cara setting modem huawei dengan penjelasanya

buat anda pemula dalam menggunakan internet melalui modem, alangkah baiknya jika anda menyimak cara setting modem huawei dan penjelasanya supaya anda tidak bingung dan tau cara menggunakan fitur -fitur yang telah di sediakan dan mendapatkan manfaatnya.

modem huawei adalah salah satu modem populer yang terkenal dan yang paling bagus saat ini di negara kita, kenapa ?, karna dengan kualitas yang cukup bagus juga modem huawei yang satu ini mempatok harga yang lumayan murah, sesuai dengan kualitas nya pastinya. langsung saja ke penjelasan dari awal cara setting modem nya.

penjelasan fitur modem huawei dashboard baru

saya akan menjelaskan tampilan dashboar baru, namun sebelum nya buka dulu mobile partner nya lalu masuk ke pengaturan atau options yang bergambar gerigi.

cara setting modem huawei tab general

modem huawei tab general

nah pada tab general itu penjelasannya seperti ini

  • launch on os startup adalah mobile partner otomatis muncul pas komputer dinyalakan
  • minimize windows on startup adalah setelah mobile parter muncul langsung minimize ke tray icon di pinggir kanan bawah
  • connection type, nah pada bagian ini anda pilih ras modem agar bisa membuat profile internet yang nanti akan saya jelaskan

lanjut ke tab text messages, tab ini fungisnya untuk menggati suara pesan masuk dan sms center, jika anda ingin merubahnya terserah anda, tapi saya sarankan biarkan saja jangan ada yang di rubah.

cara membuat profile internet modem huawei

nah pada tab profile management anda akan di sajikan settingan tentang membuat profile internet anda, agar di sesuaikan dengan operator yang anda gunakan, biasanya disana udah ada settingan default dari berbagai operator gsm di indonesia akan tetapi saya akan ajarkan anda cara membuat profile internet di modem huawei ini, langkah langkah nya anda bisa lihat gambar di bawah ini.

cara setting modem huawei dan cara membuat profile internet

cara membuat profile internet

penjelasan setting profile modem huawei:

  1. klik new untuk membuat profile baru.
  2. isi nama profilenya bebas saja
  3. nah ini penting pastikan pilihan ke static dan isi apn operator nya misalnya apn internet
  4. pada access number isikan nomor default operator indonesia yaitu *99#
  5. user name dan password kosongkan saja
  6. jika sudah klik save lalu ok

selesai anda sudah berhasil membuat profile internet nya.

tambahan :

untuk mengganti DNS pada profile dial-up, anda tinggal pilih nama profile internet yang tadi telah anda buat lalu klik tab advanced lalu disana ada 2 form di bagian dns yang harus anda isikan dns nya jika sudak klik ok lalu klik save lalu ok lagi.

sedangkan jika anda ingin membuat profile anda menjadi default nya atau modem otomatis set ke profile yang udah anda buat tadi secara otomatis anda pilih profile nya lalu klik default lalu ok

beberapa contoh apn operator

  • contoh APN three 3 : 3data, 3gprs, internet, tri.it
  • contoh APN telkomsel : internet, telkomsel, aps, telkomselbrn2
  • contoh APN xl : xlunlimited, xlspeed, xlgprs, internet, xlmms
  • contoh APN indosat m3 maupun mentari : indosat, indosatgprs, indosat3g, internet

nah di atas adalah beberapa contoh apn operator gsm indonesia anda tinggal terapkan sesuai dengan operator yang anda gunakan.

lanjut ke penjelasan pada tab network, pada tab ini anda akan di sajikan pengaturan jaringan untuk modem anda, pada tab network type di bagian bawah set wcdma only agar memaksa modem supaya tidak pindah – pindah jaringan ke edge atau 2g, tapi jika anda membuatuh kan koneksi 2g atau edge yang lemot atau di daerah anda operator yang terpilih belum ada signal 3g atau wcdma nya anda bisa pilih sesuai dengan kebutuhan.

cara setting modem huawei pada tab network

setting modem huawei pada tab network

pada tab pinggir nya registration mode, adalah tab untuk setting pencarian signal yang pas sesuai dengan operator pilihan anda secara default pilihan akan tertuju pada auto search, tapi jika anda ingin mencari jaringan baru atau tiba – tiba signal nya ilang dan anda ingin mencari signal nya lagi anda set ke manual search lalu pilih refresh dan pilih operator yang sedang anda gunakan.

selesai pada tab network sekarang pada tab wlan, sepertinamanya tab wlan ini untuk membuat modem anda sebagai drive wireless jika di daerah tempat anda ada hotspotnya anda ceklis turn on wifi dan klik refresh lalu pilih profile wifi yang tersedia lalu klik connect.

cara setting modem huawei dan pejelasanya pada tab wlan

setting wifi pada modem huawei

nah tambahan lagi dari saya jika dashboard modem huawei ini bukan hanya untuk setting internet saja, bisa jua anda gunakan fitur – fitur yang lain misalnya.

  • USSD sebagai pengecekan nomor privasi operator seperti cek pulsa dll
  • text message adalah untuk smsan seperti lewat handphone
  • dan call yaitu untuk menelepon melalu komputer atau laptop anda menggunakan modem.
  • dan tab diagnostic untuk melihat kekuatan signal dan keterangan seperti imei dan nomor rangka modem
  • serta tab bahasa yang di gunakan.

saya kira sudah cukup dulu tangan dah mulai agak pegel ngetiknya 😀

demikian artikel dari saya tentang cara setting modem huawei dengan penjelasanya, maaf jika kata – kata kurang jelas dan jika anda masih mempunyai pertanyaan anda bisa menanyakannya pada kolom komentar, akan segera saya balas jika sedang ada waktu luang.

Tag Terkait: