pengertian fungsi dan cara setting modem gsm

ok sekararang saya akan membahas pengertian fungsi dan cara setting modem gsm. untuk anda yang baru mengenal modem alangkah baiknya anda membaca artikel ini agar lebih mengenal dan tau cara menggunakan modem.

pengertian modem secara umum

Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

fungsi modem gsm secara pribadi

menurut tuntor modem gsm atau cdma itu ialah alat jaringan komputer yang membantu untuk menghubungkan komputer client dan komputer server melalui koneksi jaringan internet, dengan kata lain modem gsm atau cdma berguna untuk bertukar data elektrik  melalui signal jaringan yang di pancarkan oleh tower BTS provider setempat untuk saling bisa terhubung satu sama lain melalui jaringan internet, yang fungsinya sangat bermanfaat untuk umat manusia karena bisa mempermudah komunikasi satu sama lain.

cara setting modem gsm dan cdma

sekarang adalah bagian cara setting modem nya, yang harus anda perhatikan dan ingat adalah, settingan modem gsm dan cdma itu tidak lah terlalu berbeda, langkah – langkah dan pengaturan yang harus di isi biasanya tidak jauh berbeda apalagi modem gsm, dengan settingan yang sama anda bisa memakai nya di setiap modem merk apa pun juga, kecuali modem cdma yang mengharuskan anda menurut terhadap settingan default bawaan pabrik ūüėÄ

ok sekarang saya akan share langsung saja cara setting modem gsm dan cdma

cara setting modem gsm

setting modem gsm menurut saya adalah hal yang paling mudah di ingat, kenapa karena menurut saya caranya sama saja anda hanya harus mengingat tiga hal yang penting yaitu pada saat pembuatan profile internet,

yang wajib yang harus anda ingat untuk setting modem adalah :

  1. nama profile dialup : contoh “internet”
  2. apn : internet
  3. access number : *99#

dengan ketiga hal itu anda sudah bisa mengkonekan internet anda dengan memilih profile internet untuk mengkonekanya,

sekarang bagaimana cara membuat profile internet. ?

saya akan contohkan pembuatan profile internet di windows 7.

  1. klik control panel > view network status and task  > set up a new connection or network > set up a dial-up connection
  2. dial-up
  3. nah anda isi dial-up number nya *99# dan connection name nya modemgsm misalnya.
  4. terus klik connect.
  5. kalo gak bisa connect nanti ada keterangan dan klik saja set up connection anyway.
  6. sekarang langkah terakhir adalah setting apn pada profile modemgsm yang tadi udah di buat dengan cara membuka aplikasi bawaan modem yang telah terinstall
  7. saya sebelum nya sudah contohkan cara membuat profile internet di modem huawei di artikel sebelumnya yang bisa di jadikan acuan untuk anda.
  8. dan ingat setelah anda menemukan settingan profile modemgsm anda ubah apn nya menjadi internet.
  9. anda bisa lihat artikel saya tentang cara setting internet.
    untuk melihat apn semua operator di indonesia. selesai

sekarang anda tinggal konekan saja internetnya melalui aplikasi bawaan modem nya. jika pada aplikasi anda tidak ada pemilihan profile internet, pada bagian setting profile internet jadikan modemgsm mejadi default sebelum anda save perubahan profile internet nya.

untuk modem cdma biasanya secara default sudah ada settingan dari sananya, anda cukup buka aplikasi modem nya dan cari tombol connect saja.

ok menurut saya sudah cukup penjelasan tentang pengertian fungsi dan cara setting modem gsm. anda bisa tanyakan di kolom komentar di bawah jika misalnya tutorial saya kurang jelas, saya akan segera menjawab pertanyaan dan membantu anda.

terima kasih semoga membatu

Tag Terkait: