29 C
Indonesia
Sunday, September 27, 2020
Home Berita Internasional Akibat Virus Corona, Agenda Sepak Bola Asia Dihentikan

Akibat Virus Corona, Agenda Sepak Bola Asia Dihentikan

Wabah virus Corona yang hingga saat ini telah merebak ke hampir seluruh negara di dunia membuat agenda-agenda olahraga yang telah disusun selama tahun 2002 carut marut. Olahraga sepak bola termasuk olahraga yang terdampak oleh pandemi virus Corona ini. Presiden federasi olahraga sepak bola dunia, FIFA, Glanni Infantino menyebutkan bahwa sepak bola di seluruh dunia harus siap dalam menghadapi akibat terburuk dari virus ini.

Kini, semua orang lebih mengutamakan keselamatan manusia dibanding melanjutkan ajang-ajang kompetisi olahraga yang memiliki tingkat risiko penularan virus Corona yang tinggi. “Kesehatan adalah hal yang utama, setelah itu yang lainnya.” Ucap Infantino kepada media La Gazzetta della Sport, dikutip dari Football Italia.

Dibawah FIFA, yaitu federasi yang menangani sepak bola seluruh dunia, ada yang namanya AFC yang membawahi kompetisi antar klub dan negara se-Asia. AFC juga telah terdampak pandemi virus Corona ini. Malah beberapa kompetisi domestik di Asia paling dahulu dihentikan sejak mewabahnya virus itu di Wuhan, Tiongkok.

Kompetisi tertinggi di Tiongkok, Liga Super China seharusnya dimulai pada awal Februari. Akibat virus ini, kompetisi Liga China ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan. Pada 31 Januari lalu, asosiasi sepak bola China (CFA) mengumumkan bahwa kompetisi ditunda. Padahal, Liga China musim ini bakal menyajikan pertandingan menarik, karena mendatangkan mantan pemain Premier League yaitu Maouane Fellaini yang membela tim Shandong Lueng, juga Yaya Toure yang membela Qingdao Huanghai.

Asosiasi Sepak Bola China menyampaikan bahwa mereka tidak memiliki pilihan lain selain menghentikan kompetisi di semua level untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19 ini.
Kompetisi sepak bola nasional tahun 2020 di semua level ditunda untuk membantu mencegah dan mengendalikan epidemic pneumonia dari infeksi virus Covid-19 baru. Juga untuk melindungi kesehatan pendukung, media, pemain, ofisial, klub dan staf lokal” begitu pernyataan resmi dari CFA.

Liga Asia Lainnya Menyusul Dihentikan
Setelah Liga Super China yang telah dihentikan lebih dulu, Korea resmi mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan kompetisi sepak bola di semua level setelah wabah ini masuk ke negara Ginseng tersebut. Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA), menunda beberapa jadwal yang seharusnya bergulir setelah banyak kasus pasien Corona terjadi di kota Daegu.

Setelah liga Korea, giliran negara Jepang yang menghentikan kompetisinya sampai batas waktu yang belum ditentukan. Bahkan sistem degradasi untuk kompetisi kasta pertama dan kedua J-League dihilangkan karena pandemi ini.

Lalu, kompetisi-kompetisi di negara Asia Tenggara pun mulai dihentikan. Seperti Liga Thailand dan Vietnam. Kedua negara ini dua negara pertama yang menghentikan liga di wilayah Asia Tenggara. Kemudian, disusul liga Singapura, Malaysia, dan Indonesia.

Asosiasi sepak bola Indonesia (PSSI), menghentikan semua level kompetisi sampai waktu yang belum ditentukan setelah peningkatan kasus penularan Covid-19 di Jakarta dan beberapa kota di Indonesia. Awalnya PSSI menghentikan kompetisi selama dua pekan, tetapi pengumuman terakhir menjelaskan bahwa PSSI memperpanjang penundaan hingga waktu yang belum ditentukan.

Pengaruh Terhadap Piala AFC, LCA
Selain liga domestik di Asia Tenggara banyak yang dihentikan, semua liga antar klub di Asia pun dihentikan termasuk Liga Champion Asia, dan Piala AFC 2020.

Presiden AFC, Syaikh Salman menyebutkan bahwa banyak penundaan dan perubahan jadwal kompetisi liga domestik dan antar klub. Semua itu demi melindungi semua pemain, ofisial, staf, dan jutaan supporter. Kesehatan menjadi prioritas Kami ditengah merebaknya pandemi Covid-19. Ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Konflik Internal Barcelona Mengenai Gaji Pemain

Barcelona sudah kita kenal sejak dahulu sebagai salah satu klub besar eropa yang sangat hebat. Baik itu dari segi sepakbola sampai dengan...

Striker Persib Bandung Positif Corona

Berita sepakbola saat ini adalah masih dalam tahap yang bisa dibilang tidak bagus. Belum lama ini ada berita dari Persib Bandung dimana...

Bayern Munich Kunci Gelar Juara Usai Menang Tipis Atas Bremen

Kemenangan tipis yang didapatkan oleh Bayern Munich atas Werder Bremen, sebesar 1-0, di pekan ke 31 Bundes Liga, berhasil membawa Bayern Munich...

Minim Kontribusi, Gareth Bale Akan Didepak Secara Gratis Oleh Los Blancos

Pemain sayap Real Madrid, Gareth Bale diklaim sudah tidak lagi dibutuhkan oleh klub raksasa Spanyol itu. Bahkan dikabarkan bahwa pemain asal Wales...