mengenal dan memanfaatkan aplikasi bawaan windows

pada topik kali ini saya akan menerangkan tentang mengenal dan memanfaatkan aplikasi bawaan windows untuk pengguna baru atau newbie tentang sistem operasi ini.

kegunaan dari dxdiag dan cara mengaksesnya 

dxdiag adalah singakatan dari (directX Diagnostic Tool), dimana ini adalah aplikasi untuk melihat spesifikasi dari system komputer anda.win

dan untuk mengaksesnya anda tinggal klik tombol start lalu pilih run, tapi jika tidak ada anda tinggal mengaksesnya dengan menekan tombol Windows + r secara bersamaan, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.

run
nah pada bagian Open di kolom yang kosong anda ktik dxdiag dan klik tombol ok. nanti akan muncul windows atau layar dari spesifikasi komputer anda. jika untuk pertama kali biasanya ada keterangan nya untuk masuk ke menu tersebut dan klik yes saja.

dxdiag
nah pada tab system itu adalah spesifikasi dari processor, ram, sistem operasi, merk, dll. klik pada tab display maka disana akan terlihat merk dan kapasitas VGA anda dan seterusnya.

 kegunaan dari msconfig dan cara mengaksesnya 

yang saya ketahui tentang msconfig adalah untuk mengatur proses startup dan booting pada komputer anda, contoh nya jika proses startup anda lambat dari biasanya cepat itu mungkin bisa di karna kan terlalu banyak aplikasi yang terinstall dan semua berjalan secara otomatis pada saat komputer di nyalakan

msconfig
d
i atas adalah tampilan ketika anda mengakses msconfig, cara mengaksesnya dengan menekan tombol windows + r lalu inputkan msconfig dan klik ok. jika sudah muncul seperti di atas berarti anda telah berhasil mengaksesnya, jika tidak ulangi lagi. apabila anda ingin mengatur proses start up anda, caranya mudah anda tinggal klik pada tab startup yang ada di sebelah kanan lalu pilih aplikasi yang tidak ingin anda open secara otomatis pada saat komputer anda di nyalakan contoh lihat gambar.

startup
n
ah anda tinggal memilih dengan cara menghilangkan ceklis pada aplikasi yang tidak anda ingin kan untuk proses start up.. contoh yahoo messenger saya hilangkan pada proses start up, anda bebas memilih yang mana saja yang menurut anda tidak penting untuk di ikutkan pada startup.

lanujt ke menu berikutnya adalah menu boot dimana anda butuh kan ketika anda mengalami dualboot windows 7 dan windows xp atau 7 old, jadi ketika komputer anda dinyalakan anda mengalami masalah seperti itu dan dengan tidak nyamanya anda harus memilih terlebih dahulu menu untuk masuk ke proses start up, nah jika anda mengalami masalah seperti itu disini lah tempat anda menghapus windows old yg muncul pada saat booting.

boot
p
ada layar di atas adalah windows saya hanya ada 1 pilihan yaitu windows 7, namun jika anda mengalami error yang saya ceritakan di atas pasti akan lebih dari satu pilihan booting di atas, nah disitulah anda memilih file windows old nya lalu klik delete untuk menghapus pilihanya, di pastikan komputer anda akan kembali normal seperti biasa. hati2 jangan salah menghapus karna bisa menyebabkan komputer anda tidak bisa masuk windows.

kegunaan dari Disk defragmenter 

disk defragmenter adalah aplikasi untuk merapihkan file yang tidak terstruktur sehingga bisa memperlambat kinerja hardisk, contoh penggunaanya

disk]
anda bisa mengaksesnya dengan klik tombol start > accesories > systemtool > disk defragmenter. setelah muncul seperti diatas langkh pertama adalah pilih partisi yang ingin di rapihkan lalu klik anallyze dan setelah laporanya muncul baru klik defragment disk. tunggu sampe proses nya selesai.

Menguninstal software / menghapus software

jika anda ingin mengapus software yang anda ingin kan cara nya adalah dengan Klik start > control panel > lalu klik add or remove program >  dan pilih aplikasi yg akan di hapus lalu klik di sebelah kanan layar  change or remove lalu ikuti proses nya sampai finish.

uninstall
n
ah di atas adalah proses yang anda akan lakukan ketika menghapus software pada komputer anda

Menyembunyikan folder dan melihat folder yg tersembunyi…

Buka windows explorer dengan cara klik kanan pada start > windows explorer atau dengan menekan tombol bendera + E, lalu pilih tempat nya misalnya di drive C D E atau my document setelah berada pada posisi yg di inginkan anda tinggal klik kanan pada folder > properties nya lalu Hidden nya di ceklis lalu apply dan ok. Dan untuk melihat folder yang telah di sembunyikan atau terhidden anda tinggal  akses  di atas windows explorer tab tools > folder options > View, lalu lihat di bagian scroll bar ada menu Hidden files and folder dan ceklist pada bagian “show hidden files and folders” lalu apply dan ok. Untuk menyembunyikan folder tinggal kembali ke tahap yg di atas tetapi yg di ceklis adalah “don’t show hidden files and folder” apply > ok. Untuk mengembalikan folder ke posisi terlihat kembali tinggal klik pada file atau folder dan hilangkan ceklis pada bagian hidden lalu klik apply > ok.

folder
d
i atas adalah penamkan folder option 😀

Cara menghentikan proses aplikasi dengan task manager…

Untuk mengakses task manager adalah

–          ctrl + alt + delete

–          pergi ke taskbar dan klik kanan >  task manager.

Untuk menghentikan proses suatu program jika terjadi error, anda buka task manager dan pilih aplikasi yang akan di hentikan proses nya. Di tab applications ada deretan aplikasi yang sedang berjalan, tinggal klik pada aplikasi nya dan klik End Task jika ada peringatan end now klik saja sampe proses aplikasi nya berhenti sendiri. Dan jika cara pertama gagal anda klik tab Processes yang ada di sebelah tab applications cari aplikasi yg akan di hentikan lalu klik end process lalu klik yes..

taskman
d
i atas adalah penampakan dari task manager. dan proses cara menghentikan aplikasi yang sedang berjalan secara paksa 😀

demikian artikel yang saya samapaikan mudah2an bermanfaat untuk anda.
di tunggu artikel2 selanjut nya

Tag Terkait: