29 C
Indonesia
Thursday, October 1, 2020
Home E-Sports 5 Team E-sport Yang Jadi Incaran Sponsor

5 Team E-sport Yang Jadi Incaran Sponsor

Para pelaku usaha e-sport menuturkan bahwa potensi bisnis cabang olahraga virtual tersebut tak kalah bagus dengan olahraga konvensional biasa. Presiden Direktur Aerowolf, Iwan Iman, misalnya, mengatakan sekian banyak pemilik brand komersial sekarang berlomba-lomba menyalurkan sokongan untuk kesebelasan e-sport.

Riset Google Bain & Company yang berjudul “e-Conomy SEA 2019” memprediksi pasar online gaming di Asia Tenggara telah menyentuh US$ 4,2 miliar dalam rupiah sebesar Rp 60,9 triliun. Ada pula potensi pasar online gaming di Indonesia selama US$ 0,385 miliar atau dalam rupiah sebesar Rp 5,3 triliun. Angka tersebut sekitar sebelas persen dari nilai total di pasar media online di Indonesia yang menjangkau US$ 3,5 miliar. Rilis yang dikutip bulan tersebut juga mencerminkan sekitar 60-80 juta warga Indonesia memainkan game berbentuk online.

Dengan perputaran duit sebesar itu, menurut keterangan dari Iwan Iman, semua atlet e-sport bisa berubah jadi etalase untuk bisnis industri game. Olahraga virtual ini pun mendatangkan rezeki yang banyak untuk para pelaku usaha lainnya. “Perlombaan e-sport dapat menghasilkan ribuan orang,” kata dia. Dari situlah muncul sekian banyak talenta, pekerja tata panggung, sampai event organizer. Sejumlah team papan atas e-sport memperebutkan selama 80 persen dari pasar sponsor Tanah Air.

Di sisi lain dari pemasukan sponsor, kesebelasan profesional lain laksana Evos pun membangun bisnis dengan menawarkan produk-produk dari team evos untuk di jual kepada masyarakat luas khusunya untuk para fans evos. Misalnya kaus dan jaket klub. “Dua tahun lalu, penjualan produk-produk team esport evos kami selama 3.000 unit per bulan. Sekarang telah berlipat-lipat ganda,” kata Merchandise Manager Evos, Yansen Wijaya.

Berikut ini laj lima tim e-sport papan atas yang sering menjadi jawara di tingkat nasional dan Asia Tenggara yang mulai kebanjiran pendanaan dari suatu brand. Setiap klub paling tidak mendapat sokongan dana dari investor sampai Rp 50 miliar.

1.Evos E-sport
Berdiri: 2016 yang memiliki Cabang e-sport andalan: Mobile Legends, AOV, PUBG Mobile, FF, PB, LOL, CODM evos sendiri sudah banyak sekali prestasi yang di dapatkan seperti Juara MPL Season 2 untuk persaingan Mobile Legends; langganan ikut serta dalam kejuaraan major tingkat Asia-Pasifik; dan juara sekian banyak lomba tingkat Asia Tenggara dan Asia. Dan evos e-sport disponsori olebh Nimotv, Pop Mie, Axe, Krip Krip dengan pengikut di media social sebanyak 2,5 juta.

2.RRQ
Berdiri pada tahun 2017 kini sudah memiliki cabang e-sport andalan yaitu Dota 2 ,Mobile Legends, PUBG Pc, PUBG Mobile, CODM dan masi banyak lagi. Sama seperti evos prestasi RRQ sudah banyak seperti kualifikasi zona Asia Tenggara Dota 2 International pada 2014, 2016, dan 2018, juara dunia POINBLANK dan masih banyak lagi. RRQ sendiri disponsori oleh berbagai brand seperti Biznet, Asus, Sukro, Popmie, Cinema 21, Gopay dan sudah memiliki Pengikut di media social sebanyak 1,5 juta.

3.Bigetron e-Sport
Berdiri pada tahun 2017 yang memiliki Cabang e-sport andalan yaitu PUBG Mobile, League of Legends, Mobile Legends,FF, CODM. Bigetron sendiri sudah memiliki Prestasi misalnya Juara 1 di AOV Game Prime Asia 2017, Juara 4 di Mobile Legends MPL Season 1, Champion PUBG MOBLIE CLUB OPEN 2019 dan masi banyak yang lainnya. Bigetron sendiri di sponsor oleh Gopay, Red Bull, Bagus, Indachi, Mayasi dan sudah memiliki Pengikut di media social sebanyak 556 ribu.

4.Onic Esports
Berdiri pada tahun 2018 dengan Cabang e-sport andalan seperti Mobile Legends,PUBG mobile, CODM dan lainya dengan prestasi yang juga banyak seperti Juara Asia Tenggara MSC 2019 dan Piala Presiden Esports 2019 dan disponsori oleh Dana, Biznet, Fore Coffee, Asus, Stracing dan kini sudah memiliki Pengikut di media social sebanyak 611 ribu.

5.Aerowolf
Berdiri pada tahun 2017 dengan berbagai Cabang e-sport andalan seperti ML, FF, PUBG MOBILE dan PUBG PC, dan dengan Prestasi yang sudah tidak diragukan lagi dan disponsori oleh Red Bull, Asus, Ternakopi, Genflix dan sudah memiliki Pengikut di media social sebanyak 206 ribu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Lanjutan Shopee Liga 1 2020 Diharapkan Bisa Membantu Timnas Indonesia U-19 Di Piala Dunia U-20 2021

Yunus Nusi pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI berharap akan berkelanjutan Shopee Liga 1 2020 bisa memberikan dampak signifikan buat para pemain Timnas...

Liga I 2020 Ditunda, Keputusan Tepat Akibat Imbas COVID-19

Bahayanya wabah virus corona kini menjadi musuh bagi setiap orang dibelahan dunia. Sehingga Negara Indonesia sendiri menghimbau agar seluruh masyarakat tidak mengadakan kegiatan yang bersifat...

Berikut Kisah Para Pemain yang Dipinjamkan MU Musim Ini

Manchester United membawa Odion Ighalo untuk memperkuat skuat hingga akhir musim 2019-2020. Pemain Nigeria itu dilabeli dengan pemain pinjaman dari Shanghai Shenhua...

Barcelona Kesulitan Laksanakan Transfer Mamphis Depay Karena Uang

Sebagaimana kabar yang telah banyak tersiar bahwa nama Memphis Depay memang masuk dalam daftar radar buruan Barcelona di bursa transfer musim panas...