29 C
Indonesia
Monday, October 19, 2020
Home Berita Liga Italia Ada Ancaman Corona, Liga Italia Berpotensi Tak Lagi Dilanjutkan

Ada Ancaman Corona, Liga Italia Berpotensi Tak Lagi Dilanjutkan

Berita bola Liga Italia saat ini masih ramai membahas seputar dampak virus Corona. Kita semua sama tahu bahwa saat ini Italia sedang di lockdown karena wabah virus Corona yang menyebar di negara tersebut.

Pihak pemerintah Italia beberapa waktu lalu telah mengambil tindakan tegas untuk menghentikan seluruh agenda olahraga dan juga Liga Italia termasuk didalamnya. Tindakan tersebut terpaksa harus mereka ambil untuk melakukan antisipasi penyebaran virus ganas Corona.

Dengan keputusan yang telah diambil oleh pemerintah Italia, saat ini Liga Italia atau lebih kita kenal dengan Serie A, statusnya sedang ditangguhkan. Seiring dengan memburuknya keadaan di Italia dikabarkan Liga Italia kedepan akan berpotensi tidak dilanjutkan.

Berdasarkan data yang ada negara Italia menjadi negara terparah kedua yang terdampak wabah virus corona. Untuk posisi negara pertama terparah hingga saat ini masih ditempati oleh China, yang notabenya merupakan negara asal virus tersebut. Hingga hari ini tercatat telah ada 9.172 kasus corona di italia dan angka kematian yang diderita masyarakat mencapai angka 463. Data tersebut berdasarkan yang telah dilansir oleh WHO.

Bisa dikatakn sata ini Italia tengah mengalami keadaan yang sangat genting, maka fokus utama pemerintah Italia adalah meredam virus Corona, segala upaya dialkukan untuk penyembuhan pasien, dan juga untuk mencegah agar penyebarannya tidak kian meluas dan semakin banyak orang tertular. Demi kepentingan bersama maka pemerintah melalui Perdana Menteri mereka telah membuat konferensi pers yang didalamnya juga memutuskan untuk menghentikan seluruh kegiatan olahraga, setidaknya sampai tanggal 3 April nanti.

Sebelum mengambil keputusan tersebut, telah banyak pihak yang menuntut pemerintah agar tegas memberhentikan seluruh kegiatan keramaian, termasuk olahraga yang mana paling menyedot keramaian adalah sepakbola. Keputusan ini juga diambil berdasarkan saran yang diberikan oleh Federasi Sepakbola Italia atau FIGC. Selain ditangguhkan ada opsi lain untuk Liga Italia, yang mana opsi tersebut adalah memberhentikan rangkaian Serie A.

Untuk menindak lanjuti Serie A ada beberapa opsi yang didapatkan dari hasil diskusi. Pilihan pertama pihak penyelenggara bisa menggelar play-off guna menentukan siapakah tim yang akan berhak mengangkat trofi juara Serie A musim ini. Selain itu play off juga akan langsung mentukan tim mana saja yang akan bisa berlaga di kancah kompetisi Eropa (Liga Champions), sekaligus menentukan 3 tim yang harsu terdegradasi.

Pilihan kedua adalah mematenkan klasemen sementara yang ada saat ini. Jika melihat hasil klasemen sementara saat ini maka tim yang berhak mengangkat scudetto adalah Juventus, lalu di posisi kedua ada Lazio, disusul Inter Milan, dan posisi ke 4 ada Atalanta. Sedangkan tiga tim yang harus terdegradasi adalah Lecce, SPAL, dan juga Brescia, karena ketiganya saat ini menempati posisi 3 terendah di klasemen sementara Serie A musim 2019/2020.

Virus Corona memang sangat merebak di Italia, karenanya di beberapa pekan terakhir telah banyak aspek permasyarakatan yang terganggu, mulai dari perekonomian, pariwisata dan juga olah raga. Di beberapa pekan terakhir Serie A juga terpaksa tampil tanpa penonton, serta beberapa laga terpaksa ditunda.

Kasus yang hampir sama terjadi saat musim 2004/2005 kala itu Serie A tidak memiliki juara dikarenakan ada Calciopoli yang juga merebak di Italia, meskipun Juventus seharusnya menjadi juara akan tetapi gelar tersebut pada kemudian harus dicopot.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Melihat Sepak Terjang Kepelatihan Robert Rene Albert Sebelum Menangani Persib Bandung

Persib Bandung saat ini menggantungkan harapan mereka pada pelatih asal Belanda, Robert Alberts. Selama ini, Robert sanggup membawa tim Maung Bandung menyapu...

Sanchez Diyakini Bakal Jadi Pemain Penting di Manchester United Musim Depan

Pemain pinjaman Inter Milan, Alexis Sanchez, diyakini akan menjadi bagian penting untuk Manchester United pada musim depan. Saat masih berseragam merah Arsenal,...

Menyoal Nasib Liga Inggris, MU Dikabarkan Siap Kosongkan Old Trafford

Berkaitan dengan rumor yang menyatakan Liga Inggris kemungkinan akan dilanjutkan tanpa penonton, membuat MU dikabarkan kini siap untuk mengosongkan Old Trafford hingga...

Ivan Perisic Amat Bahagia Bisa Pulang ke Inter Milan

Perisic telah menyelesaikan masa pinjamannya di Bayern Munchen, dan kini ia telah kembali pulang ke Inter Milan. Soal kepulangannya ke Inter Milan,...