29 C
Indonesia
Thursday, October 1, 2020
Home Berita Internasional Akibat Virus Corona, Harga Paul Pogba Anjlok Jadi Setara dengan Pemain Baru

Akibat Virus Corona, Harga Paul Pogba Anjlok Jadi Setara dengan Pemain Baru

CIES Football Observatory memperkirakan nilai pemain-pemain sepak bola Eropa, termasuk Paul Pogba, akan mengalami penurunan akibat tidak adanya kompetisi menyusul pandemi virus Corona di dunia.

Paul Pogba sering absen karena tidak kunjung pulih 100% dari cederanya.
Kondisi tersebut bisa merugikan Pogba, karena sekarang nilai transfer gelandang berusia 27 tahun itu diperkirakan bakal semakin turun gara-gara virus Corona atau COVID-19. Dalam laporan terbarunya, CIES Football Observatory memperkirakan efek dari pandemi virus Corona terhadap nilai transfer pemain-pemain di 5 liga top Eropa.


Karena tidak ada pertandingan dan tidak ada kontrak yang diperpanjang setidaknya hingga akhir Juni, CIES Football Observatory menyatakan akan ada penurunan nilai transfer pemain.
Secara keseluruhan, nilai transfer pemain-pemain di 5 liga top Eropa diperkirakan menurun sampai 28%.

Dari sekitar total 32,7 miliar euro menjadi sekitar 23,4 miliar euro
Sejumlah faktor akan memengaruhi perubahan nilai transfer pemain sepak bola. Diantaranya bisa dilihat dari segi usia pemain, durasi kontrak, jalur karier, dan performa terakhir.

Pemain-pemain yang sudah jarang bermain bahkan sebelum pandemi virus Corona ini melanda seluruh belahan dunia diperkirakan bakal mengalami penurunan nilai transfer yang paling signifikan.

Sebut saja Pogba, yang terakhir kali bermain untuk Manchester United di Liga Inggris pada 26 Desember 2019. Dalam kondisi normal saja, nilai transfer Paul Pogba saat ini sudah turun drastis dari sekitar 80-90 juta euro menjadi 65 juta euro karena dia belakangan ini jarang bermain.

COVID-19 bakal membuat nilai Paul Pogba semakin anjlok
CIES Football Observatory memperkirakan pemain timnas Prancis itu jadi hanya akan bernilai 35 juta euro atau sekitar 630 miliar rupiah, yang berarti mengalami penurunan hampir setengahnya.

Secara luar biasa, angka 35 juta euro itu menempatkan Paul Pogba setara dengan dua gelandang yang baru melakukan debutnya. Seperti, Sandro Tonali (Brescia) dan Dejan Kulusevski (Parma) masih muda, belum banyak pengalaman, dan baru mulai muncul di divisi utama Liga Italia musim ini.

Nilai transfer keduanya ditaksir CIES Football Observatory masih di angka 30-40 juta euro.
Walau masih dibilang pemain bau kencur, Tonali dan Kulusevski sudah mencuri perhatian klub-klub top. Tonali diincar mantan klub Pogba, Juventus, sementara Kulusevski malah sudah direkrut Juventus pada bursa transfer musim dingin lalu.

Pria kelahiran 15 Maret ini merupakan pemain sepak bola tim nasional Perancis yang bermain gemilang bersama klub Inggris yaitu Manchester United. Dia merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang dengan peran yang amat baik dalam urusan menyerang maupun bertahan. Pogba digambarkan oleh mantan klub yang mengasah kemampuannya sehingga menjadi pemain profesional di Manchester United, di Manchester United ia merupakan pemain yang kreatif, terampil dan kuat.
Paul Pogba memulai karir nya dalam dunia sepak bola sejak tahun 1999. Kala itu ia masih berusia 6 tahun dan bergabung dengan salah satu klub sepak bola lokal yaitu Roissy-en-Brie. Ia bermain untuk klub junior lokal tersebut selama 6 tahun lamanya.

Pada usianya yang menginjak 12 tahun ia bergabung dengan tim junior Torcy FC. Namun hanya semusim Pogba bermain di klub ini. Karir sepak bola Pogba kemudian berlabuh bersama dengan Le Havre FC. Ia bermain untuk klub ini selama 2 musim lamanya.

Pada musim keduanya bermain untuk Le Havre, ia menjadi kapten tim U-16 Havre dan sukses membawa timnya masuk ke babak final liga domestik. Ia sukses membantu Le Havre finish di peringkat kedua dibawah Lens. Performa apiknya sukses membawa Le Havre bercokol diatas tim-tim elite seperti Lyon dan Nancy. Atas dasar pertimbangan performanya yang gemilang, banyak klub-klub elite eropa yang mulai menaruh ketertarikan pada diri pemain yang memiliki nama lengkap Paul Labile Pogba ini.

Kemudian di tahun 2009 pogba bergabung ke akademi sepak bola Manchester United dan sempat bermain untuk MU ketika beusia 17 tahun. Sayangnya ia hanya diberi kesempatan bermain 3 kali saja. Setelah merasa kurang berkembang bersama dengan akademi Setan Merah, akhirnya Pogba memutuskan untuk pindah ke klub Serie A Italia yaitu Juventus FC.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Juergen Klopp Nyaris Merapat Ke Timnas Mexico, Sebelum Akhirnya Dipinang Liverpool

Pada lima tahun lalu nampaknya adalah keberuntungan besar bagi Liverpool, karena kala itu Juergen Klopp bersedia untuk menerima pinangan mereka. Padahal sebelum...

La Liga Bisa Comeback pada Pertengahan Mei Mendatang

Javier Tebas selaku Presiden La Liga, mengungkapkan bahwa gelaran kompetisi Liga Spanyol bisa saja kembali bergulir pada pertengahan Mei 2020 mendatang. Liga Spanyol...

Tim Eropa Yang Performanya Menurun

Tim Top Eropa Yang Performanya Sedang Menurun - Tim- tim besar baik dimasing-masing di tiap liga tentu senantiasa menciptakan suatu permainan yang...

Pemain Sepakbola Dengan Fisik Terkuat

Menjadi seorang pemain sepakbola di dunia ini tentu saja bukanlah suatu yang mudah untuk dilakukan. Terutama karena nantinya memang harus dilengkapi skill...