29 C
Indonesia
Sunday, September 20, 2020
Home Berita Liga Indonesia 2 Pemain Asal Amerika Latin Paling Disegani Diliga Indonesia

2 Pemain Asal Amerika Latin Paling Disegani Diliga Indonesia

Sepak bola Indonesia telah diramaikan pemain asing sejak musim 1980- an, terutama kompetisi Galatama, mulai duo Singapore David Lee serta Fandi Ahmad (Niac Mitra), hingga pemain asal Belanda, Mozes Isaac (Tunas Inti). Setelah kompetisi Galatama dilebur dengan Perserikatan jadi Liga Indonesia, jumlah pemain asing di Indonesia terus meningkat banyak jumlahnya. PSSI membuka keran seluas- luasnya untuk legiun impor, dengan alasan utama transfer knowledge dan menaikkan daya tarik kompetisi kasta paling tinggi Tanah Air.

Sejak Liga Indonesia I (1994- 1995) sampai masa terbaru Shopee Liga 1 2020, ratusan pemain asing dari berbagai negeri bertarung, baik di klub tingkat pertama ataupun kedua. Pemain dari Amerika Latin lumayan mendominasi pasar klub Indonesia sejak 1994 sampai saat ini. Terdapat banyak alasan kenapa Jacksen F. Tiago jadi salah satu pemain asing sangat mempengaruhi di Indonesia. Jacksen membela 9 klub Indonesia, baik jadi pemain ataupun pelatih. Sebagai pemain, Jacksen berkostum Petrokimia Putra, Persebaya Surabaya, serta PSM Makassar. Setelah pensiun pada 2002, Jacksen melatih Assyabaab Surabaya, Persebaya, Persita Tangerang, Persiter Ternate, Mitra Kukar, Persitara, serta Persipura.

Selama berkarier menjadi pemain di Indonesia, Jacksen baru meraih gelar top scorer pada Liga Indonesia III (1996- 1997) bersama Persebaya Surabaya dengan torehan 26 gol. Pada 2musim sebelumnya, dia kalah dari pemain Angola, Vata Matanu Garcia (Gelora Dewata- 21 gol di LI I) serta striker Montenegro Dejan Gluscevic (Mastrans Bandung Raya- 30 gol di LI II). Musim 1996- 1997 jadi sangat istimewa buat Jacksen. Tidak hanya jadi pencetak gol paling banyak, dia juga membawa Persebaya juara.

Hal yang membuat Jacksen kian istimewa adalah dia mencapai juara kompetisi 5 kali saat jadi pelatih. Jacksen membawak Persebaya juara Divisi I (2003) serta Divisi Utama ( 2004), dan 3 gelar bersama Persipura di ISL (2008- 2009, 2010- 2011, serta 2013). Laki- laki pengidola makan khas Jawa Timur, Rawon juga sempat jadi pelatih caretaker Timnas Indonesia (2013) serta saat ini sukses di Malaysia bersama Penang FA.

El Loco Gonzales sebagai bomber maut di Indonesia tidak terbantahkan. Dia menraih gelar pencetak gol paling banyak, 4 kali beruntun sejak Liga Indonesia 2005 bersama Persik Kediri sampai edisi awal ISL dikala berkostum Persik Kediri serta Persib Bandung pada putaran kedua.
Pada Liga Indonesia 2005, Cristian Gonzales membukukan 25 gol. Selanjutnya, dia mengoleksi 29 gol. Musim 2007 jadi masa tersubur El Loco dengan mencetak 32 gol. Sedangkan, saat ISL 2008- 2009, dia harus didampingi Boaz Solossa yang sama menorehkan 29 gol.


Hal yang membuat El Loco berpengaruh untuk Indonesia adalah penampilannya yang lumayan konsisiten walaupun umurnya nyaris kepala 4. Tahun 2015, Gonzales masih mencetak hattrick untuk Arema Cronus di Piala Presiden, saat tim Singo Edan mengalahkan Bali United di leg kedua perempat final, Minggu (27/ 9/ 2015). Trigol itu dia lakukan melalui kaki kiri, kanan, serta sundulan.

Tidak hanya konsisten di klub, Gonzales juga jadi salah satu aktor dikala Timnas Indonesia menyita perhatian warga di Piala AFF 2010. Saat itu dia memangl telah jadi WNI, tepatnya pada 3 November 2010. Gonzales yang awal mulanya hanya diketahui pecinta sepak bola tiba- tiba menjadi idola seluruh golongan di negara ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

6 Transfer Bintang Sepak Bola yang Memicu Kontroversi dan Kemarahan Fans Termasuk Robin van Persie

Perpindahan pemain pada masa bursa transfer tidaklah peristiwa istimewa. Apalagi, dapat dibilang perpindahan pemain antarklub sudah jadi rutinitas di kancah sepak bola...

Prediksi Barcelona vs Bayern Munchen 15 Agustus 2020

Big match Liga Champions akan tersaji dalam babak perempat final, dengan mempertemukan Barcelona dan Bayern Munchen. Laga yang akan dilaksanakan pada Sabtu...

Berhasil Menang Dengan Susah, MU Merasa Lega

Tiket menuju babak semifinal Liga Europa tidak didapatkan dengan mudah oleh Manchester United. Mereka benar-benar harus berjuang hingga akhir untuk bisa menyingkirkan...

Lionel Messi Tidak Akan Tinggalkan Barcelona!

Beberapa waktu sempat beredar kabar bahwa Lionel Messi akan segera meninggalkan Barcelona pada akhir musim ini. Menanggapi perihal tersebut Josep Bartomeu menegaskan...