29 C
Indonesia
Wednesday, September 23, 2020
Home Berita Liga Indonesia Ada Hikmah Dibalik Penghentian Kompetisi Shopee Liga 1

Ada Hikmah Dibalik Penghentian Kompetisi Shopee Liga 1

Jumlah pasien positif terinfeksi Virus Corona atau COVID-19 di Indonesia kian bertambah menjadi 579 orang pada Senin (23/3) kemarin. Bahkan korban meninggal pun meningkat menjadi 49 orang, dengan jumlah yang sembuh mencapai 30 pasien.

Jumlah ini telah dipastikan meningkat jika dibandingkan dengan jumlah pasien virus Corona pada Minggu (22/3), yang baru mencapai 514 orang, 48 Meninggal, dan 29 Sembuh. Sementara, jumlah korban yang meninggal dunia bertambah satu orang dari hari sebelumnya. Korban terbanyak yang terinfeksi virus Corona ini masih berasal dari Jakarta, yakni sebanyak 29 orang.

Pandemi virus Corona yang mengancam keselamatan jiwa di berbagai belahan bumi ini juga mengancam dunia persepakbolaan. Sebut saja di Indonesia sendiri, berbagai kompetisi yang sedang berlangsung terpaksa dihentikan sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan.

Berdasarkan himbauan langsung dari pemerintah yang mengatakan untuk tidak menggelar acara publik dalam upaya penanganan wabah virus Corona atau COVID-19, PSSI akhirnya memutuskan untuk menghentikan kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 per hari Minggu (22/3).

Sebelumnya PSSI memutuskan untuk menunda jalannya kompetisi hingga dua pekan, terhitung sejak tanggal 16 Maret, namun melihat pandemi Virus Corona di Indonesia yang tidak kunjung menurun kunjung menurun, akhirnya PSSI menyampaikan keputusan berat yang harus diambil, keputusan tersebut adalah kompetisi harus dihentikan.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyampaikan pengumuman tersebut lewat surat resmi kepada PT Liga Indonesia Baru pada 18 Maret lalu, terkait penghentian kompetisi. Surat ini juga ditembuskan kepada Menpora, Ketum Koni, dan para klub peserta Shopee Liga 1 dan Liga 2.

Terlepas dari keputusan berat yang harus diambil oleh PSSI, terkait kompetisi yang harus dihentikan. Sejumlah klub-klub sepak bola di Indonesia mengatakan ada hikmah dibalik keputusan tersebut. Salah satu klub yang merasakan hikmah dibalik keputusan PSSI ini adalah tim Laskar Antasari. Barito Putera adalah klub sepak bola Indonesia yang berbasis di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Selepas menjalani tes medis virus Corona atau COVID-19 pekan lalu di Banjarmasin, seluruh tim Barito Putera langsung diliburkan. Padahal, rencananya di pekan ini Rizki Pora dkk akan berlatih bersama tim.

Namun, rencana tersebut terpaksa harus dibatalkan. Manajemen Laskar Antasari menambah masa libur para pemain Barito Putera hingga batas waktu yang belum dapat dipastikan. Kebijakan tersebut diambil untuk menindaklanjuti pengumuman resmi yang telah disampaikan oleh PSSI terkait penghentian kompetisi sepak bola nasional di semua tingkatan.

Manajer Barito Putera, Mundari Karya, mengatakan bahwa seharusnya semua pemain Barito Putera kembali berlatih pekan ini. “Seharusnya pemain kembali latihan pekan ini. Tetapi karena PSSI mengumumkan kompetisi dihentikan, maka kami liburkan anak-anak hingga ada pengumuman lebih lanjut dari manajemen,” kata Mundari Karya.

Meski demikian, Mundari Karya tetap menginstruksikan kepada para pemain Barito Putera untuk tetap berlatih mandiri di rumah mereka masing-masing. “Kami ambil hikmahnya saja. Ketika pengumuman PSSI keluar, kami memang meliburkan pemain. Kebetulan mereka belum balik ke Banjarmasin. Sehingga manajemen juga bisa menghemat biaya pesawat bagi pemain,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Mundari Karya, mengatakan bahwa semua pemain dan manajemen Barito Putera bersedia untuk mematuhi semua kebijakan PSSI. “Kami siap bila kompetisi harus berhenti, dilanjutkan, atau dibubarkan musim ini. Karena semua tidak tahu sampai kapan pandemi virus Corona ini berakhir. Tapi kami berdoa semoga cepat berlalu musibah ini,” lanjutnya.

Ada sepuluh klub Liga 1 2020 yang pada Minggu (22/3) menggelar virtual meeting. Virtual meeting ini digagas oleh Direktur Madura United, Haruna Soemitro. Salah satu tim sepak bola yang menghadiri virtual meeting tersebut adalah Barito Putera. Virtual meeting atau pertemuan jarak jauh tersebut sebagai respons atas penghentian kompetisi oleh organisasi sepak bola tertinggi di Indonesia, yakni PSSI.

Adapun poin-poin yang dihasilkan dari virtual meeting ini adalah sebagai berikut.

  1. Bagi setiap klub yang sudah menandatangani kontrak bisnis dengan para pihak, terkait guna memastikan bahwa status gaji para pemain, pelatih, dan manajemen tim dapat dibayarkan maksimal sebesar 25% sejak bulan Maret lalu, hingga kick-off pembukaan kembali kompetisi setelah adanya pengumuman dari pemerintah bahwa negara Indonesia telah bebas dari wabah virus Corona atau COVID-19.
  2. Jika pemerintah Indonesia menyatakan akan melakukan lockdown secara total, bencana nasional, maka secara otomatis semua kontrak bisnis dengan para pihak terkait menjadi batal secara hukum, sehingga semua klub dibebaskan dari kewajiban yang sudah tertera di dalam kontrak, termasuk dengan pemain, pelatih, manajemen tim, dan juga sponsor.
  3. PT Liga Indonesia Baru diminta agar tetap membayarkan hak subsidi kepada klub yang sudah ditetapkan sebelumnya, hak tersebut tetap dibayarkan untuk bagian bulan Maret 2020.
  4. PSSI melalui komite legal melakukan langkah-langkah kongkret dengan menginisiasi keputusan yang dapat melindungi para pihak, khususnya dari masing-masing klub, mulai dari tuntutan atau gugatan para pihak yang dapat merugikan khususnya bagi klub sebagai peserta kompetisi di liga Indonesia ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

RB Leipzig Pastikan Tiket Semifinal Liga Champions Tantang PSG

Ada kejutan dalam babak perempat final Liga Champions yang mempertemukan RB Leipzig vs Atletico Madrid. Yang mana di laga tersebut ternyata RB...

Kesalahan Fatal Para Pemain Sepakbola yang membuat Timnya Gagal Juara

Banyak kejadian apes yang menimpa pemain sepak bola. Tiap pesepak bola tentu berharap ingin jadi pahlawan tim yang dibelanya dalam upaya mencapai...

Para Pemain Singapura Dan Malaysia Yang Pernah Eksis Di Kompetisi Liga Indonesia

Karena Pergantian timlasi legiun asing di Liga Indonesia pada tahun 2009- 2010 membuat klub kebingungan untuk memenuhi kuota timnuya. Rencana beberapa tim...

Rangkuman Beritabola Terbaru 17 Maret 2020

Beritabola adalah hal yang selalu ditunggu banyak orang. Terutama karena olahraga ini adalah termasuk yang paling populer di dunia. Untuk sekarang sendri...