pengertian dan fungsi motherboard beserta gambarnya

buat yang mencari tau pengertian dan fungsi motherboard beserta gambarnya, saya akan sedikit mereview apa yang saya tau tentang motherboard atau mainboard ini. sebenarnya jika di lihat dari kasat mata motherboard ini sangat mudah di bedakan dengan perangkat keras komputer lainya, karena bentuknya yang besar dan kadang – kadang di mata yang masih awam sulit untuk membedakan mana komponen motherboard mana yang bukan. untuk lebih jelasnya nanti saya kasih gambar dan penjelasanya dari motherboard ini.

Pengertian Motherboard secara umum

motherboard (papan induk), ialah papan sirkuit tempat terhubungnya komponen – komponen perangkat keras lainnya yang biasa di sebut dengan mobo, motherboard atau kata lainya mainboard adalah papan pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), yang memiliki jalur akses untuk menghubungkan antar perangkat lainya. mobo adalah komponen utama pada komputer karena disana adalah tempat berkumpulnya komponen – komponen penting komputer dan tempat berlalu lalangnya data.

Fungsi utama dari Motherboard secara umum

Fungsi utama motherboard ialah sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras lainnya. Artinya, motherboard di sini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antarperangkat keras untuk disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Sebagai contoh, motherboard berfungsi menghubungkan beberapa perangkat keras seperti prosesor, RAM, hard disk, printer, VGA ,power supply, dan masih banyak lagi.

kalo pengertian dan fungsi dari mainboard menurut saya adalah papan pcb yang dibuatin jalur – jalur elektrik ¬†dan di pasang port dan slot penghubung ke komponen lainya agar menghemat penggunaan kabel dan membuat isi dalam pc rapih karena minim nya penggunaan kabel ūüėÄ

penjelasan komponen motherboard serta bagian -bagianya

dari sekian banyak bagian – bagian dari komponen perangkat keras ini saya akan coba jelaskan sedikit demi sedikit dari berbagai macam slot dan port yang terpasang pada papan pcb ini.

gambar motherboard bagian internal

gambar motherboard

gambar internal motherboard

dari gambar di atas ada beberapa slot komponen perangkat keras yang masih kosong. dan saya akan sedikit menjelaskan slot apa saja yang tersedia di motherboard.

  • CPU SOCKET ¬†adalah slot untuk memasang Processor
  • Memory Slots ¬†adalah tempat untuk memasangkan RAM
  • Power Connector¬†adalah slot untuk menyambungkan power dari power supply.
  • PCI ¬†adalah slot untuk memasangkan perangkat keras seperti lan card, vga card, sound card dll.
  • SATA Port adalah port untuk hardisk atau dvdrom
  • Motherboard model number adalah model dari seri mobo tersebut.
  • External Ports nanti akan saya jelaskan di gambar berikutnya.

gambar motherboard bagian eksternal

gambar slot eksternalmotherboard

gambar slot eksterna lmotherboard

nah pada gambar ini adalah di bagian luar yang menonjol pada cashing pc yang beberapa fungsinya adalah sebagai berikut.

  • ps/2 Keyboard adalah slot untuk keyboard jadul jenis connecto ps/2
  • ps/2 Mouse sama halnya keyboard cuman yang warna ijo ini untuk mouse
  • USB adalah port untuk usb
  • Printer Parallel Port adalah Port untuk memparallelkan printer
  • com1 dan com2 adalah port serial yang biasanya di gunakan untuk mouse dan modem.
  • game port fungsinya untuk slot joystik / ps dll.

nah di atas adalah fungsi – fungsi dari bagian komponen motherboard, dan jika ada suatu hal yang berbeda atau yang saya belum sebutkan anda bisa cari sendiri di google karena seiring perkembangan pembuatan motherboard dan fitur baru yang di sediakan oleh pihak pembuat komputer.

ok sekian dulu artikel dari saya tentang¬†pengertian dan fungsi motherboard beserta gambarnya, maaf jika banyak kekurangan, dan misalnya ada yang kurang jelas jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar di bawah, saya akan sangat senang untuk membantu anda, terima kasih semoga bermanfaat ūüôā

 

Tag Terkait: