fungsi dan manfaat vga card

untuk anda yang belum tau fungsi dan manfaat vga card,  saya akan membeberkan apa yang saya ketahui tentang vga card dari pengertian nya fungsi nya, cara merawat nya dan manfaat untuk komputer anda.

pengertian vga card

VGA card atau sering disebut display adapter adalah komponen
komputer yang difungsikan untuk mengolah grafik untuk ditampilkan
ke dalam layar monitor.

fungsi dan manfaat vga card

contoh gambar vga

perawatan vga card

Masalah yang sering timbull dalam VGA card adalah panas yang berlebihan, sehingga untuk mengurangi panas yang berlebihan perlu diperhatikan heatsink dan fan nya.

Sebagai perawatannya perlu dilakukan pembersihan dari debu atau kotoran yang lain. Untuk membersihkan fan dan heatsink cukup dengan kuas kecil karena fan pada VGA card juga kecil, sehingga harus disesuaikan dengan ukuran fan nya. Selain itu VGA card sering bermasalah pada fan yang berisik atau berbunyi dengan keras.

Masalah ini bersumber pada fan yang tidak kencang atau putaran fan tidak stabil. Selain itu juga dapat disebabkan dudukan fan yang tidak kuat sehingga tidak dapat menopang fan dengan baik. Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan membersihkan, dan mengencangkan posisi fan dengan tepat sesuai dengan posisinya.

tips upgrade vga card

jika anda adalah seorang desain grafik, video ataupun seorang gamer yang menggunakan kemampuan vga card secara maksimal, selain dari procesor dan ram pasti anda membutuhkan dukungan dari vga card yang performa nya tinggi, nah untuk cara tambah atau upgrade vga card alangkah baik nya jika anda mengikuti dan mencek keadaan komputer anda. langkah nya adalah seperti berikut :

  • perhatikan slot dari motherboad untuk vga apakah PCI atau AGP, jika PCI beli lah versi slot yang PCI namun jika slot nya AGP belilah vga   yntuk slot agp
  • pilih lah dan seimbangkan sesuai dengan spesifikasi komputer anda, misalnya ram komputer anda 2 giga prcessor nya dual core dan power suply nya 450 watt maksimum upgrade adalah sampai 1 giga jangan lebih, nanti komputer anda tidak akan seimbang dan menyebabkan masalah fatal untuk keseluruhan komponen – komponen yang lainya.

contoh gejala kerusakan vga card

saya akan sedikit memberi contoh kerusakan yang di akibatkan dari vga.

  • layar monitor jadi warna warni, nah masalah ini di akibatkan vga anda mengalami kerusakan atau ingin di ganti 😀
  • layar monitor menjadi hitam atau bahasa kerennya KSOD (black screen of death), kalo ksod ini biasanya kabel belum terpasang dengan baik atau kaki – kaki yang menancap pada slot kotor, atau bisa uga udah mati total 😀
  • memutar aplikasi atau game close sendiri atau terjadi layar biru atau bahasa kerenya BSOD (blue screen of death), nah ini bisa di akibatkan vga card anda tidak memenuhi kebutuhan dari grafik software atau game tersebut, cara mengatasinya adalah upgrade vga card anda dengan yang lebih tinggi tingkat pixel nya.

ok sekian dulu saya membahas tentang fungsi dan manfaat vga card, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda atan memberi anda pengetahuan yang sedang anda cari dan anda butuhkan. terima kasih salam hormat tarlan eryawan.

Tag Terkait: