29 C
Indonesia
Monday, November 30, 2020
Home Berita Internasional Aksi Kemanusiaan Pesepak Bola Dunia Menghadapi Wabah

Aksi Kemanusiaan Pesepak Bola Dunia Menghadapi Wabah

Dunia kini telah dilanda wabah yang sangat serius, novel coronavirus 2019 atau sering disebut covid-19. Semua pemberitaan dunia terfokus pada masalah ini, jumlah positif hingga yang meninggal. Banyak informasi yang membuat masyarakat dunia makin panic dengan situasi ini.

Namun covid-19 juga memicu berbagai gerakan sosial masyarakat dunia untuk saling membantu dan bergotong royong dalam menghadapinya. Beragam aksi sosial itu juga dilakukan para pesebak bola dunia dan bahkan klub-klub di berbagai Liga top dunia. Ini adalah salah satu hikmah yang bisa diambil dari wabah yang sudah menginfeksi 200 ribu lebih secara global.

Sebut saja Bundesliga, klub-klub besar saling memberikan bantuan kepada klub-klub kecil. Kita tahu bahwa covid-19 membuat kompetisi ditutup sementara sehingga sumber pendapat klub dari sector kedatangan fans di stadion hilang seketika. Jika ini terjadi pada klub besar, maka tidak terlalu masalah, mereka masih bisa menyeimbangkan neraca keuangannya. Namun, bagi klub kecil, ini sama dengan malapetaka. Mereka dihadapkan pada kemungkinan mengalami kebangkrutan.

Beberapa klub dari Bundesliga yang memberikan subsidi bantuan kepada klub-klub kecil adalah Bayern Muenchen, Borussia Dormund, RB Leipzig dan Bayern Leverkusen. Masing-masing dari mereka memberikan bantuan senilai EUR 5 juta (Rp 90 miliar). ini adalah bentuk saling empati dan solidaritas sesama klub di Bundeslia.

Tidak hanya klub, para pemain juga ikut membantu dengan berbagai hal yang bisa dilakukan. Javi Martinez misalnya, ia turut bergabung dengan red cross-lembaga sosial- untuk membantu mengantarkan sembako kepada para pembeli yang tidak bisa keluar rumah karena kebijakan social distancing. Martinez mengungkapkan kekagumannya kepada lembaga nirlaba seperti red cross dalam akun media sosialnya. ”Mereka sudah mengerjakan aktivitas yang luar biasa selama ini,” tulis Martinez di akun instagramnya.

Thiago Alcantara bersama sang adik, Rafinha juga melakukan aksi sosial. Mereka bergabung dengan Unicef melalui yayasan keluarga Alcantara. Mereka memiliki tugas khusus memberikan edukasi kepada anak-anak agar bisa melalui masa-masa social distancing yang mengharuskan mereka dirumah saja. Tidak seperti orang dewasa yang bisa melakukan manajemen stress selama masa social distancing, anak-anak butuh bimbingan orang dewasa dan keikutsertaan pemain top akan sangat membantu.

Striker Robert Lewandowski mengawali aksi solidaritas punggawa FC Holywood. Pekan lalu bersama sang istri, pemain yang berasal dari Polandia ini menyumbang EUR 1 juta (Rp 1 miliar). Aksi donasi ini juga diikuti oleh dua pemain Bayern Muenchen lainnya, Joshua Kimmich dan Leon Goretzka. Masing-masing dari mereka menyumbang EUR 500 ribu (Rp 9 miliar) dan juga melakukan aksi penggalangan dana dengan gerakan yang bernama We Kick Corona.

Marco Reus, pemain Borrusia Dortmund melakukan aksi sosial yang terinspirasi dari #HelpYourHometown, ia mendonasikan EUR 500 ribu untuk membantu orang-orang dan juga usaha kecil di kota kelahirannya, Dortmund. “Kami telah mendengar bagaimana nasib usaha kecil seperti tukang pangkas rambut, restoran dan juga butik. Pada situasi inilah kami ingin sekali membantu,” tutur pemain yang kini sudah menginjak 30 tahun.

Aksi dukungan moral juga dilakukan mantan penjaga gawang Real Madrid, Iker casillas. Ia memilih mencukur habis rambutnya untuk memberikan dukungan psikologis kepada orang-orang yang terkena dampak langsung pandemic ini. Langkah yang sama dengan Iker juga dilakukan oleh Eden Hazard, Paul Pogba, dan bek kanan Arsenal Hector Bellerin. Aksi mencukur rambut ini harapannya juga mendukung penguasaha barbershop yang juga terimbas dampak ekonomi dari covid-19. Banyak lapak pangkas rambut para pemain bola diketahui mulai sepi order karena kebijakan social distancing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

AFF Ditunda Timnas U-16 Batal Tc

Pelatih Timnas Indonesia U- 16, Bima Sakti, mengaku lagi memikirkan ulang program pemusatan latihan( TC) Timnas Indonesia U- 16, Tadinya Bima mau...

Mengungkap Alasan Torres Lebih Pilih City Ketimbang Klub Lain

Pada musim ini Manchester City bukan satu-satunya klub yang ingin memboyong Ferran Torres. Rupanya ada beberapa klub lain yang juga meminati sang...

Jamie Vardy Hatrick, Leicester City Pecundangi Manchester City

Jamie Vardy Trigol pemain penyerang Leicester City menjadi momok untuk lini belakang Manchester City pada saat Laga pekan ketiga Premier League....

Erling Haaland Dipastikan Tidak Akan Dipelas Dortmund

Klub dari Bundesliga, Borussia Dortmund saat ini sudah mengambil sikap terkait dengan masa depan yang dimiliki oleh pemain andalam mereka, Erling Braut...