29 C
Indonesia
Wednesday, December 2, 2020
Home Berita Liga Spanyol 10 Tim Paling Banyak Dapat Kartu Merah di La Liga

10 Tim Paling Banyak Dapat Kartu Merah di La Liga

Sepak bola merupakan cabang olahraga yang telah dikenal luas di seluruh dunia. Permainan yang beranggotakan 11 orang ini pertama kali dimainkan pada pertengahan abad ke-19 di Inggris. Dalam bermain sepak bola, ada beberapa aturan yang harus ditaati oleh setiap pemain dari kedua tim. Apabila dilanggar, maka wasit tidak segan memberikan sebuah peringatan.

Saat terjadi pelanggaran, wasit akan meniup peluit dan mengeluarkan salah satu dari dua kartu yang berada di kantungnya. Kartu berwarna merah dan kuning ini digunakan untuk memberi hukuman kepada pemain yang telah melakukan pelanggaran saat berada di lapangan.

Aturan kartu kuning dan kartu merah pertama kali diperkenalkan pada Piala Dunia 1970. Sejak saat itu, kartu kuning dan merah menjadi aspek penting kedisiplinan para pemain dalam permainan sepak bola.

Secara umum, aturan kartu ini merupakan wewenang wasit untuk menghukum pemain yang melakukan pelanggaran keras atau apabila berperilaku tidak sportif. Kartu kuning adalah peringatan dari sang wasit dan pemain masih diberi kesempatan untuk tetap bermain.

Namun jika wasit memberikan kartu merah, sang pemain langsung diusir dari lapangan permainan. Hal serupa jika pemain mendapatkan kartu kuning kedua yang otomatis menjadi kartu merah.
Seiring dengan berjalannya waktu, kemudian dikenal dengan akumulasi kartu kuning. Yaitu jumlah tertentu yang berbuah hukuman tak boleh bertanding.

Bagi pesepak bola yang mendapatkan kartu merah ketika bertanding merupakan hal yang tidak menyenangkan. Selain membuat pemain harus meninggalkan lapangan, hal itu juga merugikan tim karena harus bermain dengan sepuluh orang. Namun, tak jarang para pemain terpaksa melakukan pelanggaran keras demi menyelamatkan gawangnya dari kebobolan walau berisiko mendapat kartu merah dari wasit.

Para pemain di La Liga Spanyol cukup sering mendapatkan kartu merah dalam satu pertandingan karena tensi tinggi di atas lapangan hijau. Dikutip BolaSport.com dari Marca, berikut ini daftar 10 tim La Liga yang paling banyak menerima kartu merah.
10. Celta Vigo – 217 kali
9. Real Betis – 225 kali
8. Athletic Bilbao – 245 kali
7. Real Madrid – 250 kali
6. FC Barcelona – 257 kali
5. Real Zaragoza – 272 kali

4. Espanyol – 278 kali
3. Atletico Madrid – 299 kali
2. Valencia – 309 kali
1. Sevilla – 321 kali

Dikutip dari Kompas.com, kartu merah dan kartu kuning berasal dari ide Ken Aston, seorang wasit asal Inggris. Saat itu dirinya bingung untuk memberikan hukuman kepada pemain yang bahasanya berbeda dengan dirinya.

Saat Piala Dunia Cile 1962, terjadi keributan hebat pada kedua tim dari Cile dan Italia. Aston berencana mengeluarkan Giorgino Ferrini, pemain Italia, sebagai bentuk hukuman atas pelanggaran yang dibuatnya.

Aston menyampaikan pelanggaran tersebut dalam bahasa Inggris dan tidak dipahami oleh Ferrini sehingga ia tetap berada di lapangan. Namun, Ferrini bermain semakin bermain kasar hingga akhirnya ia harus dikeluarkan dari lapangan hijau dengan melibatkan polisi.

Setelah pertandingan tersebut, Aston pulang kembali ke rumahnya. Di tengah perjalanan ia terinspirasi dari warna lampu lalu lintas. Merah, hijau dan kuning yang ada pada lampu tersebut dipahami oleh semua orang dari berbagai bahasa.

Warna lampu tersebut dapat menyampaikan pesan kepada pengguna jalan untuk berhenti, siap-siap dan mulai berjalan, tanpa harus menggunakan instruksi verbal.
Aston kemudian terpikir untuk menggunakan dua buah kartu sebagai tanda hukuman kepada pemain, yaitu dengan menggunakan kartu berwarna merah dan kuning.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Ibrahimovic Tendang Botol Saat Ditarik Keluar Kala Laga Napoli vs AC Milan

Dalam laga Napoli kontra Ac Milan, pelatih memilih untuk menarik keluar Zlatan Ibrahimovic ada satu kejadian yang cukup menarik perhatian, yang mana...

Termurah! Ini Cara Nonton Siaran Bola Malam Ini

Nonton bola menjadi hal yang sulit belakangan ini. Saat ini ada banyak siaran bola yang mewajibkan kita membayar. Tentu saja cara ini...

Arsenal Memang Pantas Berlaga di Liga Champions

Meskipun dengan situasi yang kurang menguntungkan, namun pada akhirnya Arsenal berhasil membuktikan diri bahwa mereka adalah klub yang mampu menaklukan sang juara...

Hakim Ziyech : Rekrutan Baru Chelsea Yang Jadi Ancaman Baru Liga Inggris

Chelsea secara resmi telah mengamankan rekrutan anyarnya, bintak Ajax Amsterdam Hakim Ziyech bakal bergabung dengan squad Frank Lampard pada bursa transfer transfer...