pengertian komputer dan fungsi komputer lengkap

siapa dari anda yang tidak mengenal yang namanya komputer ? tentu sebelum mengenal lebih jauh kita harus paham apa pengertian komputer itu sendiri bukan ? yah sebuah alat yang dapat dipergunakan multi fungsi ini sudah banyak dikenal semua kalangan usia tua, muda juga bahkan anak2 sekalipun.

diera jaman canggih seperti sekarang komputer sudah banyak dipergunakan diberbagai bidang pekerjaan seperti di swalayan2, kantor, bank, sekolahan bahkan pertokoan sekalipun, sudah menjadi tren masa kini setiap rumah bahkan mempunyai komputer dengan berbagai jenis seperti komputer dekstop, Laptop maupun Notebook. meskipun ada yang sekedar mempergunakan komputer untuk sarana hiburan seperti bermain game, mendengarkan musik, menonton video dan masih banyak lainnya.

namun dengan pemahaman tentang benda/ alat satu ini yang multi fungsi setiap individu berpikir mempunyai komputer adalah suatu langkah panjang untuk kemajuan masa yang akan datang. maka dari itu mari kita simak pengertiaan2 apa sajah yang akan saya rangkum dari beberapa referensi dan sumber yang saya dapat, semoga menambah pengetahuan para pembaca dan pengunjung situs tuntor, berikut ulasannya.

pengertian komputer

pengertian komputer secara umum adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan dimana komputer itu sendiri merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama membentuk sebuah sistem kerja yang dapat menjalankan pekerjaan secara otomatis berdasarkan urutan istruksi ataupun program yang diberikan kepadanya sehingga dapat menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. definisi tentang pengertian komputer telah mengalami beberapa kali perubahan mengikuti perkembangan komputer itu sendiri, kata komputer berasal dari kata bahasa Yunani “Computare” yang berarti memperhitungkan atua menggabungkan bersama-sama. kata “com” berati menggabungkan dalam pikiran atau secara mental, sedangkan kata “putare” berarti memikirkan perhitungan atau penggabungan. dalam bahasa inggris ” To Compute” yang artinya menghitung. sedangkan menurut beberapa ahli pengertian komputer adalah :

  • pengertian menurut Robert H. Blissmer komputer aalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah2 dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
  • pengertian menurut V.C. Hamacher et al komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.
  • pengertian menurut Elias M. Awad komputer adalah sebuah alat penghitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.
  • pengertian menurut Donal H. Sanderes komputer adalah sistem elektronik untuk manipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (sistem operasi) yang tersimpan di dalam penyimpanannya (stored program).
  • pengertian menurut Larry Long & Nancy Long komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentsikan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik.
  • pengertian menurut Williams, Sawyer komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta & gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya kedalam informasi yang dapat kita gunakan.
  • pengertian menurut William M. Fuori
  • komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia.

seperti itulah pengertian2 komputer menurut beberapa ahli dibidangnya bisa anda simpulkan sendiri pengertian komputer yang dikemukakan para ahli sehingga menjadi uraian yang enak dibaca dan dipahami 😀

fungsi komputer

sedangkan untuk fungsi komputer itu sendiri saya mengambil contoh secara umum &  juga dirasakan saya pribadi yaitu sebagai sarana komunikasi, sarana untuk mempermudah pekerjaan, sebagai alat hiburan, sarana usaha, sebagai sarana pendidikan, sarana pengendali (controling), sarana informasi dan masih banyak fungsi2 yang tidak tersebutkan. maka dari itu jika dalam hal pekerjaan dijaman seperti sekarang seseorang tidak dapat menggunakan komputer dan mengetahui beragam fungsi komputer untuk mempercepat kinerjanya akan sangat menghambat dalam pekerjaan. karena hampir seluruh bidang pekerjaan kebanyakan menggunakan bantuan sistem komputerisasi.

cara memilih komputer desktop

jika anda sedang mencari atau ingin membeli sebuah perangkat komputer dekstop hal terbaik yang harus anda lakukan ialah menentukan terlebih dahulu tujuan dan kebutuhan apa saja dengan komputer yang akan anda beli. apakah komputer tersebut digunakan untuk bekerja sehari-hari, sekedar untuk bermain game, atau akan digunakan membuka internet dll. dengan mengetahui dari awal keinginan dan maksud tujuan anda terhadap suatu perangkat komputer akan lebih mempermudah anda menentukan komputer seperti apa yang akan anda beli nantinya. tips-tips memilih komputer

  1. tentukan OS (Operating system) apa yang ingin anda gunakan. sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan anda dalam keterampilan maupun kebiasaan dalam penggunaan os ini. sitem operasi komputer ada beberapa macam diantaranya microsoft windows atau macintosh. platform windows bisa anda dapatkan dengan harga yang lebih murah namun memiliki kecepatan yang cukup baik.
  2. pikirkan terlebih dahulu apakah komputer anda akan digunakan untuk keperluan apa ? seperti yang telah kita bahas diatas
  3. carilah referensi kepada teman dan kerabat maupun rekan kerja anda mengenai komputer apa yang mereak miliki, dimana mereka membeli dan apakah sering terjadi masalah pada komputer yang mereka beli, dan tanyakan apa mereka senang/ puas dengan komputer yang mereka punya.
  4. jangan memilih komputer hanya sekedar berdasarkan harga yang murah, namun anda akan sering dapat masalah dikemudian hari. lebih baik anda membeli dengan harga yang pantas namun bisa anda gunakan dalam jangka waktu yang lama.
  5. dalam memilih sebuah memori (RAM), sebaiknya pilihlah sekuat yang anda mampu untuk menunjang program ataupun aplikasi yang akan anda install pada komputer, jaman dulu RAM berkisar ukuran 128 MB, 256 MB, 512 MB. namun sekarang ukuran RAM semakin bertambah seiring perkembangan komputer itu sendiri seperti 1 GB, 2 GB, 4 GB Hingga 16 GB dengan harga yang cukup murah ketimbang ketika komputer masih menjadi barang langka.
  6. carilah BUS yang memiliki 2 koneksi usb maupun FireWire atau biasa juga disebut koneksi IEEE 1394, lebih besar maka lebih baik. hal ini akan menghubungkan perangkat pendukung seperti PDA, kamera Digital, Printer, Scanner, Camcorder, serta fungsi dalam game.
  7. carilah komputer yang sudah terdapat CD/DVD RW nya, selain bisa digunakan sebagai pemutar CD/DVD, CD/DVD RW jga bisa anda gunakan untuk menyimpan data kedalam CD/DVD selain itu juga anda bisa menonton video dari CD/DVD Player tersebut.
  8. pilihlah jenis hardware komputer yang berasal dari perusahaan besar sehingga anda akan mendapat kepercayaan yang penuh dalam pelayanan maupun garansi apabila suatu saat ada dalam masalah dengan komputer anda.
  9. gunakan VGA Card (grafis) serta sound card (kartu suara) yang berkualitas tinggi. ada beberapa software maupun game yang memerlukan spesifikasi yang tinggi dalam penggunaan VGA Card. saat ini rata-rata game dan software memerlukan spesifikasi hardware yang tinggi untuk dapat menjalankan.
  10. dalam memilih hardisk (tempat menyimpan file), hendaknya anda memilih kapasitas yang cukup besar agar semua file seperti foto, video, musik dan data2 lainnya dapat disimpan dengan leluasa. kapasitas harddisk sekarang sudah mencapai ukuran terabyte.

begitu mungkin kira-kira sekedar referensi bagi anda yang akan membeli komputer dekstop agar tidak jauh dari keinginan yang sesuai, jika untuk dijelaskan lebih mendalam tentang pemilihan komponen2 sepertinya akan sangat lama dan amat panjang :D.

cara merawat komputer desktop

perawatan terhadap komputer dekstop baik hardware dan software itu perludilakukan. agar tidak mudah timbul gangguan-gangguan seperti bunyi berisik didalam kesing, kinerja komputer menjadi lamban, komputer menjadi cepat panas dan lain sebagainya.

gangguan tersebut sering terjadi karena banyaknya debu yang menempel pada perangkat hardware dan dari beberapa penataan didalam komputer yang kurang rapih atau manajemen penataan data yang tidak tersusun rapi karena banyaknya penghapusan software2 yang sebelumnya terinstall pada komputer anda.

berikut point2 penting yang harus diperhatikan dalam perawatan komputer dekstop:

  • bersihkan motherboard secara berkala dari debu
  • uninstal atau buang aplikasi2 yang tidak sering anda pakai
  • membersihkan recycle bin secara rutin
  • instal program antivirus dan update secara berkala
  • tutup program yang tidak berguna
  • gunakan UPS atau Stavolt
  • mengaktipkan screen saver pada komputer
  • mendefrag harddisk secara berkala
  • jika perlu buka sebelah kesing komputer desktop

dikarenakan komputer menjadi kebutuhan sehari-hari maka keawetannya sangat perlu kita jaga agar tidak terjadi gangguan2 yang menggu kelancaran dalam pemakaian, begitulah sekiranya tips yang bisa saya sampaikan menurut dari pengalaman pribadi penulis sendiri. dengan demikian artikel tentang pengertian komputer ini saya buat.

semoga tips-tips diatas juga dapat membantu mengawetkan komputer anda dirumah. semoga admin diberi banyak kesempatan untuk membuat artikel tentang komputer yang lainnya.

terimakasih telah berkunjung dan membaca disitus tuntor.com

Tag Terkait: