Pengertian Flashdisk – Fungsi Flashdisk Lengkap

Tuesday, January 24th, 2017 - Belajar Komputer

Pengertian Flashdisk Dan Fungsi Flashdisk Lengkap, jaman semakin canggih dan modern kehidupan pun harus mengikuti alur perkembangan jaman, berbagai macam perkembangan elekrtonik semakin gencar meluncurkan produk yang menjelma menjadi sosok sebuah fisik yang sudah terbiasa menemani dan membantu pekerjaan kita sehari-hari seperti pc/ laptop maupun barang2 elektronik lainnya.

orang-orang semakin mengenal apa itu komputer dan perangkat2 pembatunya/aksesoris seperti halnya yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

yah flashdisk.. apa itu flashdisk ? sebuah peralatan aksesoris komputer mungil ini cukup dikenal disebagian orang. namun untuk jaman2 nya para orang tua belum tentu mereka semua hafal dengan benda yang satu ini, kadang para anak meminta kepada para orang tua  untuk dibelikan barang mungil asing ini.pengertian flashdisk

nah artikel ini cocok untuk kalian para pelajar dan juga orang tua yang berkehendak ingin lebih tahu/ kepo ūüėÄ untuk menggali lebih dalam pengetahuan?? hahha oke kalo begitu admin akan membahas seputar tentang flashdsik ini dari segi pengertian, fungsi, macam-macam flashdisk dll.

Pengertian flashdisk

flashdisk adalah alat penyimpan data/file yang berupa NAND. Didalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpanan data yang bersifat non Рvolatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat aliran arus listrik.

komponen flashdisk sering juga dikenal sebagai USB Drive, lebih sederhanana dan relative lebih sedikit dibandingkan dengan harddisk.hal ini disebabkan karena flashdisk tidak memerlukan piringan, motor, atau part lain yang bekerja secara mekanik.

Fungsi flashdisk

banyak sekali fungsi flashdisk seperti media pemindahan data dari satu komputer ke komputer lainnya, menyimpan data-data berupa file tulisan, gambar, mp3, video, software (perangkat lunak), dibuat bootable flashdisk windows untuk dipakai reparasi pc/ laptop dan masih banyak kegunaan lainnya.

Macam-macam flashdisk

macam – macam disini bisa dikategorikan dalam beberapa hal seperti

  • bentuk: banyak beredar dari segi bentuk yang standar sampai dengan yang berbentuk unik seperti bentuk tokoh2 kartun, kendaraan, gelang, hiasan2 dll.
  • ukuran: dari segi ukuran yang beredar dipasaran juga beragam dari ukuran flashdisk 1GB, 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, bahkan konon¬†katanya sudah ada yang berukuran 1TB.
  • merek: yang admin tau merek flashdisk yang sering dijumpai seperti Toshiba, Sandisk, Kingston, Adata, Hp, Sony, Philips dll.
  • jenis usb: jenis-jenis usb pun beragam jangan sampai kita keliru ketika kita belanja dan ditanya oleh pedagang jika menanyakan¬†antara flashdisk dan usb, pada ujung flashdisk terdapat nama jenis type seperti pada gbr dibawah inifungsi flashdisk

yang kita bahas yakni flashdisk berarti flashdisk mempunyai ujung usb dengan Type-A, type ini pun mempunyai turunan seperti gbr dibawah dengan perbedaan yang ditandai dengan warna ( warna disini pun mempunyai kelebihan masing-masing)macam - macam usb

Tips memilih flashdisk yang baik

menurut pengalaman admin dilapangan dan beberapa masukan dari kawan2 jika membeli flashdisk agar awet dipakai wajib memperhatikan point2 seperti;

  1. Harga !!; jika harga flashdisk murah dengan ukuran kapasitas yang besar dibandingkan dengan flashdisk dengan ukuran dibawahnya lebih mahal ataupun berbeda sedikit itu patut dicurigai, yang pasti “harga tidak pernah bohong”.
  2. Warna casing flashdisk; kita membeli barang murah maupun kw jika diperhatikan dengan seksama akan terlihat perbedaannya yakni barang kw lebih menonjolkan warna pudar/ terlihat kusam dibandingkan dengan yang original.
  3. feeling (perasaan) jika anda merasa malas pusing dan menggunakan 2 cara diatas gunakanlah cara sakti terakhir ini :D.

selesai sudah membahas mengenai apa itu flashdisk ? dan turunan2 pengertian juga semua hal2 yang berkaitan secara singkat. semoga artikel ini bermanfaat dan ilmu didalamnya menjadi berkah :)(amin).

terimakasih telah mampir disitus ini.

Tag Terkait: