Barcelona ketika menjamu Real Betis, Fati sendiri sudah memperbaharui kontraknya pada awal tahun ini, Barcelona mencantumkan klausul pelepasan bernilai 100 Juta Euro atau sekitar 1,5 Triliyun Rupiah bila ada tim yang meminati bakatnya, penampilannya bersama Barcelona kini berhasi membuka mata fans, hal tersebut bisa terlihat dari jumlah followers Instagramnya yang meningkat pesat dari 64 ribu menjadi 1,4 juta followers.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Favorit

Daftar 3 Mantan Pemain yang Gagal Bersinar saat bermain bersama Chelsea

Chelsea sempat menyia- nyiakan bakat sebagian pemain ternama. Mereka pernah kandas membagikan donasi optimal buat The Blues. Salah satu yang lumayan fenomenal...

PEPE : Sang Profokator Yang Menggugah Emosi Lawan

Kepler Laveran Lima Fereira atau yang lebih dikenal dengan nama Pepe adalah seorang pemain belakang yang terkenal dengan kualitas dan attitude nya...

Persija Cari Playmaker Asing, Ini 3 Pemain Asal Eropa Keturunan Indonesia

Persija Jakarta yang menjadi juara di Liga 1 musim 2018, telah merekrut sedikitnya 3 playmaker asal Eropa yang memiliki darah Indonesia. Pelaksanaan...

Di Tengah Pandemi Corona Virus Barcelona Memanas Tetap Potong Gaji Pemain Hingga 70 Persen

Barcelona senantiasa simak rute ERTE dan memangkas gaji dari pemain mencapai 70 persen , walaupun skuad MENOLAK dan cuma minta pemotongan 50...