cara setting idm dengan penjelasanya

hallo sobat, sekarang saya akan sedikit share cara setting idm dengan penjelasanya, ok begitu banyak cara setting idm di google, namun saya akan menjelaskan sesuai pengalaman saya selama 5 tahunan menggunakan aplikasi idm (internet download manager) ini.

kenapa saya menggunakan aplikasi idm untuk download file ?. jawabanya karna saya tau bahwa idm itu melakukan proses transfer file lebih cepat dari pada transfer yang di lakukan browser firefox atau google crome. mengapa demikian karna setau saya idm secara default membagi file download menjadi 8 part pada saat mendownload dan menyatukan nya lagi pada saat download telah selesai anda pernah melihat nya kan pada saat idm menyatukan file yang telah selesai anda download 😀idm

itu lah mengapa idm bisa mendownload lebih cepat dari pada internet browser, langsung saja saya akan kasih anda tips dan trik nya untuk setting idm.

pertama yang harus anda lakukan adalah download aplikasi nya di mari IDM. setelah download dan install anda akan di beri trial 30 hari masa percobaan, jika anda ingin mendapatkan versi yang full crack atau tidak trial lagi anda bisa download di situs lain yang tersedia banyak di google, dengan keyword pencarian ‘download idm versi terbaru full crack’, lah nanti pasti banyak blog blog yg bermunculan untuk idm versi bajakan,hihihi,

setelah anda install aplikasi nya, anda ikuti cara saya untuk setting nya.

setting idm agar lebih stabil

banyak para bloger mengira jika menambah part download nya berarti akan menambah cepat transfer download anda, ops itu salah besar. karna mu di gimanain juga kalo signal, modem dan paket internet anda mempunyai batas, y segitu aja kecepatanya. fungsi sebenarnya adalah untuk menyetabilkan agar transfer gak banyak putus2 nya pada saat anda download. berikut cara nya menambah part download.

pertama – tama anda klik icon idm nya jika udah muncul klik tab options > Connections.

  • pada  pilihan Connection type/speed pilih “High speed: Direct connection (Ethernet/Cable) / Wi-Fi / Mobile 4G / other”.
  • dan pada connections number di sebelah kanan default max pilih angka 32.
  • jika sudah klik ok.

nah kalo secara default idm akan membagi part nya sebanyak 8 part, sekarang sudah di setting ke 32 part lah kan bakal lebih stabil koneksi transfer nya jika lebih banyak. jika anda masih bingung liat gambar di bawah.

idm conn

 

nah di atas adalah contoh setting part download idm agar lebih setabil, lanjut.

cara setting proxy http atau sock pada idm

inti utama menggunakan proxy adalah agar anda terlihat invisible atau identitas komputer anda akan tersembunyi di balik proxy, jadi anda akan sedikit lebih aman berinternet ria :D, namun ada juga yang berkata pake proxy bisa tambah speed internet, ada benar nya ada salahnya juga. salahnya dulu deh, salahnya kalo kita pake proxy negara amerika dan hosting atau file yg mu anda download itu negara malaysia maka file anda akan di kirim ke ameika dulu lalu di kirim ke komputer anda, nah loh makin lama kan transfer nya :D, ada benarnya juga jika anda menggunakan proxy malaysia atau singapore maka download anda akan lebih stabil dan agak cepat meskipun gak secepat yang anda idam – idam kan,hihihi. begitu penjelasanya ,sekarang anda lihat cara setting nya.

seperti biasa klik icon idm > options > use proxy.

  • ceklis use proxy untuk proxy type http, jadi anda cari proxy http dan masukan lah di sana.
  • ceklis use sock jika anda menggunakan ssh atau sock proxy.
  • ingat masukan ip proxy ama port nya jangan lupa setelah di ceklis salah satu 😀
  • kalo dah beres klik ok.

cara mematikan service sementara pada idm

adakala dimana web penyedia file yang anda mu download tidak mengiinkan idm untuk mendownload nya dan harus menggunakan downloader resmi buatan mereka kan menjengkelkan to. -_-, oleh karna itu anda harus mematikan terlebih dahulu service idm dan mendownloadnya menggunakan downloader standart browser anda, untuk menonaktifkan nya ikuti langkah2 di bah ini.

seperti biasa klik icon idm > options > general.

  • nah pada tab general anda akan di sajikan dengan berbagai tye browser nya contoh jika anda menggunakan browser firefox anda tinggal hilangkan ceklis pada firefoxnya.
  • dan jika google crome anda tinggal hilangkan saja ceklis pada opsi nya
  • terakhir klik ok

selesai jika anda ingin mengaktif kanya lagi maka anda ulangi cara di atas dan ceklis lah browser yang terlah anda hilangkan ceklis nya.

cara mengaktifkan service idm pada browser mozila firefox dan google crome

anda pernah mengalami idm tidak muncul pada saat anda mendownload video youtube atau download file lainya. yups ini karna idm anda belum aktif pada browser anda.

pada firefox anda klik icon firefox > tool > adds-ons > Extensions.

  • klik tombol enable dan restart firefox untuk mengaktifkan idm di browser anda.

idm firefox

setelah itu restart firefox anda. selesai

pada google crome anda klin icon crome > costumize and control atau icon garis2 di pinggir > tool > Extension.

  • cari idm lalu klik enable dan allow access to file URLs.

selesai sekarang anda bisa mendownload file sesuka anda dengan browser kesayangan anda 😀

cara disconnect internet atau shutdown komputer pada saat download selesai

untuk mendisconnetkan internet modem pada saat download selesai, anda bisa setting dimana idm sedang mendownload file nya, anda bisa pause terlebih dahulu atau proses download sedang berlangsung itu tidak masalah.

letak menu untuk menyeting nya ialah anda klik menu Options on completion di tab sebelah kanan pada saat download berlangsung. nanti anda akan di sajikan pilihan untuk di ceklis sesuai dengan keinginan contoh lihat gambar.

idm

 

keterangan :

  1. options on completion = menu yang kita klik
  2. secara default itu terceklis sendiri jadi ada popup windows yang muncul untuk memberi tahu ketika download selesai.
  3. Hang up modem when done = ini yang anda ceklis jika anda ingin memutuskan koneksi internet jika download selesai
  4. Exit iDm when done = ceklis jika anda ingin menutup aplikasi idm pada saat download selesai.
  5. Turn off computer when done = ceklis jika anda ingin mematikan komputer pada saat download, biasanya menu ini di perlukan jika anda mendownload sambil tidur jadi komputer mati sendiri pada saat download telah selesai.
  6. nah yang terakhir force processes to terminate adalah menu tambahan dari nomor 5 yaitu jika komputer anda masih ada aplikasi yang belum di tutup maka aplikasi akan memaksa aplikasi untuk menutup aplikasi secara paksa agar komputer bisa di shutdown.

catatan :

anda bisa menceklis satu pilihan saja atau mengkombinasikanya tergantung dengan kebutuhan anda.

cara mengatasi idm tidak bisa download video youtube http error 403 forbidden

untuk anda yang mengalami masalah error pada saat download video youtube karena di blok 403 forbidden, mungkin anda akan sedikit bingung mengapa demikian, sampai saat ini juga saya tidak mengetahui aleusanya kenapa, mungkin karena banyak video youtube yang di bajak dan reupload jadi youtube mentidak bolehkan download secara gratis, tapi itu baru sekedar dugaan saya yang sok tau..hihihi

mengatasi idm atau internet download manager yang tidak mau mendownload video di youtube caranya cukup gampang hanya dengan mengganti idm ke versi terbaru, dengan cara anda mendownload di situs resminya versi yang paling update, lalu anda uninstall versi yang sebelumnya yang ada di komputer anda.

kalo masalah membuat nya tidak trial lagi, mungkin anda sudah tau caranya atau banyak blog orang yang ngasih wejangan nya, hehehe. ok sekian update dari saya tentang mengatasi masalah idm tidak bisa download video youtube semoga bermanfaat.

anda juga bisa melihat tutorial cara pengaturan idm ini dengan bentuk video, yang bisa anda lihat di link di bawah ini.

idm_youtube

UPDATE

cara memblok auto download di situs tertentu

menjawab pertanyaan dari mas roni di bawah, saya akan terangkan bagaimana cara membuka atau memblokir situs untuk memunculkan menu download by idm atau tidak.

kalo misalnya anda merasa terganggu dengan salah satu situs atau forum yang biasanya ada suara chat atau apapun itu yang memicul downloader idm muncul sendiri dan mengganggu karena anda harus selalu menutup aplikasi idm nya terus menerus. untuk mengatasinya anda cukup inputkan alamat web nya di bagian ini.

  1. buka idm > options > file type
  2. di bagian don’t start  downloading automatically……
  3. inputkan url atau domain yang muncul secara otomatis
  4. contohnya saya memasukan *.youtube.com karena saya tidak ingin memunculkan menu download idm di youtube misalnya, maka jadinya akan seperti ini
  5. mematikan service idm
  6. pisahkan domain yang berbeda dengan spasi.

bagaimana jika anda hanya ingin mematikan service idm pada url tertentu saja, contoh nya yang mengganggu adalah file jenis gif atau gambar bergerak yang otomatis memicu idm downloader muncul, caranya cukup mudah.

  1. anda copy kan url nya yang muncul pada downloader idm
  2. lalu buka idm > options > file type > Edit List
  3. lalu klik add, dan pastekan pada address dan klik ok
  4. contoh nya gini saya tidak mau auto downlad pada url atoz.com/gambar.gif
  5. atau anda bisa memfilter semua eksistensi file gif di situs atos.com tidak bisa di download dengan cara memberi tanda * untuk menandai semua filename nya. contoh
  6. internet download manager
  7. selesai
  8. jika anda mengurungkan niat anda suatu saat anda tinggal delete aja url yang di blok disana

gimana cukup mudahkan 🙂

mendownload file secara berurutan atau terjadwal di idm

menjawab dari pertanyaan mas dadan di bawah, apabila anda mempunyai list download atau ber part – part yang akan di resume lalu di tinggal tidur atau di tinggal maen game dll, anda bisa mendownload file satu persatu secara otomatis atau beberapa file yang di download sekaligus. dengan cara memakai menu scheduler, cara nya seperti ini

 

  1. buka idm > klik scheduler > new queue
  2. berinama contoh “satu persatu” lalu klik ok, contoh lihat gambar
  3. idm queue
  4. setelah profile queue yang bernama satu persatu di buat anda klik tab file in the queue di bagian sebelah kanan atas
  5. dan ubah file at same time menjadi 1, karena dalam kasus ini saya akan mencontoh kan mendownload satu persatu. contoh gambar seperti ini.
  6. idm download queue manager
  7. jika sudah beres klik close saja.
  8. sekarang anda siapkan beberapa file yang mau di download secara berurutan
  9. drag semua file atau sebagian file yang mau anda download.
  10. lalu klik kanan > move to queue > pilih satu persatu
  11. idm next download system
  12. untuk memulai download anda tinggal klik menu dropdown Start queue > Start satu persatu
  13. internet download manager queue
  14. selesai. download anda akan di mulai dan jika 1 file beres di download maka idm akan melanjutkan mendownload file berikutnya.
  15. jika ingin membatalkan anda tinggal klik menu stop queue lalu pilih stop satu persatu.
  16. idm stop queue

catatan, jika ada satu link yang error di dalam list queue maka idm akan melanjutkan ke file berikutnya.

tips, jika ingin idm lancar mendownload semua list file queue jangan pernah disconnectan modem anda ketika membuat list atau mendownload nya karena tidak semua link mempunyai expired yang lama dan ketika berganti ip biasanya link minta di resume secara manual dengan mengunjungi web nya untuk meminta link baru.

demikian penjelasan saya tentang cara setting idm dengan penjelasanya, mudah2an bermanfaat bagi anda pengguna idm (internet download manager) agar lebih efisien dan efektif ketika menggunakan software downloader tercepat ini .

terima kasih telah berkunjung ke situs ini.

Tag Terkait: